Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KEMENKEU GIAT, RAKYAT SEHAT, EKONOMI KUAT
Awalludin Ikhwan
Senin, 22 Februari 2021   |   320 kali

Setiap pegawai harus berperan menjadi humas. Itulah semangat yang mendasari kegiatan Focus Group Discussion (FGD) Kepala KPKNL Surabaya dengan seluruh pegawai. Masih dengan tema pemulihan ekonomi “Kemenkeu Giat, Rakyat Sehat, Ekonomi Kuat”. Kegiatan ini dilaksanakan di aula lantai 6 pada hari rabu 16 Februari 2021. Pertama,  FGD ini untuk memberikan persamaan pandangan dari pimpinan kemenkeu di pusat dengan pegawai di daerah dalam menyikapi kondisi pandemi yang terjadi. Kedua, setiap pegawai kemenkeu mempunyai kewajiban menyampaikan informasi yang benar tentang kebijakan pemerintah dalam pemulihan ekonomi nasional.

Pada sesi pertama, Andy Pardede, Kepala KPKNL Surabaya, menyampaikan pertambahan kasus positif covid-19 yang masih tinggi. Pemerintah telah melakukan antisipasi dengan program vaksinasi sedini mungkin. Di saat banyak kebutuhan vaksin di hampir semua negara di dunia, Indonesia telah mengamankan pesanan vaksin dan telah memulai vaksinasi massal yang dimulai dengan tenaga kesehatan. Vaksin diberikan gratis kepada seluruh masyarakat dengan bertahap dengan skala prioritas. Vaksin bisa menjadi game changer,  yang dapat mempercepat langkah-langkah pemulihan ekonomi nasional. Walaupun di masa pandemi, Kementerian Keuangan tetap beraktivitas dengan melakukan adaptasi aktivitas melalui flexible working space, collaboration workingplace, digital governance, dan office automation.

Pada sesi kedua, dibahas tentang keberlanjutan pemulihan ekonomi melalui kebijalan fiskal. Daya tahan ekonomi Indonesia termasuk cukup baik dengan didukung kebijakan yang cepat, terukur dan extraordinary. Kebijakan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) yang digunakan dapat menahan kontraksi ekonomi yang lebih dalam akibat pandemi covid-19. APBN menopang perekonomian melalui konsumsi pemerintah, konsumsi rumah tangga dan investasi publik. Program perlindungan sosial mampu menjaga konsumsi kelompok masyarakat miskin dan rentan. Di tahun 2021, pemulhan ekonomi akan menguat, tegas Andy Pardede. Ini terbukti dengan tren pertumbuhan ekonomi yang terus membaik. Menghadapi pandemi ini bagaikan sebuah pertandingan, butuh nafas panjang untuk bertahan. That which does not kill us, makes us stronger. Apabila kita mampu bertahan, niscaya akan membuat kita semakin kuat.

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini