Rabu (25/11/20)
Tim Penilai Nasional (TPN) dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan
Reformasi Birokrasi (PAN dan RB) yang dipimpin oleh Alfian Lisdias Ismanto
melakukan penilaian Zona Integritas Wilayah Bebas dari Korupsi (ZI WBK) pada
KPKNL Singkawang. Pelaksanaan penilaian Zona Integritas Wilayah Bebas dari
Korupsi (ZI WBK) dimasa pandemi ini dilakukan dengan kunjungan virtual melalui
video conference zoom. Kegiatan ini
diawali dengan pembukaan oleh Biro Organta kemudian dilanjutkan dengan
presentasi dari KPKNL Singkawang.
Presentasi
dilakukan oleh Odyses Medwan Sinurat selaku kepala KPKNL Singkawang,
dalam presentasinya Odyses menjelaskan profil singkat KPKNL Singkawang,
enam area perubahan yang dibentuk untuk menuju wilayah bebas dari korupsi yang
terdiri dari Manajemen Perubahan, Penataan Tata Laksana, Penataan Sumber Daya
Manusia, Peningkatan Akuntabilitas Kinerja, Peningkatan Pengawasan dan Peningkatan
Kualitas Layanan Publik, selain itu Bapak Odyses juga menjelaskan inovasi
inovasi yang sudah diciptakan oleh KPKNL Singkawang. Inovasi-inovasi tersebut
dibentuk untuk membantu percepatan proses pelayanan dan meningkatkan kualias
pelayanan yang ada di KPKNL Singkawang. Inovasi KPKNL Singkawang terdiri dari
dua inovasi yaitu inovasi non IT dan inovasi IT.
Inovasi non IT
yang ada pada KPKNL Singkawang berupa inovasi percepatan pelayanan unggulan
KPKNL Singkawang yang terdiri dari percepatan pelayanan penetapan status
penggunaan BMN pada tanah bangunan yang semula 5 hari menjadi 3 hari, pelayanan
persetujuan penjualan BMN selain tanah dan bangunan yang semula 7 hari menjadi
6 hari, pelayanan permohonan keringanan
hutang yang semua 15 hari menjadi 10 hari, pelayanan permohonan penarikan
pengurusan piutang negara yang semula 3 hari menjadi 2 hari, pelayanan
permohonan penebusan barang jaminan senilai/di atas nilai pengikatan yang
semula 4 hari menjadi 2 hari, pelayanan penetapan jadwal lelang yang semula 2
hari menjadi 1 hari , pelayanan vertifikasi permohonan penilaian BMN/BMD yang
semula 5 hari menjadi 3 hari, pelayanan survey lapangan yang semula 7 hari
menjadi 3 hari, pelayanan penyusunan laporan penilaian pada pemanfaatan semula
25 hari menjadi 15 hari, pada pemindahtanganan semula 15 hari menjadi 10 hari.
Sedangkan pada inovasi IT, KPKNL Singkawang mengembangkan tiga buah aplikasi yang dapat membantu proses pelaksanaan tugas dan fungsi, untuk membantu pelaksanaan tugas secara internal terdapat aplikasi SIMFONI (Sistem Aplikasi Pelayanan Informasi) yang dapat meminimalisir pegawai yang lupa melakukan absensi masuk/pulang dengan memberikan notifikasi SMS pengingat absensi, serta menampilkan Informasi Jadwal Petugas APT, akan tetapi dimasa pandemi ini absensi sudah tidak menggunakan fingerprint lagi, sehingga aplikasi SIMFONI kini masih dalam tahap pengembangan ulang menyesuaikan dengan proses absensi di masa pandemi yang dilakukan melalui website. Sedangkan untuk membantu proses pelayanan KPKNL Singkawang dalam memberikan pelayanan kepada pengguna layanan terdapat dua aplikasi yang terdiri dari, SIAPPLE (Sistem Informasi Aplikasi Pengumuman Pelaksanaan Lelang) yang memberikan informasi jadwal lelang kepada calon pembeli lelang atas lelang yang akan dilaksanakan maupun yang sudah dilaksanakan, SIAPIN (Sistem Aplikasi Pelayanan Informasi) merupakan aplikasi buku tamu digital dan pengisian kuesioner atas survei kepuasan pengguna layanan di KPKNL Singkawang.
Setelah
dilakukan presentasi, kegiatan dilanjutkan dengan sesi diskusi dan tanya jawab.
Pada diskusi dan tanya jawab ini tim penilai menanyakan capaian NKO KPKNL
Singkawang, NKO KPKNL Singkawang telah tercapai 116.23% dengan jumlah IKU
keseluruhan 21 IKU. Selain itu juga dibahas pelaksanan lelang di KPKNL
Singkawang, KPKNL Singkawang sudah melaksanakan pelaksanaan lelang 100% melalui
e-auction. Tim penilaian juga menanyakan bagaimana sertifikasi yang ada pada
KPKNL Singkawang, Sertifikasi pada KPKNL Singkawang sudah terlaksana sejak
triwulan II tahun 2020 akan tetapi terdapat addendum target dari 112 bidang
tanah menjadi 35 bidang tanah, dikarenakan adanya penyesuaian target dari
kantor pertanahan. KPKNL Singkawang terus berupaya melakukan pelayanan terbaik
untuk menjadi kantor yang dapat memberikan pelayanan prima dan bebas dari
korupsi.
Penulis: Velient Vinandha / Seksi HI KPKNL
Singkawang