Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
KPKNL Singaraja
BERITA UTAMA
Pengaduan, saran, dan masukan terkait layanan DJKN
Profil KPKNL Singaraja

I. Profil

KPKNL Singaraja terletak di Jalan Udayana No 10 Singaraja. Kota Singaraja merupakan ibu kota Kabupaten Buleleng, berjarak sekitar ±100 Km dari kota Denpasar. Kabupaten Buleleng memiliki luas wilayah sekitar 1.365,88 km2 atau 24.25 persen dari luas Propinsi Bali. Sebagai salah satu destinasi wisata, Kabupaten Buleleng memiliki keindahan alam yang dapat dinikmati oleh wisatawan yang berkunjung. Berbagai pesona alam yang memanjakan mata tersaji dan tersebar di seluruh wilayah kabupaten Buleleng, seperti air terjun Gitgit, air tejun Lemukih, air terjun Sekumpul, Pantai Lovina, pura Pulaki, Air Sanih dan tentunya kota Singaraja sendiri.



 

                        

II. Visi dan Misi

Dalam menjalankan tugas dan fungsi yang telah ditetapkan, KPKNL Singaraja mengacu pada visi DJKN yaitu “Menjadi pengelola kekayaan negara yang profesional dan akuntabel dalam rangka mendukung visi Kementerian Keuangan: Menjadi Pengelola

Keuangan Negara untuk mewujudkan Perekonomian Indonesia yang Produktif, Kompetitif, Inklusif, dan Berkeadilan, serta untuk sebesar-besar kemakmuran rakyat”.


Dalam upaya mewujudkan visi tersebut, telah ditetapkan 5 (lima) misi KPKNL Singaraja, yaitu:

(1) mengoptimalkan pengelolaan kekayaan negara;

(2) mengamankan kekayaan negara secara fisik, administrasi dan hukum;

(3) Meningkatkan tata kelola dan nilai tambah pengelolaan kekayaan negara;

(4) menghasilkan nilai kekayaan negara yang wajar dan dapat dijadikan acuan dalam berbagai keperluan;

(5) mewujudkan lelang yang efisien, transparan, akuntabel, adil, dan kompetitif sebagai instrumen jual beli yang mampu mengakomodasi kepentingan masyarakat.


III. Tugas dan Fungsi

Berdasarkan Peraturan Menteri Keuangan Nomor 170/PMK.01/2012 tentang Organisasi dan Tata Kerja Instansi Vertikal Direktorat Jenderal Kekayaan Negara, maka Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Singaraja adalah instansi vertikal Direktorat Jenderal Kekayaan Negara yang berada di bawah dan bertanggung jawab langsung kepada Kepala Kantor Wilayah dan mempunyai tugas melaksanakan pelayanan di bidang kekayaan negara, penilaian, piutang negara, dan lelang.

Dalam melaksanakan tugas sebagaimana dimaksud, KPKNL Singaraja menyelenggarakan fungsi sebagai berikut:

1. Inventarisasi, pengadministrasian, pendayagunaan, dan pengamanan kekayaan negara;

2. Registrasi, verifikasi dan analisa pertimbangan permohonan pengalihan serta penghapusan kekayaan negara;

3. Pelaksanaan pengurusan piutang negara dan kewenangan Panitia Urusan Piutang Negara;

4. Pelaksanaan bimbingan teknis, pembinaan, penatausahaan, penagihan dan optimalisasi dalam rangka pengelolaan piutang negara;

5. Pelaksanaan pelayanan penilaian;

6. Pelaksanaan pelayanan lelang;

7. Penyajian informasi di bidang kekayaan negara, penilaian, dan lelang;

8. Pelaksanaan pemberian pertimbangan dan advokasi pengurusan piutang negara dan lelang;

9. Verifikasi dan pembukuan penerimaan pembayaran piutang negara dan hasil lelang;

10. Pelaksanaan administrasi KPKNL.


IV. Wilayah kerja

KPKNL Singaraja mencakup 4 (empat) wilayah kabupaten kota antara lain meliputi: Kabupaten Jembrana, Kabupaten Buleleng, Kabupaten Bangli dan Kabupaten Karangasem sering disingkat dengan istilah “JAMBUBAKAR”.



 

V. Motto

Motto “SAKTI” dipakai oleh KPKNL Singaraja sebagai dasar dalam memberikan pelayanan yang maksimal terhadap masyarakat. Motto tersebut diambil dari nama belakang tokoh besar pendiri kota Singaraja yakni Ki Gusti Panji Sakti yang berarti “tangguh-teguh, merakyat dan berjiwa pemimpin”. Ki Gusti Panji Sakti merupakan raja yang mampu memberikan rasa aman, nyaman serta menciptakan ketertiban dan kedamaian di daerah Buleleng. SAKTI merupakan akronim dari : SENYUM, ADIL, KOMPETEN, TERTIB dan INOVATIF. SENYUM merupakan perwujudan dari keramahan dalam member pelayanan. ADIL merupakan komitmen untuk memberikan pelayanan yang tidak membeda-bedakan, selaras, dan seimbang kepada semua stakeholder, KOMPETEN adalah kemampuan pegawai dalam melayani stakeholder secara profesional, TERTIB berarti pelayanan yang diberikan sesuai Standar Operating Procedure (SOP) yang telah ditetapkan dan INOVATIF berarti pelayanan kami selalu dinamis mengikuti perkembangan.

                          

VI. Komposisi Pegawai

Dalam menjalankan tugas dan fungsinya, KPKNL Singaraja didukung oleh 35 orang Pegawai/Pejabat dengan Komposisi sebagai berikut:

 

VI. Struktur Organisasi




Wilayah Kerja
Kabupaten Buleleng
Kabupaten Karangasem
Kabupaten Jembrana
Kabupaten Bangli
Prestasi KPKNL Singaraja
Peringkat I Satuan Kerja dengan Predikat Best Performance Tahun Anggaran 2021 kategori pagu kecil
Peta Lokasi KPKNL Singaraja
Alamat Kantor
Jl. Udayana No. 10, Gedung Keuangan Negara, Singaraja
(0362) 32811, 32812
(0362) 32814
kpknlsingaraja@kemenkeu.go.id
Peta Situs | Email Kemenkeu | FAQ | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini