Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Serang > Berita
Tingkatkan Citra Positif KPKNL Serang melalui Layanan Pengaduan yang Optimal
Juliati
Kamis, 21 Maret 2024   |   15 kali

KPKNL Serang terus berupaya neningkatkan layanan kepada segenap pengguna layanan. Salah satu kegiatan yang dilakukan yaitu melalui knowledge sharing dengan PT Bank Muamalat, Tbk. Hal ini dilakukan juga sebagai upaya meraih predikat Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM) yang ditargetkan dapat diraih KPKNL Serang pada tahun 2025 mendatang.

 

Bertempat di aula KPKNL Serang (13/03), Resi Andriani selaku narasumber dari Bank Muamalat Cabang Serang menyampaikan materi bagaimana cara melayani penanganan pengaduan. Ada beberapa hal yang harus dilakukan oleh seorang petugas pelayanan dalam memberikan layanan kepada pengguna layanan yang menyampaikan pengaduan, yaitu:

1.     Active listening: mendengarkan keluhan pengguna layanan tanpa memotong penjelasan yang disampaikannya;

2.     Meminta maaf atas ketidaknyamanan yang dialami pengguna layanan;

3.     Emphaty: ikut merasakan apa yang dirasakan pengguna layanan;

4.   Konfirmasi permasalahan : melakukan konfirmasi atas penjelasan pengguna layanan agar tercipta kesamaan persepsi antara pengguna layanan dan petugas pelayanan;

5.     Penelusuran permasalahan dan memberikan solusi;

6.     Pencatatan permasalahan.

 

Pada kesempatan selanjutnya, diadakan diskusi yang menarik antara narasumber dengan pegawai KPKNL Serang. Dengan adanya knowledge sharing dan diskusi seperti ini diharapkan pegawai KPKNL dapat memahami cara menangani pengaduan sehingga pengguna layanan dapat memporelah kepuasan atas layanan yang diberikan dan tercipta citra positif KPKNL Serang di mata pengguna layanan. (Tim Humas KPKNL Serang)

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini