Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Sinergi Dan Strategi Yang Tepat Dalam Pencapaian Tujuan
Emmi Br Ginting
Jum'at, 06 April 2018   |   330 kali

Padangsidimpuan –  Selasa (3/4/2018) ) Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) mengadakan  lokakarya peningkatan soft competency atau in house training (IHT) yang diikuti oleh seluruh pegawai KPKNL Padangsidimpuan.

Acara yang diadakan di KPKNL Padangsidimpuan ini dipandu oleh perwakilan dari Pusat pendidikan dan pelatihan Pengembangan Sumber Daya Manusia (PPSDM) Kementerian Keuangan, Khalimi dan Agnes Renata Rajagukguk serta didampingi oleh Jidid Ilkha Christian perwakilan dari Bagian Kepegawaian Kantor Pusat Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (DJKN). Kegiatan ini bertemakan bersinergi untuk negeri, revaluasi BMN tuntas berkualitas.

Disela-sela kegiatan Revaluasi BMN yang sedang berlangsung, KPKNL Padangsidimpuan berkesempatan mengikuti IHT. Kepala Kantor KPKNL Padangsidimpuan Haryanto,  mengatakan bahwa sejak Februari 2018 semua tim Revaluasi BMN hampir setiap hari di lapangan dan jarang sekali dapat berkumpul dengan full tim di kantor. Pada hari ini kita dapat berkumpul bersama sekitar 98% karena ada 1 tim masih di laut melakukan Revaluasi BMN milik Distrik Navigasi Sibolga yang harus harus mengikuti jadwal kapal berlayar. Dia berharap acara hari ini dapat membangkitkan warna baru dan tetap mempererat sinergi dan kerjasama antar seluruh pegawai.

Selanjutnya acara diteruskan dengan berbagai games yang di pandu oleh Khalimi dan Agnes Renata. Dari 28 pegawai dibagi menjadi 6 kelompok. Sebelum games dimulai, setiap kelompok diminta mimilih ketuanya, membuat nama kelompok serta membuat yel-yel.

Dari 4 jenis games kelompok yang dipertandingkan, di setiap akhir game diberikan skor oleh pemandu. Yang menarik disni adalah ketika ada kelompok yang bermain curang maka skornya dikurangi 50%.

Pada sesi selanjutnya kegiatan dilakukan di dalam ruangan, dimana pemandu mulai menjelaskan makna dari setiap game yang dilaksanakan. Khalimi mulai menggambarkan rumah idaman bagi setiap orang. Ia menyampaikan bahwa setiap orang pasti mengidamkan atau mendambakan sebuah rumah yang nyaman. Kantor kita dalam hal ini KPKNL Padangsidimpuan adalah rumah bagi seluruh pegawai disini, karena itu kita harus membuat kantor ini senyaman mungkin bagi semua penghuninya.

Semua pegawai adalah satu tim dalam mencapai tujuan organisasi yang telah ditetapkan. Setiap orang mempunyai kompetensi dan karakter yang berbeda, oleh karena itu dalam menyusun komposisi pegawai dalam pelaksanaan tugas harus diperhatikan agar setiap pegawai punya kompetensi dibidangnya dan cocok dengan karakternya. Itu adalah salah satu strategi untuk membuat organisasi tidak timpang.

Sinergi yang kuat dan kerja sama yang baik adalah bagian dari organisasi yang sukses. Terutama bagi KPKNL Padangsidimpuan yang sedang mengemban tugas yang cukup penting yaitu melaksanakan revaluasi BMN di wilayah kerja yang cukup luas yakni 14 Kabupaten/Kota. Khalimi beharap IHT ini kiranya dapat membuang kejenuhan semua tim dan kembali membangkitkan semangat dan kebersamaan terutama untuk target revaluasi yang telah ditepkan.

Selain itu pemandu juga mengajak seluruh para pegawai untuk merenungkan dan mendoakan orang-orang terdekat dengan pribadi pegawai masing-masing. Suasana begitu hening, bahkan sebagian besar peserta meneteskan air mata.

Diakhir acara dilaksanakan pemberian hadiah bagi pemenang games dan penyampaian current issue dibidang kepegawaian oleh Jidid Ilkha Christian.

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini