Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Kerja Tuntas : Konsolidasi Hasil Revaluasi BMN pada Kementerian PUPR RI Pada Wilayah Kerja KPKNL Surabaya
Rahayu Kusuma Rini
Selasa, 18 September 2018   |   430 kali

Menindaklanjuti Peraturan Presiden Nomor 75 Tahun 2017 tentang Penilaian Kembali Barang Milik Negara/ Daerah, KPKNL Surabaya telah melaksanakan Revaluasi Aset Barang Milik Negara (BMN) sesuai dengan target obyek penilaian yang telah ditetapkan. Koordinasi dan kerja sama dengan baik dengan satuan kerja di lingkungan kementerian dan lembaga dilakukan  sehingga Revaluasi Aset BMN tahun ini dapat berjalan lancar.

Terkait hasil Revaluasi BMN pada Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat RI (PUPR RI), telah diselenggarakan Rapat Konsolidasi  Revaluasi Barang Milik Negara (BMN) satuan kerja kementerian PUPR RI pada tanggal 13-14 September 2018 bertempat di Aula Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional VIII, Jalan Raya Waru No.20 Sidoarjo. Peserta rapat adalah perwakilan Tim Kanwil DJKN Jawa Timur, Tim KPKNL Surabaya, Tim KPKNL Sidoarjo, Perwakilan Biro Pengelolaan BMN Sekretariat Jenderal Kementerian PUPR serta seluruh satuan kerja pada Kementerian PUPR RI di wilayah kerja KPKNL Surabaya yang terdiri dari tujuh belas satker.

Kegiatan dibuka oleh Etto Sunaryanto Kepala Kanwil DJKN Jawa Timur dan Perwakilan Biro Pengelolaan BMN Sekretariat Jenderal Kementerian PUPR RI. Selanjutnya Kepala Kanwil DJKN Jawa Timur menyampaikan Selanjutnya Kepala Kanwil DJKN Jawa Timur menyampaikan terkait Surat Direktur BMN Nomor S-4922/KN/2018 tanggal 07 September 2018 tentang Tindak Lanjut Penyelesaian Barang Tidak Ditemukan Hasil Pelaksanaan Penilaian Kembali BMNTahun 2017 dan 2018, yang pada intinya berisi tentang arahan agar Satuan Kerja melakukan klasifikasi atas barang tidak ditemukan serta petunjuk untuk menindaklanjutinya.Selain itu, disampaikan pula terkait hal-hal yang perlu dipersiapkan oleh satuan kerja dalam rangka pemeriksaan Badan pemeriksa Keuangan yang rencananya akan melakukan audit khusus Revaluasi Barang Milik Negara pada bulan Oktober s.d. November 2018.

 

Kepala KPKNL Surabaya memberikan kesempatan kepada masing-masing satuan kerja yang hadir untuk menjelaskan terkait jumlah, klasifikasi dan tindak lanjut yang telah dilakukan atas barang tidak ditemukan hasil Revaluasi BMN pada Satker PUPR Wilayah Kerja KPKNL Surabaya. Selanjutnya dibahas secara lebih rinci terkait langkah tindak lanjut penyelesaian barang tidak ditemukan dan barang berlebih hasil revaluasi BMN sesuai dengan Lampiran V PMK Nomor 118/PMK.06/2018 tentang Pedoman pelaksanaan Penilaian Kembali Barang Milik Negara.  

 

Dari resume hasil Inventarisasi dan Penilaian Kembali BMN pada Satker PUPR Wilayah Kerja KPKNL Surabaya dijelaskan bahwa BMN ditemukan  sebanyak 25.325 NUP, BMN tidak ditemukan 3.677 NUP dan BMN berlebih 434 NUP. Sedangkan Nilai BMN Hasil Inventarisasi dan Penilaian Kembali BMN pada Kementerian PUPR RI yang berada di wilayah kerja KPKNL Surabaya dapat dijelaskan bahwa total Nilai perolehan Rp.57.040.919.593.677,00 Total Nilai Buku sebesar Rp.46.942.435.403.441,00 dan Total Nilai Wajar IP sebesar Rp.176.592.093.111.232,00

 

Kegiatan ditutup oleh Kepala Kanwil DJKN Jawa Timur. Dengan  terselenggarakannya  Rapat Konsolidasi  Revaluasi Barang Milik Negara (BMN) pada satuan kerja kementerian PUPR RI ini diharapkan Revaluasi Aset BMN yang telah dilaksanakan dapat menghasilkan nilai pada LKPP dan membangun Database BMN khususnya pada Kementerian PUPR RI di wilayah KPKNL Surabaya yang lebih baik, akurat  dan akuntable untuk keperluan pengelolaan BMN. Mari Benahi Aset Negara, Jaga Aset Negara, Nilai Untuk Negeri!!! (Penulis dan Foto : Seksi Hukum dan Informasi)

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini