Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
INTERNALISASI PEMBANGUNAN ZI WBBM
Awalludin Ikhwan
Senin, 08 Maret 2021   |   183 kali

Surabaya - Penanaman suatu nilai yang baik dan benar membutuhkan sebuah proses.  Apalagi jika nilai tersebut penting karena mengikat secara pribadi dan organisasi seperti  integritas  dan pelayanan.Untuk mencapai predikat Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM), KPKNL Surabaya mengadakan kegiatan Internaliasi Pembagunan ZI WBBM kepada seluruh pegawai pada Jumat (5/3) di aula Lt.6 GKN Surabaya I.

Sebagai pengantar, Kepala KPKNL Surabaya, Andy Pardede, menyampaikan agar pegawai menyediakan waktunya, disamping pelaksanaan tugas dan fungsi, untuk menyumbang ide dan gagasannya guna pembangunan ZI WBBM. Seluruh pegawai harus terlibat di dalamnya, merasa memiliki dan bersemangat mencapai predikat WBBM, tegasnya.  Kepada masing-masing subbagian manjemen perubahan, tata laksana, penguatan akuntabilitas, manajemen SDM, pengawasan dan pelayanan publik agar menjadikan lembar kerja evaluasi sebagai pedoman, tambahnya.

Pada sesi pertama, Awalludin Ikhwan menyampaikan tentang SOP Layanan Unggulan. 15 (lima belas) SOP layanan unggulan ini adalah cerminan semangat peningkatan kualitas layanan KPKNL Surabaya kepada pengguna jasa. Selain cepat, perlu diperhatikan agar tertib penatausahaan mulai dari lengkapnya permohonan, pengarsipan yang rapi dan penyelesaian layanan tepat waktu. Selain itu, dijelaskan juga penggunaan Pakta Integritas pada setiap layanan, untuk menjaga komitmen pegawai KPKNL dan pengguna jasa. Kemudian dilanjutkan dengan penggunaan aplikasi e-lang atau e-form pelayanan pasca lelang, yang merupakan adaptasi pelayanan di masa pandemi kepada pembeli lelang.

Terakhir, Awalludin menerangkan tentang pelayanan pemenuhan bukti penyetoran Pajak Penghasilan kepada pembeli lelang. Pelayanan ini adalah bukti kepedulian KPKNL Surabaya dalam memenuhi harapan pembeli lelang, tegasnya. Dengan kelengkapan Nomor Objek Pajak pada objek lelang, KPKNL Surabaya akan mengirimkan Nota Dinas via Aplikasi Naskah Dinas Elektronik (Nadine) ke KPP setempat dilampiri kode billing dan bukti setor PPh sehingga pembeli lelang dapat menghemat waktu dalam proses validasi/ penelitian di KPP setempat.

Pada sesi kedua, Arif Yuliono menjelaskan tentang layanan buku tamu digital dan layanan pengaduan. Buku tamu digital ini merekam identitas tamu beserta layanan yang digunakan di KPKNL Surabaya. Layanan pengaduan dapat diakses secara online oleh pengguna jasa dengan jaminan kerahasiaan dan keamanan data pelapor. Internalisasi akan terus berlanjut, sampai dengan nilai tersebut diwujudkan dalam sikap dan perilaku pegawai.

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini