Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Bersama Kembangkan Potensi Lelang dengan Para Penggiat UMKM di Kota Surabaya
Galuh Mafela Mutiara Sujak
Jum'at, 25 Agustus 2023   |   76 kali

Senin, 21 Agustus 2023, KPKNL Surabaya bersinergi dengan Dinas Usaha Kecil dan Menengah Perdagangan Kota Surabaya serta KPP Pratama Surabaya Krembangan mengadakan Sosialisasi Lelang UMKM dan Pembuatan NPWP pada UMKM di Kota Surabaya.

Sosialisasi diselenggarakan di Aula Gedung Keuangan Negara Surabaya I. Kepala KPKNL Surabaya,  Tunggul Yuninanto dalam sambutan pembukaan menyampaikan salah satu layanan DJKN yang diberikan kepada masyarakat adalah pelaksanaan lelang. Dengan infrastruktur yang dimiliki untuk pelaksanaan lelang, yakni Portal Lelang Indonesia, lelang yang dihadirkan oleh DJKN tentunya memberikan pilihan media promosi baru bagi para pelaku usaha. Pelaksanaan Lelang UMKM telah dilaksanakan sejak tahun 2021 dan dikenal dengan KEDAI Lelang UMKM. Dari tahun 2021 s.d. 2022, KEDAI Lelang UMKM telah melibatkan sebanyak 745 Pelaku UMKM dengan nominal lebih dari Rp 1 M atas 60% laku dari lebih dari 10.000 lot yang telah ditawarkan.

Kepala Bidang Pemberdayaan Usaha Mikro Dinas Koperasi Usaha Kecil dan Menengah dan Perdagangan Kota Surabaya menyatakan bahwa beberapa kendala yang kerap menjadi permasalahan UMKM di antaranya adalah modal, sumber daya manusia, legalitas, dan pemasaran. Dengan adanya sosialisasi kali ini, diharapkan dapat memberikan solusi mengenai pemasaran yakni melalui Portal Lelang, serta solusi terhadap legalitas, yakni melalui pembuatan NPWP bagi pelaku usaha.

Acara sosialisasi kali ini dipaparkan oleh Pejabat Fungsional Pelelang Ahli (PFPA) Muda,  Hadi Priyanto, yang menjelaskan mengenai lelang UMKM sebagai salah satu program DJKN untuk melindungi dan mendukung UMKM agar dapat memberikan kontribusi bagi Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN).  Dalam kesempatan tersebut  Hadi Priyanto memaparkan secara detail mengenai tata cara serta syarat untuk mengikuti Lelang UMKM. Tak lupa dalam acara kali ini menghadirkan testimoni dari penggiat UMKM yang telah mengikuti Lelang UMKM sebelumnya, bahwa mengikuti Lelang UMKM itu mudah, aman, dan mendapatkan keuntungan dari selisih harga naik dari harga limit.

Antusiasme para peserta masih berlangsung sampai rangkaian acara selanjutnya, yakni Sosialisasi Pembuatan NPWP oleh KPP Pratama Surabaya Krembangan. Kegiatan ini dibawakan oleh Prajna Paramita, selaku Asisten Penyuluh Pajak Terampil Kantor Pelayanan Pajak Pratama Surabaya Krembangan. Dalam kesempatan kali ini, dijelaskan perbedaan serta tata cara pembuatan NPWP, khususnya bagi para pelaku usaha. Untuk mengakomodir tanya jawab peserta yang masih berlanjut hingga akhir acara, KPP Pratama Surabaya Krembangan membuka booth di akhir acara terkait asistensi serta konsultasi mengenai NPWP.

Dengan rangkaian acara yang telah diberikan, diharapkan mampu menambah wawasan dan memajukan UMKM Surabaya, baik melalui penjualan secara lelang maupun dalam pembuatan NPWP pelaku usaha.

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini