Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Pelaksanaan Lelang Barang Milik Daerah (BMD) Pemerintah Kota Padangsidimpuan
Abdul Ali Pulungan
Jum'at, 10 November 2023   |   86 kali

Tepat Jam 10.00 WIB dilaksanakan lelang Barang Milik Daerah (BMD) Pemerintah Kota Padangsidimpuan bertempat di aula Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Padangsidimpuan. Lelang tersebut dilaksanakan secara e-auction melalui website lelang.go.i. Pelaksanaan lelang BMD dimaksud dipimpin oleh Pejabat Lelang KPKNL Padangsidimpuan,  Daniel Alexander P. Simanjuntak, dari pihak penjual dalam hal ini Pemerintah Kota Padangsidimpuan dihadiri oleh Pejabat Penjual Bapak Soritua P. Siregar.

Dalam pelaksanaan lelang e-auction dibuka dengan cara penawaran open bidding, yang diikuti oleh ratusan peserta yang ikut dalam penawaran BMD tersebut.

Dalam pembukaan lelang sampai dengan berakhirnya proses penawaran disaksikan langsung oleh Pj. Walikota Padangsidimpuan, Letnan Dalimunthe bersama Kepala KPKNL Padangsidimpuan, Raden Hariyadi Murti Kurniawan. Pada kesempatan yang sama lelang tersebut juga disaksikan beberapa pejabat dari Pemerintah Kota Padangsidimpuan dan Anggota DPRD Kota Padangsidimpuan, yakni Staf Ahli Bidang Perekonomian, Rahmat Marzuki Nasution; Kepala Badan Keuangan Daerah Kota Padangsidimpuan, Adi Supriadi; Kepala Dinas Perkim Kota Padangsidimpuan, Imbalo Siregar; Sekretaris DPRD Kota Padangsidimpuan, Bahri Pulungan; Anggota DPRD Kota Padangsidimpuan, Irfan (F. Demokrat); perwakilan Samsat Padangsidimpuan; Afifuddin Lubis; serta perwakilan dari Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Kota Padangsidimpuan.

Pada kesempatan ini Kepala KPKNL Padangsidimpuan Raden Hariyadi Murti Kurniawan juga memperkenalkan tugas dan fungsi KPKNL Padangsidimpuan kepada Pj. Walikota Padangsidimpuan dan sejumlah pejabat dan perwakilan OPD Kota Padangsidimpuan yang hadir dalam menyaksikan pelaksanaan lelang BMD tersebut.

Lelang dilakukan terhadap 49 Lot Barang terdiri kendaraan dinas roda empat, kendaraan dinas roda dua dan paket scrab metal bekas. BMD yang dilelang  sebelumnya telah diumumkan pada Harian Metro Tabagsel edisi 3 November 2023. Jumlah barang yang laku terjual sebanyak 45 lot dan 4 lot dinyatakan Tidak Ada Penawaran (TAP) dengan harga pokok terjual total Rp. 540.832.000, dengan nilai limit sebesar 384.481.000. Hal ini terjadi kenaikan harga laku sebesar 40,66 persen. Penutupan penawaran dan pengumuman pemenang tepat jam 11.00 WIB berdasarkan waktu server.

Pj. Walikota Padangsidimpuan Letnan Dalimunthe sangat puas dengan hasil pelaksanaan lelang ini, karena lelang e-auction terbuka untuk umum dan dapat melakukan penawaran dimana saja di seluruh Indonesia, terbuka, transparan, dan tidak dapat diintervensi oleh pihak lain. Disamping menaikkan harga, lelang juga dapat mendongkrak hasil penerimaan daerah. Dengan terlaksananya pengelolaan Barang Milik Daerah dengan baik, sebagaimana diamananatkan dalam PP No. 28 Tahun 2020 tentang Pedoman Pengelolaan Barang Milik Negara/Daerah.

Pj, Walikota Padangsidimpian berharap agar kedepannya sinergi antar Pemerintah Kota Padangsidimpuan dan KPKNL Padangsidimpuan tetap terjaga dengan baik, khususnya tentang Pengelolaan Barang Milik Daerah, pengurusan Piutang Daerah, maupun hal-hal lainnya.

Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini