Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Kunjungan Direktur Politeknik KP Jembrana
Muhammad Ary Hendrawan
Minggu, 12 September 2021   |   269 kali

Singaraja (08/09) KPKNL Singaraja mendapatkan kunjungan dari Direktur Politeknik Kelautan dan Perikanan Jembrana, I Gusti Putu Gede Rumayasa Yudana. Kunjungan ini merupakan salah satu tahap kegiatan dari KOmpetisi INovasi (KOIN) Asset Manager 2021 berupa laporan hasil dari pemanfaatan BMN di Politeknik Kelautan dan Perikanan Jembrana selama 5 bulan sejak dimulainya pemanfaatan tersebut.

Selama 5 bulan terdapat beberapa dampak yang terjadi meliputi dampak sosial dan dampak ekonomi. Dampak sosial yang dialami dari sisi internal politeknik tersebut berupa taruna yang sudah dilatih sebanyak 97 orang taruna.  Selain itu masyarakat juga ikut serta dalam kegiatan edukasi yang dilaksanakan Poltek dan Koperasi cahaya mina PKPJ dari Pokdakan mina jaya, mina sari merta, dan bayu segara, dari 3 desa tersebut sudah 3 tambak yang mengadopsi sistem tambak Poltek KP Jembrana. Kerjasama dengan instansi lain juga sudah terbentuk dari pihak pemerintah sebanyak 9 kantor/dinas, dan dari pihak swasta sebanyak 7 organisasi. Sektor ekonomi pun menerima dampak positifnya salah satunya dapat memanen udang vaname sebanyak 500 kg selama 1 siklus dan sudah proyeksikan akan berjalan lurus hingga menghasilkan panen sebanyak 1000 kg di siklus III. Selain itu hasil perhitungan di Pokdakan Mina Jaya Survival Rate (SR) 65 persent, Rasio Konversi Pakan 0,7, dan biomassa nya 86,5 kg. Menunjukkan bahwa sistem tambak yang dikembangkan Poltek KP Jembrana sangat membantu perokonomian masyarakat maupun negara.

Kepala KPKNL Singaraja Saiful Hadi menerima dengan hangat kunjungan Bapak Direktur bersama jajaran. Tak lupa beliau menyampaikan rasa terima kasih dan berkeinginan sinergi ini tidak hanya berhenti pada kegiatan KOIN saja. Bapak Direktur pun menjawab dengan optimisme bahwa kegiatan ini akan terus berkembang salah satunya mengembangkan hektar lahan lagi kedepannya. Tidak hanya itu beliau menambahkan, Bupati Jembrana I Nengah Tamba pernah mengunjungi tambak ini  dan menjelaskan keyakinannya budidaya udang vaname yang diterapkan Poltek KP Jembrana akan membawa dampak positif untuk peningkatan perekonomian. Dijelaskan juga Kabupaten Jembrana memiliki panjang garis pantai mencapai 76 kilometer yang bisa dimanfaatkan dengan optimal dan berkelanjutan nantinya.

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini