Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Serang > Berita
Sosialisasi Anti Korupsi dan Anti Gratifikasi di KPKNL Serang
Ferdinandus Andreas
Jum'at, 24 Juni 2022   |   175 kali

Pada hari Rabu, 22 Juni 2022 KPKNL Serang menyelenggarakan kegiatan Sosialisasi Anti Korupsi dan Anti Gratifikasi sebagai sarana untuk menanamkan integritas dalam melaksanakan tugas sehari-hari.

Kegiatan yang dipandu oleh Juliati, Pelaksana Seksi Kepatuhan Internal dibuka oleh Kepala KPKNL Serang, Ibu Laila Chairani. Dalam pembukaan beliau mengajak seluruh jajaran KPKNL Serang baik yang PNS maupun PPNPN untuk selalu menjunjung tinggi integritas dalam melaksanakan tugas sehari-hari. Apabila insan KPKNL Serang tidak menegakkan integritas, maka pelayanan kepada pelayanan kepada stakeholder tidak akan optimal.

Acara selanjutnya, pemaparan Sosialisasi Anti Korupsi yang disampaikan Saudari Dita Angelia Dwi Hastuti. Sebagai Penyuluh Anti Korupsi pada KPKNL Serang, dia menyampaikan secara gamblang pengertian, kendala, dan efek dari korupsi itu sendiri. Secara garis besar korupsi terjadi karena integritas yang lemah, keserakahan, dan juga lemahnya sistem pengawasan untuk mendeteksi terjadinya korupsi. Efek dari korupsi, imbuhnya, antara lain timbulnya biaya yang tinggi pada perekonomian negara kita. Sosialasi anti korupsi semakin menarik dilanjutkan dengan permainan menyusun puzzle yang berkaitan dengan aktifitas anti korupsi.

Tidak kalah menarik dari Sosialiasi Anti Korupsi, kegiatan dilanjutkan dengan Sosialisasi Anti Gratifikasi yang disampaikan oleh Kepala Seksi Kepatuhan Internal, Hadi Susilo yang akrab dipanggil dengan Pak Hadi. Pak Hadi menyampaikan perbedaan gratifikasi, suap dan pungli. Dan juga memaparkan jenis-jenis gratifikasi, gratifikasi yang wajib dan tidak wajib dilaporkan.

            Pada penghujung acara kegiatan sosialisasi diadakan diskusi terkait pemaparan yang telah disampaikan oleh narasumber. Dan sebelum ditutup, Saudari Juliati selaku pemandu acara mengajak kepada seluruh pegawai KPKNL Serang untuk dengan secara tegas berani menolak gratifikasi apapun bentuknya.  

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini