Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
E-auction Sukses, PAD Meningkat
Frans Edison Sihombing
Selasa, 05 Februari 2019   |   293 kali


Pada awal tahun 2019, Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Padangsidimpuan kembali sukses melaksanakan Lelang Noneksekusi Wajib Barang Milik Daerah (BMD) berupa kendaraan dinas roda empat, roda dua, maupun alat berat atas permintaan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Humbang Hasundutan (31/01/2019). Pelaksanaan lelang BMD ini adalah pelaksanaan lelang yang kedua kalinya bagi Pemerintah Kabupaten Humbang Hasundutan bertempat di Aula Kantor BPKAD Pemerintah Kabupaten Humbang Hasundutan, dimana terakhir pelasanaan lelang dilaksanakan pada tahun 2016.


Pejabat Penjual, Rudianto Sianturi, menyampaikan apresiasi kepada Tim dari KPKNL Padangsidimpuan, yang dipimpin pejabat lelang, Sabar Rasidi, dan anggota Tim Daniel Silalahi beserta Sahrul Sihombing. Apresiasi ini diberikan dimana di awal Tahun tim KPKNL Padangsidimpuan melaksanakan lelang dengan penuh semangat dan memberikan pelayanan prima, hal ini senada dengan Tujuan KPKNL memberikan pelayanan terbaik bagi stakeholder yang merupakan penekanan dan implementasi dari arahan Kepala KPKNL, Haryanto yang selalu diucapkan setiap rapat didepan para pegawai KPKNL Padangsidimpuan.


 Pada pelaksanaan lelang ini, barang yang dilelang sebanyak 77  lot barang yang terdiri dari unit kendaraan roda empat, scrap alat berat, dan sepeda motor. Dari pelaksanaan lelang tersebut terjual 74 lot dengan kenaikan harga yang cukup fantastis yakni mencapai 135 % dari limit lelang.

Ada beberapa peserta lelang yang turut hadir menyaksikan proses pelaksanaan lelang ini, begitu juga beberapa pegawai di lingkungan pemerintah daerah Humbahas juga ikut menyaksikan proses pelaksanaan lelang e-Aution ini, karena baru pertama kalinya sistem lelang ini dilaksanakan di Humbahas. Riuh tawa dan tepuk tangan peserta terdengar ketika merekaatau teman mereka ditetapkan sebagai pemenang. Pratman Aritonang mengatakan cukup puas dengan lelang kali ini, karena dia memenangkan 2 lot barang yang dia inginkan. Sementara peserta lain, Samson Tambunan mengatakan dia berharap minimal bawa pulang 20 lot, tapi cuma 1 lot yang dapat dia menangkan. Namun dia tidak kecewa, karena menurut diaa itu cukup wajar karena yang lain menawar lebih dari dirinya.


Mengakhiri acara lelang, Pejabat Lelang Sabar Rasidi, menjelaskan pemenang lelang wajib melunasi harga lelang terbentuk dan bea lelang sebesar dua persen selambat-lambatnya lima hari kerja. Jika tidak dilunasi maka uang jaminan lelang akan disetor ke kas Negara.


Atas sukses dan lancarnya pelaksanaan lelang BMD tersebut Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Humbang Hasundutan sangat berterima kasih dan memberikan apresiasi yang tinggi atas peran serta dan kerja keras KPKNL Padangsidimpuan dimana harga terbentuk yang tinggi sangat berguna bagi PAD (Pendapatan Asli Daerah) Kabupaten Humbang Hasundutan,”kata Rudianto Sianturi selaku Pejabat Penjual Pemerintah Kabupaten Humbang Hasundutan. Rudianto juga menambahkan E-auction yang pertama dilakukan di Humbahas melebihi ekspetasi, E-auction Sukses, PAD meningkat “seloroh Rudianto.


Pada kesempatan terpisah, Haryanto Kepala KPKNL Padangsidimpuan juga memberikan apresiasi atas pelaksanaan lelang ini karena membantu target KPKNL Padangsidimpuan tahun 2019 telah ditetapkan. Selain itu Haryanto juga menyampaikan bahwa KPKNL Padangsidimpuan sukses melaksanakan lelang BMD yang merupakan potensi lelang yang terpendam. Haryanto berharap agar e-auction menjadi sarana jual beli yang terpercaya yang mempunyai beberapa kelebihan antara lain, terbuka untuk umum, transparan, kompetitif, cepat, dan aman apalagi lelang sekarang sangat modern dan berbasis teknologi. Selanjutnya Haryanto juga berharap semua pegawai KPKNL Padangsidimpuan senantiasa dalam dirinya tertanam “Nilai-Nilai Kementerian Keuangan’ dalam menjalankan tugas dan kewajibannya. (Penulis/fotografer:Sie HI Edited : Sie HI).


Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini