Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Surakarta Menuju ZI-WBK/WBBM
Wisnu Herjuna
Rabu, 13 Februari 2019   |   277 kali

Pada hari Selasa, 12 Februari 2019, KPKNL Surakarta mengadakan kegiatan morning call bertempat di ruang rapat KPKNL. Kegiatan ini dihadiri oleh Kepala KPKNL Surakarta, Kasubbag Umum, para kepala seksi dan pegawai KPKNL Surakarta. Morning call ini merupakan kegiatan mingguan yang dilaksanakan secara rutin dalam rangka mempererat sinergi antar pegawai serta mengidentifikasi kendala/hambatan dalam pelaksanaan tugas dan fungsi masing-masing. Selain itu, kegiatan ini sekaligus untuk mendorong percepatan progress/perkembangan pembangunan Zona Integritas menuju Wilayah Bebas Korupsi dan Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (ZI-WBK/WBBM) pada KPKNL Surakarta.

Acara dibuka oleh Kepala Seksi Kepatuhan Internal, Ibarin Barek, selaku Koordinator Tim Kerja Pembangunan ZI-WBK/WBBM. Disampaikan Ibarin bahwa KPKNL Surakarta mempunyai tanggung jawab yang besar terkait dengan pembangunan ZI-WBK/WBBM, setelah pada tahun 2018 lalu memperoleh predikat Zona Integritas di lingkup DJKN, maka pada tahun 2019 ini KPKNL Surakarta diharapkan memperoleh pengakuan ZI-WBK/WBBM dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN RB). Oleh karena itu diharapkan partisipasi aktif dari seluruh pejabat dan pegawai KPKNL Surakarta untuk mewujudkannya. “Melalui kegiatan ini, diharapkan akan muncul ide-ide dan inovasi baru yang dapat memberi nilai tambah dalam upaya kita memperoleh predikat ZI-WBK/WBBM”, pungkasnya.

Kepala KPKNL Surakarta, Andi Soegiri, dalam sambutannya berpesan agar masing-masing koordinator bidang dapat bersinergi di bawah koordinasi Kepala Seksi Kepatuhan Internal untuk mewujudkan ZI-WBK/WBBM pada KPKNL Surakarta. Selain itu, Andi juga menambahkan bahwa bahwa KPKNL Surakarta juga termasuk salah satu obyek dalam survey integritas Sumber Daya Manusia (SDM) DJKN. Oleh karena itu seluruh pejabat dan pegawai hendaknya dapat segera mengisi survei dimaksud dengan sejujur-jujurnya sesuai dengan apa yang diketahuinya. “Silahkan diisi surveinya dengan jujur karena ini juga untuk kebaikan kita dan organisasi di masa depan”, pesannya.

Pembahasan berikutnya adalah laporan perkembangan pembangunan ZI/WBBM yang dipandu oleh Staf Seksi Kepatuhan Internal, Prima. Pada kesempatan tersebut dipaparkan laporan perkembangan dari koordinator bidang penataan tata laksana dan bidang pengawasan. Dari bidang penataan tata laksana, disampaikan progress monitoring dan evaluasi SOP, inovasi dan keterbukaan informasi publik. Pelaksanaan SOP pada umumnya telah berjalan sesuai ketentuan sehingga tidak ada evaluasi yang bersifat pembaruan, demikian juga terkait keterbukaan informasi dilaksanakan sesuai ketentuan Undang-undang nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik jo. Peraturan Menteri Keuangan nomor 200/PMK.01/2016 tentang Pedoman Layanan Informasi Publik oleh Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi Kementerian Keuangan dan Perangkat Pengelola Informasi dan Dokumentasi Kementerian Keuangan. Sementara itu, untuk meningkatkan pelayanan terhadap pengguna jasa, saat ini sedang dikembangkan inovasi baru dalam pelayanan lelang.

Pada bidang penguatan pengawasan, dibahas mengenai identifikasi/pemetaan benturan kepentingan dalam pelaksanaan tugas/fungsi masing-masing seksi dan subbagian umum. Hasil identifikasi tersebut selanjutnya dirumuskan rencana penanganannya, disosialisasikan dan diimplementasikan oleh seluruh pejabat dan pegawai KPKNL Surakarta.

Pada bagian terakhir kegiatan, Doni Prasetyo Aji, staf Seksi Kepatuhan Internal memberikan sosialisasi/internalisasi tentang gratifikasi dan Whistle Blowing System. Internalisasi tersebut juga merupakan bagian dari pelakasanaan rencana kerja pembangunan ZI WBK/WBBM pada KPKNL Surakarta.

Selama kegiatan berlangsung, interaksi dan diskusi antar pejabat dan pegawai berjalan dalam suasana yang santai namun tetap fokus. Akhirnya setelah seluruh agenda dibahas kegiatan morning call diakhiri pada pukul 11.30 WIB. Kepala Seksi Kepatuhan Internal, selaku Koordinator Tim Kerja Pembangunan ZI-WBK/WBBM yang menutup acara berpesan agar seluruh pejabat dan pegawai KPKNL Surakarta dapat berkontribusi sesuai dengan tugas dan fungsi masing-masing dalam rangka pembangunan ZI-WBK/WBBM pada KPKNL Surakarta.

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini