Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Perayaan Menyambut Bulan Suci Ramadhan 1445 H di Kota Singkawang
Nita Kurnia Syahasiah
Selasa, 12 Maret 2024   |   105 kali

 

Bulan Ramadhan adalah bulan yang istimewa bagi umat muslim di dunia karena Bulan Ramadhan merupakan bulan diturunkannya Kitab Suci Al-Quran kepada Nabi Muhammad SAW melalui malaikat Jibril juga merupakan bulan di mana umat muslim diwajibkan untuk melaksanakan puasa ramadhan selama satu bulan penuh. Selain itu, apabila seseorang melakukan amal  kebaikan di bulan ini, maka akan dibalas dengan berkah pahala yang berlipat ganda. Untuk menyambut  bulan suci dan istimewa ini, Kota Singkawang menyelenggarakan kegiatan Pawai Obor dan Lentera Ramadhan 1445 H. Pawai Obor dimulai pukul 20.00 WIB. Rute Pawai Obor dimulai dari mess Daerah kemudian dilanjutkan dengan mengelilingi jalan-jalan di pusat Kota Singkawang.

Acara Pawai Obor dimeriahkan dengan beberapa pertunjukkan diantaranya yaitu Parade Lentera, Tanglong dan mobil hias, Parade 1000 Tahar, Seni bela diri, Tari Multi Ethnis, Marching Band, Gelaran Likuran Kampung. Kegiatan Pawai Obor dibuka dengan kata sambutan oleh Bapak Drs. H Sumastro, M.Si selaku Penjabat (Pj) Walikota Singkawang. Pawai Obor dihadiri semua kalangan mulai dari lembaga pendidikan, pengurus masjid, ormas Islam se-Kota Singkawang dan masyarakat Kota Singkawang. Dengan tingginya tingkat toleransi di Kota Singkawang, Pawai Obor terlaksana dengan sangat meriah. Lantunan sholawat kepada Nabi Muhammad SAW dan lagu islami menggema mengiringi kegiatan Pawai Obor pada malam itu. Semangat dan antusias masyarakat sangat tergambar pada malam itu digambarkan oleh jalan-jalan yang penuh. 

Marhaban Ya Ramadhan ! Selamat menyambut datangnya Bulan Suci Ramadhan 1445 H. Semoga kita dapat berlomba lomba beribadah dan berbuat kebaikan.

 

 

 

Disclaimer
Tulisan ini adalah pendapat pribadi dan tidak mencerminkan kebijakan institusi di mana penulis bekerja.
Foto Terkait Artikel
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini