Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Singaraja Lakukan Edukasi dan Komunikasi Piutang Negara Di Pemkab Karangasem.
I Gede Nyeng Budayasa
Selasa, 29 Januari 2019   |   417 kali

KPKNL Singaraja Lakukan Edukasi dan Komunikasi Piutang Negara Di Pemkab Karangasem.

Amlapura(25/1) Bertempat di Ruang Rapat Dinas Perindustrian dan Perdagangan KabupatenKarangesem, Jalan Ngurah Rai No. 52 Amlapura, Kantor Pelayanan Kekayaan Negaradan Lelang (KPKNL) Singaraja mensosialisasikan pengurusan Piutang Negara/Daerahdan Penghapusan Piutang Negara/Daerah di lingkungan Pemerintah Kabupaten(Pemkab) Karangasem.

Acara dibuka oleh  Kepala Bidang Pengawasan dan PengendalianIndustri Dinas Perindustrian dan Perdaganan, Nyoman Antari. Dalam sambutannya Antarimengharapkan agar semua Camat di Kabupaten Karangasem mengetahui prosedurpengelolaan utang daerah dan tata cara pengelolaan utang serta langkah-langkahyang harus diambil. “penyelesaian pengembalian utang kepada Negara/pemerintahdaerah, akan sangat berdampak pada Dana Bergulir 2019 yang telah dialokasikan.”tegas Antari.

Dalam kesempatan ini, Kepala SeksiPiutang Negara (PN), I Wayan Sudana, memperkenalkan struktur organisasi DJKN,KPKNL sampai dengan hak dan kewenangan Panitia Urusan Piutang Negara (PUPN)sebagai wadah yang bertugas mengurus piutang negara di daerah khususnya diwilayah kerja KPKNL Singaraja. Kemudian dilanjutkan dengan memaparkan mengenaitata cara pengurusan piutang daerah dan tatacara penghapusan piutang daerah.

Wayan yang didampingi Staff diseksiPN, Ni Putu Artini, menjelaskan bahwa Dinas Perindustrian dan Perdaganganbeserta seluruh Camat yang menghadiri acara  harus mampu mengidentifikasidan mengenali jenis piutang yang akan di distribusikan kepada masyarakat,klasifikasi dan kualitasnya. “Hal ini harus didukung dengan peraturan tentangkualitas piutang yang ada di Dinas perindustrian dan Perdagangan selakuPenyerah Piutang.” pinta Wayan.

Dalam kesempatan yang sama, Wayanmeminta Pemkab memperbaiki penatausahaan piutangnya, sehingga tahapan danprosedur yang telah ditetapkan dapat dijalankan secara optimal, baik untukpengelolaan piutang baik yang masih dalam kategori lancar, kurang lancar,diragukan maupun macet sesuai skala prioritas. Seraya meminta peran serta paracamat yang hadir didalam membantu KPKNL Singaraja untuk berkoordinasi dengan paraKepala Desa di masing-masing kecamatan terkait proses pengurusan Piutang Negarakepada para Debitur.

KPKNL Singaraja bangga karena berkontribusidalam pengurusan Piutang Negara sehingga program Dana Bergulir yang dijalankanDinas Perindustrian dan Perdagangan Pemkab Karangasem Tahun 2019 bisa memberimanfaat bagi masyarakat untuk modal usaha industri dan perdagangan sesuaiprogram Pemkab Karangasem. (Penulis/Foto:Gede Nyeng/Seksi HI)

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini