Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
KPKNL Surabaya
BERITA UTAMA
lunas hari ini, lega sampai nanti
Profil KPKNL Surabaya

Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Surabaya dibentuk berdasarkan Peraturan Menteri Keuangan Nomor 102/PMK.01/2008 tentang Organisasi dan Tata Kerja Instansi Vertikal Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (DJKN). KPKNL Surabaya merupakan unit vertikal/ kantor pelayanan di bawah DJKN, Kementerian Keuangan yang mempunyai KPKNL mempunyai tugas melaksanakan pelayanan di bidang kekayaan negara, penilaian, dan lelang.

 

KPKNL Surabaya menjalankan fungsi yaitu  a. inventarisasi, pengadministrasian, pendayagunaan, dan pengamanan kekayaan negara; b. registrasi, verifikasi dan analisa pertimbangan permohonan pengalihan serta penghapusan kekayaan negara; c. pelaksanaan pengurusan piutang negara dan kewenangan Panitia Urusan Piutang Negara; d. pelaksanaan bimbingan teknis, pembinaan, penatausahaan, penagihan dan optimalisasi dalam rangka pengelolaan piutang negara; e. pelaksanaan pelayanan penilaian; f. pelaksanaan pelayanan lelang; g. penyaJian informasi di bidang kekayaan . negara, penilaian, dan lelang; h. pelaksanaan pemberian pertimbangan dan advokasi pengurusan piutang negara dan lelang; i. verifikasi dan pembukuan penerimaan pembayaran piutang negara dan hasil lelang; dan j. pelaksanaan administrasi KPKNL.

 

Sebagai pelayan publik, KPKNL Surabaya memberikan perhatian dan penanganan yang sungguh-sungguh dalam menjalankan tugas dan fungsinya dalam rangka meningkatkan kepuasan dan kepercayaan para pengguna jasa serta mendukung tercapainya visi dan misi DJKN serta Kementerian Keuangan. 


Sesuai dengan Peraturan Menteri Keuangan Nomor 154/PMK.01/2021 tentang Organisasi dan Tata Kerja Instansi Vertikal DJKN, Struktur Organisasi KPKNL Surabaya terdiri dari: a. Subbagian Umum; b. Seksi Pengelolaan Kekayaan Negara; c. Seksi Piutang Negara; d. Seksi Hukum dan Informasi; e. Seksi Kepatuhan Internal; dan f. Kelompok Jabatan Fungsional, dengan struktur sebagai berikut:



 

KPKNL Surabaya mempunyai Motto Wani Cak. Motto yang berlatar belakang karakter lokal Kota Surabaya yang mencerminkan semangat keberanian dan pantang menyerah untuk berubah menjadi lebih baik. Motto ini kepanjangan dari Wilayah Amanah, ber-Integritas, Cepat dan Akuntabel


Wilayah Kerja
Kota Surabaya
Kabupaten Gresik
Kabupaten Lamongan
Kabupaten Tuban
Prestasi KPKNL Surabaya
2012 - Penghargaan Kantor Pelayanan Terbaik Kedua di Lingkungan Kementerian Keuangan
2014 - Penghargaan Kantor Pelayanan berpredikat WBK
2018-Unit Penyelenggara Layanan Publik kategori Sangat Baik Kementerian Keuangan
2021- Penghargaan Kantor Pelayanan berpredikat WBBM
Peta Lokasi KPKNL Surabaya
Alamat Kantor
Jl. Indrapura No. 5 Gedung Keuangan Negara Lt. 2 Surabaya - 60175
(031) 3573953
(031) 3554794
kpknlsurabaya@kemenkeu.go.id
Peta Situs | Email Kemenkeu | FAQ | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini