KPKNL Singaraja
Berita DJKN

Antusiasme Lelang BMN yang Dikawal oleh Pejabat Eselon II Pemda Bangli

Kamis, 30 Juli 2020   |   23 kali

Bangli (28/7) – Bertempat di Aula Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Bangli, Jalan Brigjen Ngurah Rai Nomor 28, Kelurahan Kawan, Kecamatan Bangli, Kabupaten Bangli, sebanyak 31 (tiga puluh satu) lot yang terdiri dari Barang Milik Negara (BMN) berupa mobil, motor, scrap, dan barang inventaris dilelang secara close bidding (penawaran tertutup) dan melalui sistem e-auction. Lelang dilaksanakan pada Selasa,28 Juli 2020 dan penawaran ditutup pada pukul 13.30 WITA.

Lelang dihadiri oleh Pejabat Eselon II Pemerintah Kabupaten Bangli yang juga menjabat sebagai Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Bangli, dr. I Nengah Nadi, Pejabat Penjual dari Dinkes Kabupaten Bangli, dr. Dewi Rahayu, pihak dari Badan Keuangan dan Pendapatan Asli Daerah Propinsi Bali, dan peserta lelang yang telah menunggu sejak pagi. Lelang dibuka oleh Pejabat Lelang Kelas I Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Singaraja, Hartanto. Lalu dilanjutkan dengan pembacaan ketentuan lelang dan mengunggah kepala risalah lelang pada masing-masing lot.

Dari 31 lot lelang yang ditawarkan, sebanyak 25 (dua puluh lima) lot dinyatakan laku dan 6 (enam) lot lelang lainnya dinyatakan Tidak Ada Penawaran (TAP). Para peserta lelang sangat antusias sekali dalam menyaksikan proses lelang karena banyaknya jumlah penawaran dan bersaingnya nilai penawaran yang diajukan oleh peserta. Peserta lelang sangat bervariasi dari asal daerahnya, tercatat peserta dari D.I. Yogyakarta hingga Kupang turut andil dalam penawaran lelang yang berlangsung hari itu.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Bangli, I Nengah Mawa menyampaikan apresiasinya terhadap pelaksanaan lelang oleh KPKNL Singaraja dimana dilakukan dengan metode e-auction sehingga siapapun boleh dan bisa ikut lelang serta pendaftaran hingga penawaran lelang dapat dilakukan dengan mudah dan cepat. Ini adalah kali pertama keikutsertaan Pemerintah Daerah Kabupaten Bangli dalam sistem lelang e-auction. Proses permohonan lelang hingga proses lelang yang dilakukan dengan metode e-auction ini dapat mempermudah mobilitas pihak penjual dan peserta lelang sehingga ketertarikan masyarakat akan lelang semakin meningkat. Selain itu dengan metode e-auction peserta dapat dari mana saja ikut serta dan menawar sehingga menghasilkan proses lelang yang berkualitas karena tingginya persaingan untuk menawar barang.

Dengan adanya lelang e-auction diharapkan akan semakin meningkatkan produktivitas lelang yang merupakan salah satu motor penggenjot Pendapatan Negara Bukan Pajak (PNBP) pada Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (DJKN) sehingga sumbangsih DJKN bagi negeri akan semakin signifikan. 

Foto Terkait Berita
Kontak
Jl. Udayana No. 10, Gedung Keuangan Negara, Singaraja
(0362) 32811, 32812
(0362) 32814
kpknlsingaraja@kemenkeu.go.id