Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
BUAH TANGAN RAKERNAS DJKN: DJKN DINAMIS MENGGELORA DI KPKNL SINGARAJA
I Gede Nyeng Budayasa
Selasa, 30 Juli 2019   |   481 kali

Singaraja  - Pegawai Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Singaraja mendapatkan buah tangan hasil rakernas dari Kepala KPKNL Singaraja, Saiful Hadi, yang disampaikan dalam pengarahan hasil rakernas pada hari Senin tanggal 29  Juli  2019 bertempat di Aula serbaguna KPKNL Singaraja. Dalam pengarahan tersebut, Saiful menyampaikan butir-butir penting Rakernas DJKN 2019

Saiful menyampaikan bahwa transformasi digital proses bisnis dan budaya kerja menjadi pokok bahasan dalam Rakernas DJKN 2019. Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (DJKN) berupaya menggabungkan antara budaya kerja dan teknologi untuk bertransformasi guna mendukung program pembangunan Digital Transformation dan Digital Technology yang sedang digalakkan oleh Kementerian Keuangan. Indonesia saat ini sedang menuju ekonomi digital, hal-hal yang bersifat IT tidak dapat dihindari lagi.

Saiful menekankan DJKN Dinamis menjadi tagline baru DJKN yang lahir dalam Rakernas DJKN 2019 di Purwokerto. Dinamis merupakan akronim dari Digital dalam proses, Inovatif dalam berpikir, Militan dalam implementasi. Pembahasan digitalisasi proses bisnis dan budaya kerja dibahas dalam empat Kelompok kerja (pokja). Keempat pokja tersebut masing-masing membahas penerapan new thinking of working melalui implementasi Activity Based Workplaces (ABW), implementasi e-learning di DJKN, budaya organisasi DJKN yang mendukung nilai-nilai Kementerian Keuangan, aspek yuridis yang menjadi payung hukum dalam penerapan digitalisasi. Saiful tergabung dalam Pokja 2 yang membahas implementasi e-learning di DJKN.

Lebih lanjut, Saiful bercerita lebih banyak tentang e-learning. Untuk mendukung efektivitas implementasi e-learning, DJKN akan melakukan beberapa tahap diantaranya penyiapan regulasi, koordinasi, penyiapan sarana dan prasarana, penyusunan skema e-learning meliputi hard dan soft competency serta pelaksanaan pilot project,  konektivitas e-learning dengan SSO dan HRIS serta open discussion melalui video conferrence, dan penyusunan materi serta pemeliharaan  e-learning secara swakelola dengan monitoring dan evaluasi yang berkelanjutan. Tak lupa Saiful juga menyampaikan pesan Direktur Jenderal Kekayaan Negara Isa Rachmatarwata bahwa dengan target yang challenging maka pegawai akan dituntut bekerja secara out of the box, sehingga tidak akan ada lagi ruang bekerja dengan cara biasa. Namun pegawai akan berpikir bagaimana upaya inovatif mencapai target yang challenging tersebut

Saiful memaparkan untuk mewujudkan tujuan  DJKN  sebagai distinguished asset manager, DJKN telah menyusun roadmap sebagai pedoman para pegawai DJKN dalam melaksanakan tugas dan fungsinya dalam Rakernas DJKN 2019.  Roadmap disusun dengan 1 endstate yang ditopang dengan 3 pilar utama, mengusung 4 prinsip guna mencapai 15 tujuan yang diterjemahkan ke dalam 71 sasaran strategis yang diukur dengan 376 idikator capaian/program.

Mengakhiri acara ini gemuruh tag line “DJKN DINAMIS! Digital dalam proses, Inovatif dalam berpikir, Militan dalam implementasi  membahana ke seluruh ruang kantor diiringi tepuk tangan dari seluruh pegawai. KPKNL Singaraja bangga menjadi bagian dari DJKN Dinamis! 

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini