Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Edukasi Piutang Negara/Daerah dan Aplikasi SIMAN
Retno Nur Indah
Rabu, 10 November 2021   |   123 kali

Singkawang, Rabu (10 November 2021). KPKNL Singkawang mengadakan kegiatan Edukasi dan Komunikasi (Edukom) kepada seluruh satuan kerja (satker) di wilayah KPKNL Singkawang.  Acara yang dibuka oleh Kepala KPKNL Singkawang, Odyses Medwan Sinurat tersebut berlangsung dari pukul 09.00 sampai dengan 11.00 WIB.  Adapun materi yang disampaikan pada acara ini adalah mengenai Piutang Negara/Daerah dan pengelolaan kekayaan negara (PKN) dengan topik khusus penghapusan Piutang Negara/Daerah dan sosialisasi Master Aset Tanah, Bangunan dan Rumah Negara pada aplikasi SIMAN.

Dalam kesempatan tersebut, Odyses menyampaikan bahwa paradigma pengurusan Piutang Negara/Daerah telah bergeser dari hanya sekedar penagihan ke pengelolaan piutang secara komprehensif.  Untuk itu, satker dihimbau agar dapat melaksanakan pengelolaan piutang dari hulu ke hilir, yakni dari terjadinya piutang sampai dengan penghapusan piutang.  Peserta Edukom dapat menyimak penjelasan mengenai penghapusan Piutang Negara/Daerah sebagai salah satu cara penyelesaian Piutang Negara/Daerah. 

Selanjutnya terkait materi PKN, Odyses menambahkan bahwa pada tahun 2022 ditargetkan semua tanah milik negara telah disertipikatkan.  Dengan demikian, dibutuhkan data yang valid agar tidak ada tanah milik negara yang belum disertipikatkan.  Updating data di aplikasi SIMAN akan meningkatkan validitas data dan mendorong perubahan paradigma dari asset administrator menjadi asset manager karena dapat dipetakan tanah-tanah mana yang sudah digunakan atau dimanfaatkan dan mana yang belum jadi bisa ditingkatkan penggunaan atau pemanfaatannya.

Di akhir sambutannya, Odyses menyampaikan bahwa KPKNL Singkawang yang telah berpredikat sebagai Zona Integritas Wilayah Bebas Korupsi (ZI WBK) akan berjuang untuk mendapatkan predikat Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM) di tahun 2022.  Untuk itu, KPKNL Singkawang memohon dukungan dari seluruh satker di wilayah kerjanya agar dapat mewujudkan KPKNL Singkawang sebagai zona ZI WBK-WBBM.

Setelah prakata dari Kepala KPKNL Singkawang, Ayu Seger Miranda Pamungkas sebagai pembawa acara (MC) memandu acara ke tahapan acara pokok, yakni penyampaian materi Edukom. Materi pertama adalah penghapusan Piutang Negara/Daerah yang disampaikan oleh Plt. Kepala Seksi Piutang Negara, Retno Nur Indah. Penjelasan mengenai penghapusan Piutang Negara/Daerah dimulai dari dasar hukum, hal yang perlu dilakukan dalam pengelolaan Piutang Negara/Daerah, jenis, definisi, dan kewenangan penghapusan piutang sampai ke syarat dan alurnya.

Acara kemudian dilanjutkan dengan penyampaian materi mengenai teknis pengisian Master Aset Tanah, Bangunan dan Rumah Negara pada aplikasi SIMAN oleh Pelaksana Seksi Pengelolaan Kekayaan Negara (Seksi PKN), Ahmad Taufik Ramadlan.  Sebelumnya, Kepala Seksi PKN, Ratna Astuti menyampaikan ucapan terima kasih atas kehadiran perwakilan satker untuk mengikuti kegiatan sosialisasi master asset tanah, bangunan dan rumah negara pada aplikasi SIMAN.  Dengan sosialisasi tersebut, diharapkan satker dapat lebih memahami teknis pengisian dan jika terdapat kendala dapat langsung dikonsultasikan.

Acara selanjutnya ditutup dengan tanya jawab dan kuis yang dipandu oleh Ayu Seger.  Terdapat lima orang pemenang kuis yang mendapatkan souvenir menarik dari KPKNL Singkawang yang akan dikirimkan ke alamat para pemenang tersebut.

(Penulis : Retno -- Foto : Arifatul Faizah, Barry Pratama)

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini