Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Sidoarjo > Kilas Peristiwa
Peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2020 “ Pancasila Dalam Tindakan Melalui Gotong Royong Menuju Indonesia Maju “.
Retno Sri Astuti
Selasa, 02 Juni 2020   |   180 kali

Sidoarjo 1/6/2020  -   KPKNL Sidoarjo  mengikuti upacara peringatan Hari Lahir Pancasila dengan mengikuti Pidato Kenegaraan Presiden Republik Indonesia melalui media elektronik, vidio conference atau lewat jaringan (on-line). Upacara disiarkan secara live dari Istana Bogor pada tanggal 1 Juni 2020 berpedoman pada Surat Edaran Sekretaris Jenderal Kementerian Keuangan Nomor : SE-2/SJ/2020 Tentang Penyelenggaraan Peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2020 Di  Lingkungan Kementerian Keuangan.

Upacara di mulai pukul 07.45 wib, para pegawai KPKNL Sidoarjo telah siap dan penuh semangat mengikuti jalannya upacara lewat media elektronik maupun dari jaringan on-line masing masing. Kami mengikuti dan mendengarkan Pidato Bapak Presiden dengan antusias yang menggambarkan refleksi dari rasa cinta kita pada tanah air, bangsa dan negara ini. Semangat nasionaisme dan nilai –nilai Pancasila selayaknya kita aktualisasikan dalam kehidupan sehari hari sebagai mana yang telah diamanatkan dan rumusan Pancasila sebagai dasar Negara oleh Presiden Soekarno pada sidang BPUPKI pada tanggal 1 Juni 1945.

Pada pidato kenegaraan Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo menyampaikan, bahwa peringatan Hari Lahir Pancasila tahun ini dilaksanakan di tengah pandemi Covid-19. Sebuah kondisi yang menguji daya juang kita sebagai bangsa, pengorbanan, kedisiplinan, kepatuhan,serta ketenangan dalam mengambil langkah kebijakan yang cepat dan tepat.

Kendati sedang menghadapi ujian berat ini, kita bersyukur bahwa Pancasila tetap menjadi bintang penjuru untuk menggerakkan kita, persatuan kita dalam menghadapi tantangan. Presiden Jokowi mengajak seluruh penyelenggara negara dari pusat sampai daerah untuk meneguhkan keberpihakan kita pada masyarakat yang sedang mengalami kesulitan, untuk melayani masyarakat tanpa membeda-bedakan  kelompok, ras dan agama, mengajak masyarakat untuk ” bergotong royong menuju Indonesia Maju “.

Selamat Hari Lahir Pancasila, Semangat Pancasila akan tetap kami jaga, ”

  

   (By.onter/tim hukum)

Foto Terkait Kilas Peristiwa
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini