Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 500-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Surakarta > Berita
Sosialisasi Antikorupsi: Mendeteksi Jebakan Gratifikasi dan Korupsi Sejak Dini
Muh. Irsyad Tattaqun
Rabu, 31 Agustus 2022   |   151 kali

Surakarta - Selasa (30/08), Kanwil DJKN Jawa Tengah dan D. I. Yogyakarta mengadakan Sosialisasi Antikorupsi dengan Tema “Mendeteksi Jebakan Gratifikasi dan Korupsi Sejak Dini”. Sosialisasi ini merupakan hasil sinergi dan kolaborasi berbagai unit vertikal Kemenkeu dan stakeholder di lingkungan Kanwil DJKN Jateng & D.I Yogyakarta, dengan menghadirkan 2 orang narasumber Penyuluh Anti Korupsi Muda bersertifikat dari Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) KPK RI.

Opening speech oleh Kepala Kanwil DJKN Jawa Tengah dan D. I. Yogyakarta, Mahmudsyah menjadi penanda bahwa sosialisasi telah dimulai. Kegiatan kemudian dilanjutkan dengan pemaparan dan diskusi tanya jawab dengan para narasumber yaitu Kepala Seksi Kepatuhan Internal KPKNL Surakarta, Hartanto dan pelaksana Kepatuhan Internal KPKNL Pekalongan, Mochamad Salahuddin.

Dalam pemaparannya, Hartanto menekankan pentingnya penguatan budaya anti korupsi, kerangka kerja integritas, dan penanganan benturan kepentingan. Salah satu strategi dalam mendeteksi jebakan korupsi sejak dini adalah dengan memberikan edukasi terkait apa itu perbuatan korupsi, bahaya, dan dampaknya serta bagaimana mencegahnya. Jangan sampai dikarenakan ketidakpahaman kita tentang korupsi, menjadikan dalam pelaksanaan tugas maupun penghasilan yang kita terima pada akhirnya terjebak dengan kasus korupsi.

Menutup sesi pemaparannya, Hartanto tak lupa mengingatkan  pesan Menteri Keuangan Ibu Sri Mulyani Indrawati dalam acara Hakordia 2021 bahwa "Ketika kita bicara tentang integritas, itu tidak bicara mengenai bagaimana kita tidak korupsi, melainkan tiga hal yang menjadi core value yaitu akuntabilitas, kompetensi, dan etika". (Penulis: M.Irsyad)

Foto Terkait Berita
Kontak
Jl. Ki Mangunsarkoro No. 141 Surakarta - 57136
(0271) 723644
(0271) 723693
kpknlsurakarta@kemenkeu.go.id
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini