Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
KPKNL Serang
BERITA UTAMA
Serang – Kamis (07/04/2022), Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Serang bersinergi dengan Kantor Wilayah (Kanwil) DJKN Banten mengadakan Sosialisasi Crash Program Keringanan Utang Tahun 2022 dan Implementasi Fitur Penyerahan BKPN Onl
Profil KPKNL Serang

Mengenal KPKNL Serang yang berada di Kota Madani

 

Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang merupakan bagian yang tidak dapat dipisahkan dari upaya Menteri Keuangan melakukan reformasi birokrasi di lingkungan Departemen Keuangan tahun 2006. Berdasarkan Peraturan Presiden Nomor 66 Tahun 2006 tentang Perubahan Keempat atas Peraturan Presiden Nomor 10 Tahun 2005 tentang Unit Organisasi dan Tugas Eselon I Kementerian Keuangan Republik Indonesia, Direktorat Jenderal Piutang dan Lelang Negara berubah menjadi Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (DJKN). Fungsi pengurusan piutang negara dan pelayanan lelang digabungkan dengan fungsi pengelolaan kekayaan negara. Perubahan di unit eselon I diikuti dengan perubahan di unit di level terendah. Kantor Pelayanan Piutang dan Lelang Negara (KP2LN) berganti nama menjadi Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) dengan tambahan fungsi pelayanan di bidang kekayaan negara dan penilaian.

 

Sesuai dengan Peraturan Menteri Keuangan Nomor 154/PMK.01/2021 tentang Organisasi Dan Tata Kerja Instansi Vertikal Direktorat Jenderal Kekayaan Negara, KPKNL Serang merupakan unit vertikal DJKN yang berada di bawah Kantor Wilayah (Kanwil) DJKN Banten. Adapun wilayah kerja KPKNL Serang meliputi Kabupaten Serang, Kota Serang, Kota Cilegon, Kabupaten Pandeglang, dan Kabupaten Lebak.

 

KPKNL Serang berlokasi di Kota Serang, tepatnya di Jalan Raya Serang Cilegon Km. 3, Kelurahan Drangong, Kecamatan Taktakan, Kota Serang, Provinsi Banten. Kota Serang adalah ibu kota provinsi Banten dan sebagai pusat budaya Sunda Banten dan Jawa Serang dan penduduknya menuturkan Bahasa Sunda Banten dan juga Bahasa Jawa Serang. Di Kota ini terdapat sisa-sisa bangunan bersejarah masa kejayaan Kesultanan Banten. Kota Serang mempunyai moto atau semboyan ‘Kota Serang Madani’. Secara filosofis, Madani merupakan bentuk kemandirian suatu daerah. Madani memberikan arti luas untuk pengayoman masyarakat, civil society yang mengedepankan musyawarah untuk mufakat, serta berbudaya.

 

Dalam menjalankan tugas dan fungsinya, KPKNL Serang dipimpin oleh Kepala Kantor dan dibantu oleh pejabat struktural, pejabat fungsional, dan pelaksana. Total pegawai KPKNL Serang sebanyak 35 orang. Kepala KPKNL Serang saat ini adalah Laila Chairani, dibantu oleh 34 pegawai yang terdiri dari 5 orang pejabat struktural, 8 orang pejabat fungsional, dan 21 orang pelaksana. Selain itu, KPKNL Serang juga didukung oleh 15 orang Pegawai Pemerintah Non Pegawai Negeri (PPNPN), yang terdiri dari 5 orang pramubakti, 3 orang tenaga kebersihan, 2 orang pengemudi, dan 5 orang satpam.

 

KPKNL Serang dalam melayani masyarakat/stakeholders dilengkapi dengan fasilitas ruang Area Pelayanan Terpadu (APT). Pada APT terdapat ruang pelayanan dengan petugas yang siap melayani, ruang tunggu yang nyaman, ruang konsultasi, ruang lelang e-auction, ruang bermain anak, dan ruang laktasi. Pada bagian depan dan samping gedung kantor terdapat area parkir kendaraan roda empat dan roda dua yang telah dilengkapi dengan area parkir prioritas yang khusus digunakan bagi penyandang disabilitas dan orang lanjut usia. Selain itu, pada bagian belakang gedung kantor juga terdapat mushola bagi masyarakat/stakeholders yang akan menjalankan ibadah sholat. Dengan fasilitas yang dimiliki oleh KPKNL Serang diharapkan pelayanan yang diberikan dapat memuaskan masyarakat/stakeholders.

 

Visi, Misi, Tugas, dan Fungsi

 

Dalam menjalankan tugas dan fungsinya, KPKNL Serang berpegang teguh pada Visi Direktorat Jenderal Kekayaan Negara 2020-2024, yaitu :

“Menjadi Pengelola Kekayaan Negara yang Profesional dan Akuntabel dalam rangka mendukung visi Kementerian Keuangan: Menjadi Pengelola Keuangan Negara untuk mewujudkan Perekonomian Indonesia yang Produktif, Kompetitif, Inklusif, dan Berkeadilan, serta untuk sebesar-besar kemakmuran rakyat.”

Untuk menjalankan visi tersebut, KPKNL Serang menjalankan misi yang telah ditetapkan oleh Direktorat Jenderal Kekayaan Negara 2020-2024, yaitu:

1.   Mengoptimalkan pengelolaan kekayaan negara.

2.   Mengamankan kekayaan negara secara fisik, administrasi, dan hukum.

3.   Meningkatkan tata kelola dan nilai tambah pengelolaan kekayaan negara.

4.   Menghasilkan nilai kekayaan negara yang wajar dan dapat dijadikan acuan dalam berbagai keperluan.

5.   Mewujudkan lelang yang efisien, transparan, akuntabel, adil, dan kompetitif sebagai instrumen jual beli yang mampu mengakomodasi kepentingan masyarakat.

 

Berdasarkan Peraturan Menteri Keuangan Nomor 154/PMK.01/2021 tentang Organisasi Dan Tata Kerja Instansi Vertikal Direktorat Jenderal Kekayaan Negara, KPKNL Serang mempunyai tugas melaksanakan pelayanan di bidang kekayaan negara, penilaian, dan lelang. Dalam menjalankan tugasnya, KPKNL Serang menyelenggarakan fungsi sebagai berikut:

1.      Inventarisasi, pengadministrasian, pendayagunaan, dan pengamanan kekayaan negara.

2.      Registrasi, verifikasi dan analisa pertimbangan permohonan pengalihan serta penghapusan kekayaan negara.

3.      Pelaksanaan pengurusan piutang negara dan kewenangan Panitia Urusan Piutang Negara.

4.      Pelaksanaan bimbingan teknis, pembinaan, penatausahaan, penagihan dan optimalisasi dalam rangka pengelolaan piutang negara.

5.      Pelaksanaan pelayanan penilaian.

6.      Pelaksanaan pelayanan lelang.

7.      Penyajian informasi di bidang kekayaan negara, penilaian, dan lelang.

8.      Pelaksanaan pemberian pertimbangan dan advokasi pengurusan piutang negara dan lelang.

9.      Verifikasi dan pembukuan penerimaan pembayaran piutang negara dan hasil lelang.

10.   Pelaksanaan administrasi KPKNL.

 

Struktur Organisasi

 

KPKNL Serang dipimpin oleh Kepala Kantor yaitu Laila Chairani, dan dalam menyelesaikan tugasnya dibantu oleh:

1.      Pejabat struktural eselon IV yang terdiri dari:

a.   Kepala Subbagian Umum (Heri Asya)

b.   Kepala Seksi Pengelolaan Kekayaan Negara (Sutami)

c.   Kepala Seksi Piutang Negara (Yenny)

d.   Kepala Seksi Hukum dan Informasi (Agus Maisuri)

e.   Kepala Seksi Kepatuhan Internal (Hadi Susilo)

2.      Pejabat fungsional yang terdiri dari:

a.   Pelelang Ahli Muda (Imam Ahmadi dan Nadirsyah)

b.   Penilai Pemerintah Ahli Muda (Lia Sahara)

c.   Pelelang Ahli Pertama (Rizqon Zidni Amalana)

d.   Penilai Pemerintah Ahli Pertama (Faisal Perdana, Ilham Abdullan Setiana, dan Primas Anggono)

e.   Pranata Keuangan APBN Terampil (Dina Fadjria)

3.      Pelaksana yang berjumlah 21 orang



Moto KPKNL Serang

 

Dalam melayani masyarakat/stakeholders KPKNL Serang memiliki moto, yaitu: Profesional, Responsif gender, Integritas, Melayani, dan Akuntabel yang disingkat PRIMA yang mempunyai makna sebagai berikut:

Profesional

Bekeria tuntas dan akurat atas dasar kompetensi terbait dengan penuh tanggung jawab dan komitmen yang tinggi.

Responsif gender

Suatu kebijakan, program, kegiatan dan penganggaran yang memperhatikan perbedaan kebutuhan, pengalaman dan aspirasi laki-laki dan perempuan sebagai upaya untuk mengarusutamakan gender dalam pembangunan demi mewujudkan pembangunan yang berkeadilan dan bersetaraan gender.

Integritas

Berfikir. berkata, berperilaku dan bertindak dengan baik dan benar serta memegang teguh kode etik dan prinsip-prinsip moral.

Melayani

Melayani dengan berorientasi pada kepuasan pemangku kepentingan yang dilakukan dengan sepenuh hati, transparan, cepat, akurat dan aman.

Akuntanbel

Proses yang dilakukan dapat dipertanggungjawabkan sesuai dengan peraturan dan perundang-undangan yang berlaku.


 


Wilayah Kerja
Kota Serang
Kota Cilegon
Kabupaten Serang
Kabupaten Pandeglang
Kabupaten Lebak
Prestasi KPKNL Serang
Satuan Kerja dengan Nilai Indikator Kinerja Pelaksanaan Anggaran (IKPA) Terbaik Kategori Pagu Dibawah Rp.10 Milyar Tahun Anggaran 2019
Juara III Lomba Implementasi Pengarusutamaan Gender Lingkup Kementerian Keuangan Tahun 2017 - Kategori Satker Vertikal Antar Unit Eselon I
Peta Lokasi KPKNL Serang
Alamat Kantor
Jalan Raya Serang - Cilegon Km. 3, Kelurahan Drangong, Kecamatan Taktakan, Kota Serang Kode Pos 42162
(0254) 216361, 201999
(0254) 216331
kpknlserang@kemenkeu.go.id
Peta Situs | Email Kemenkeu | FAQ | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini