Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Verifikasi dan Sinkronisasi Daftar Komponen Penilaian Bangunan (DKPB) untuk Meningkatkan Kualitas Penilaian di Lingkungan Kalimantan Barat
Velient Vinandha
Senin, 07 Desember 2020   |   179 kali

Selama sepekan kemarin mulai dari Senin (30/11/20) sampai dengan Jumat (04/12/2020) Kanwil DJKN Kalimantan Barat mengadakan rapat verifikasi dan sinkronisasi data hasil survei Daftar Komponen Penilaian Bangunan (DKPB) dan Focus Group Discussion (FGD). Rapat verifikasi dan sinkronisasi data hasil survei Daftar Komponen Penilaian Bangunan (DKPB) merupakan kegiatan rutin tahunan yang dilaksanakan dalam mempersiapkan alat bantu penilaian bangunan dengan menggunakan pendekatan biaya, dengan melakukan verifikasi dan sinkronisasi hasil survei penilaian daftar komponen penilaian bangunan yang dilakukan KPKNL Pontianak dan KPKNL Singkwang.   Rangkaian kegiatan rapat DKPB dan FGD tahun ini dilaksanakan di ruang rapat Gunung Poteng KPKNL Singkawang, dengan dihadiri Kepala Bidang Penilaian Kanwil DJKN Kalimantan Barat, Penilai dan staf di Bidang Penilai Kanwil DJKN Kalimantan Barat, Kepala KPKNL Pontianak, Kepala KPKNL Singkawang, Kasi Penilaian KPKNL Pontianak, Kasi Penilaian KPKNL Singkawang dan staf penilai di lingkungan KPKNL Pontianak maupun di lingkungan KPKNL Singkawang.

Kegiatan rapat verifikasi dan sinkronisasi data hasil survei Daftar Komponen Penilaian Bangunan (DKPB) dan Focus Group Discussion (FGD) dimulai hari Senin (30/11/20), kegiatan ini diawali dengan pembukaan yang dilakukan langsung oleh Ibu Tuti Kurniyaningsih selaku Kepala Bidang Penilaian Kanwil DJKN Kalimantan Barat. Kemudian dilakukan verifikasi daftar komponen penilaian bagunan (DKPB) oleh Bidang Penilaian Kanwil DJKN Kalimantan Barat terhadap hasil survei penilaian yang sudah dilaksanakan oleh tim penilai pada KPKNL Pontianak dan KPKNL Singkawang pada saat survei penilaian DKPB.

Pada hari kedua dan ketiga, Selasa (1/12/20) sampai dengan Rabu (2/12/20) kegiatan dilanjutkan dengan rapat sinkronisasi, penjelasan dan penetapan data final DKPB yang dilaksanakan pada 14 Kota dan Kabupaten di Kalimantan Barat yang merupakan wilayah kerja Kanwil DJKN Kalimantan Barat. Dari rapat tersebut didapatkan hasil penetapan data final Daftar Komponen Penilaian Bangunan (DKPB) yang tertuang dalam berita acara Penetapan Data Final DKPB Tahun 2021.

Selanjutnya pada hari Kamis (3/12/20) sampai dengan Jumat (4/12/20) dilaksanakan Focus Group Discussion (FGD) dengan tema “Penyegaran Pengetahuan Penilaian dan Sosialisasi Peraturan-Peraturan Baru Penilaian” dengan beberapa materi seputar penilaian, terdiri dari Penyegaran Pengetahuan Penilaian yang disampaikan oleh Kasi Penilaian I Bidang Penilaian Kanwil DJKN Kalimantan Barat, Penilaian dengan pendekatan data pasar dan diskusi terkait penilaian,  permasalahan dalam proses penilaian dan solusinya yang disampaikan oleh Kepala Bidang Penilaian Kanwil DJKN Kalimantan Barat. Serta juga dilakukan webinar Sosialisasi Kepdirjen 438/2020 tentang Pedoman Pelaksanaan Analisis Manfaat dan Dampak Ekonomi Sosial. Kegitan Focus Group Discussion (FGD) ini diharapkan dapat memberikan pengetahuan pengetahuan baru seputar penilaian kepada penilai di lingkungan Kanwil DJKN Kalimantan Barat.

 

Penulis: Velient Vinandha / Seksi HI KPKNL Singkawang

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini