Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Lelang Optimal, PAD Meningkat
Wan Muhammad Taffy Javier
Selasa, 04 Mei 2021   |   263 kali

Humbang Hasundutan (29/4), Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Padangsidimpuan melaksanakan Lelang Noneksekusi Wajib Barang Milik Daerah (BMD) atas permohonan lelang dari Pemerintah Kabupaten Humbang Hasundutan. Lelang dilaksanakan secara online (e-auction) pada pukul 11.00 waktu server Aplikasi Lelang Indonesia pada alamat website www.lelang.go.id dengan sistem penawaran closed bidding. Lelang dilaksanakan di Ruang Serbaguna Gedung BPKAD Kabupaten Humbang Hasundutan dan dipimpin oleh Pejabat Lelang KPKNL Padangsidimpuan, Hasintongan Pardede yang didampingin asisten pejabat lelang, Agatha Sinaga.

Pelaksanaan lelang dihadiri oleh 10 (sepuluh) orang peserta diantaranya adalah Rudianto Sianturi selaku Pejabat Penjual beserta beberapa pegawai Pemerintah Kabupaten Humbang Hasundutan yang juga ikut menjadi peserta lelang. Barang yang dijual dalam pelaksanaan lelang ini sebanyak 58 lot barang yang berupa kendaraan roda empat, kendaraan roda dua, dan paket barang berupa scrap. Ada lebih dari 300 (tiga ratus) penawaran yang masuk terhadap 56 lot lelang dan hanya ada 2 lot lelang yang tidak ada penawaran. Dari ke-56 lot lelang tersebut, Pejabat Lelang menetapkan peserta dengan penawar tertinggi menjadi pemenang lelang. Harga yang terbentuk dari seluruh lot lelang seharga Rp389.793.364,- atau mengalami kenaikan lebih dari 100 persen dari harga limit yang ditentukan.

Pada akhir acara, Pelelang Hasintongan Pardede menjelaskan bahwa bagi setiap pemenang lelang wajib melunasi harga lelang yang terbentuk beserta bea lelang sebesar dua persen paling lama 5 hari kerja sejak lelang dan apabila tidak melunasi pada jangka waktu yang ditetapkan tersebut maka uang jaminan lelang akan disetorkan ke kas Negara.

Pejabat Penjual, Rudianto Sianturi, menyampaikan rasa terima kasih atas lelang yang dilaksanakan karena dari 58 lot lelang yang dimohonkan ada 56 lot lelang yang laku dan nilai lelang yang terbentu sangat tinggi yang jauh dari ekpektasi sehingga dapat meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kabupaten Humbang Hasundutan. Rudianto juga menyampaikan bahwa ­e-auction ini sangat bermanfaat bagi pemohon lelang khususnya Pemkab Humbahas untuk mengajukan lelang aset-aset milik daerah selain karena jarak tempuh yang jauh antara Pemkab Humbahas dengan KPKNL Padangsidimpuan apalagi dengan kondisi Pandemi Corona Virus yang disarankan untuk mengurangi mobilitas tetapi juga sifatnya yang efektif dan efisien.  (Teks/Foto: Seksi HI)

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini