Sidoarjo – “Pemantapan dan
peningkatan pelayanan harus terus ditingkatkan, baik itu ketika kita sedang
dalam proses meraih predikat ZI-WBK/WBBM ataupun tidak, karena melayani
masyarakat dengan benar adalah tugas kita sebagai Aparatur Sipil Negara” demikian Kepala Kantor Pelayanan kekayaan Negara dan Lelang sidoarjo, Agus
Sugiarto sering berpesan kepada seluruh jajaran pegawainya disetiap kesempatan
rapat ataupun kegiatan bersama yang melibatkan seluruh pegawai KPKNL Sidoarjo. Pada
kesempatan rapat monev Capaian Kinerja sampai dengan Minggu III bulan Juni 2022
dan monitoring dan Evaluasi Progres Pembangunan ZI-WBMM, Agus Sugiarto juga
menyampaikannya sebagai pesan awal kegiatan rapat Selasa, 21 Juni 2022 kemarin. Acara yang dilaksanakan bertempat diruang rapat kepala kantor
KPKNL Sidoarjo tersebut dihadiri oleh seluruh Kepala Seksi KPKNL Sidoarjo dan
seluruh Tim Kerja Pembangunan ZI-WBBM. Pada kesempatan tersebut Agus Sugiarto
juga menekankan kembali pentingnya pelayanan kepada stake holder, selain untuk
menunjang tercapainya target kinerja KPKNL Sidoarjo juga untuk meningkatkan
kepercayaan masyarakat pengguna jasa KPKNL Sidoarjo. Agus Sugiarto menegaskan
kepada seluruh jajarannya agar mengutamakan pelayanan kepada publik, mengingat
bahwa KPKNL adalah kantor pelayanan. Kepercayaan dari stake holder yang telah menikmati pelayanan
akan memberikan feed back yang baik. Kepercayaan tidak bisa didapat
dalam sekejap mata, tapi harus diperjuangkan dengan benar dan melalui proses
yang panjang. Dan sekalipun jangan pernah menodai kepercayaan masyarakat yang
sudah tercipta dengan tindakan-tindakan yang tidak mencerminkan nilai-nilai dan
budaya Kementerian Keuangan yang harus dilaksanakan dan dijunjung tinggi
bersama.
Dalam kesempatan rapat monev sekaligus laporan progres pembangunan ZI-WBBM
tersebut, masing-masing ketua tim menyampaikan paparan progres yang telah dan
belum dilaksanakan dan dirangkum dalam satu laporan oleh Virgita Widha, Staff seksi
Kepatuhan Internal (dalam hal laporan capaian Kinerja) dan sebagai salah satu anggota
dari agen perubahan yang mencatat dan mengkompilasi semua hal yang berkaitan
dengan kegiatan pembangunan ZI-WBBM sebagai alat untuk memudahkan pemantauan
capaian.
Pada kesempatan yang lain, demi meningkatkan kewaspadaan dan pengurangan
tindak ketidakjujuran dalam pelaksanaan tugas sehari-hari, dari bidang
Kepatuhan Internal kanwil DJKN Jawa Timur juga melakukan pemeriksaan mendadak. Dalam
kegiatan yang dilaksanakan pada hari Kamis, 16 Juni 2022 tersebut dilaksanakan dengan
memeriksa keberadaan pegawai di tempat kerja serta memastikan laci-laci pegawai
Jabatan Fungsional dan bendahara serta pejabat struktural bersih dari
kemungkinan kegiatan gratifikasi. Petugas yang berwenang melakukan sidak
keliling ke setiap ruangan, memastikan bahwa tidak ada pegawai yang melakukan
tindakan indisipliner, dan mematuhi jam kerja dengan benar. Sidak yang
dilaksanakan oleh bidang Kepatuhan Internal Kanwil DJKN Jawa Timur berjalan
lancar, dan tidak menemukan tindakan indisipliner maupun kecurangan dalam
bentuk apapun dari pegawai KPKNL Sidoarjo.
Kepercayaan diawali dengan sikap jujur dan menjunjung tinggi integritas yang
merupakan harga diri seorang Aparat Sipil Negara. Dan itu harus ditanamkan
serta dilaksanakan sebagai karakter diri yang tidak boleh diciderai sedikitpun.
KPKNL Sidoarjo siap menuju WBBM, salam kompak berintegritas!!!
(Penulis: Dyah3)