Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Penggalian Potensi Lelang dan Koordinasi terkait UMKM di Sibolga
Wan Muhammad Taffy Javier
Senin, 11 Desember 2023   |   42 kali

Kamis (7/11) KPKNL Padangsidimpuan melaksanakan penggalian potensi Lelang pada Satuan Kerja PT. Pelabuhan Indonesia yang terletak di salah satu wilayah kerja KPKNL yaitu Sibolga. Selain penggalian potensi lelang, KPKNL juga melakukan koordinasi dengan KPPBC TMP C Sibolga terkait komitmen bersama seluruh unit di Kementerian Keuangan dalam membina para pelaku UMKM.

Kegiatan pada hari itu dimulai dengan berkunjung ke kantor PT. Pelindo SIbolga. Rombongan di sambut dengan baik oleh General Manager PT. Pelindo I (Persero) Cabang Kota Sibolga, Aulia Rahman. Beliau menyampaikan mengenai aset milik PT. Pelindo SIbolga berupa baja eks sisa tiang pancang pembangunan pelabuhan sibolga. Baja tersebut terdiri dari belasan tiang pancang yang berada dalam kondisi masih utuh maupun sudah di potong. Harapannya dalam waktu dekat pihak PT. Pelindo Sibolga dapat berkoordinasi dengan Head Office terkait keberlanjutan aset tersebut.

Selanjutnya KPKNL juga menyambangi beberapa pelaku UMKM langsung ditempat usaha mereka. UMKM yang pertama didatangi adalah Usaha Kinanti yang bergerak dalam bidang makanan. Produk yang dijual bermacam-macam dari keripik keju, keripik pisang, hingga brownis ikan. Usaha selanjutnya adalah Kain EcoPrint milik Ibu Emeliana yang terletak dirumahnya di Kampung Santeong, Sibolga. Usaha ini merupakan salah satu usaha yang menarik karena tidak hanya dibuat secara manual menggunakan tangan namun juga menggunakan material seperti dedaunan dan bunga dalam pembuatannya.

Kegiatan diakhiri dengan kunjungan ke KPPBC TMP C Sibolga. Kedatangan kami disambut oleh Bapak Jamil selaku perwakilan. Dalam keterangannya KPPBC, sudah berusaha untuk merangkul usaha-usaha masyarakat yang ada di sibolga khususnya kmoditi yang dapat di ekspor ke luar negeri karena kebetulan itulah yang berhubungan dengan Tugas dan Fungsi KPPBC Sibolga.

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini