Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Serang > Berita
KPKNL SERANG IKUT SERTA DALAM KEGIATAN KEMENTERIAN KEUANGAN MENGAJAR 3 (KM3)
Teguh Agung Amanuyoso
Kamis, 25 Oktober 2018   |   365 kali


Kegiatan Kementerian Keuangan Mengajar tahun 2018 telah memasuki tahun ketiga. KPKNL Serang sebagai salah satu kantor pelayanan di bawah Kanwil DJKN Banten selalu ikut berpartisipasi dalam kegiatan tersebut yang diselenggarakan pada tanggal  22 Oktober 2018 di wilayah Banten.


Kegiatan Kementerian Keuangan Mengajar (KM3) di wilayah Banten kali ini diikuti oleh para relawan pengajar dari KPP Pratama Cilegon, KPP Pratama Pandeglang, KPP Pratama Serang Barat, KPP Pratama Pondok Aren, KPBC Tangerang, dan KPKNL Serang serta  relawan pengajar perwakilan dari Kementerian Keuangan di luar wilayah Banten seperti KPP Pratama Pekanbaru Tampan dan KPP Pratama Ternate.


KPKNL Serang sebagai salah satu peserta KM3 menurunkan 5 orang relawan pengajar yang ditugaskan pada tiga sekolah dasar di Kota Serang, yaitu Suryanzah Setiadi (SDN Pamarican 1), Ramdhan Kardimansyah (SDN Pamarican 2), Agus Trewulianto, Ayu Nilamsari, dan Luh Putu Candra (SDN Kesatrian). Sebelum kegiatan dimulai, Kepala Kanwil DJKN Banten Tedy Syandriadi berkenan melakukan  briefing  di Kantor Wilayah DJKN Banten terkait teknis di lapangan.


SDN Kesatrian sebagai salah satu sekolah yang mendapatkan kunjungan dari KM3 memulai kegiatan dengan upacara bendera pada pukul 07:00 WIB. Upacara bendera diikuti oleh semua murid SDN Kesatrian termasuk dewan guru, perwakilan Dinas Pendidikan Serang, dan para relawan. Setelah upacara selesai, perwakilan relawan pengajar Luh Putu Candra memperkenalkan diri dan para relawan pengajar lainnya dengan gaya yang santai  hingga membuat para siswa tertawa lepas. Begitu juga yang dilaksanakan oleh relawan dari KPKNL Serang lainnya yaitu Suryanzah Setiadi dan Ramdhan Kardimansyah di SDN Pamarican 1 dan SDN Pamarican 2.


 


Saat Sesi pengajaran, masing-masing relawan pengajar dari KPKNL Serang, KPP Pratama CIlegon, dan KPP Pratama Pandeglang diberi waktu selama 35 menit setiap kelas (Kelas 4A, 5B, dan 6B) untuk memperkenalkan Kementerian Keuangan secara umum, tugas dan fungsi, serta peran Kementerian Keuangan dalam masyarakat. Para pengajar dibantu alat peraga dan media pengajaran yang menarik minat para siswa. Para relawan juga menjadi pembuka cakrawala baru tentang bagaimana negeri ini mengelola perekonomian: membangun jalan, merawat fakir miskin dan anak terlantar, mendirikan rumah sakit, dan sederet tugas penting lainnya. Selain itu materi pengajaran berupa pengenalan APBN dan tugas Kementerian Keuangan pada umumnya, para siswa juga dikenalkan dengan unit Eselon I di bawah Kementerian Keuangan seperti DJP, DJBC dan DJKN.


Pengajaran diselingi dengan ice breaking membuat para siswa semakin bersemangat bahkan ketika sesi pengajaran berakhir beberapa siswa mengerumuni relawan pengajar berharap para relawan pengajar akan hadir lagi pada esok hari. Saat penutupan sesi pengajaran, para siswa diminta untuk membuat pesawat terbang dari secarik kertas dengan menulis nama, kelas dan cita-cita yang diinginkan. Pesawat kertas tersebut kemudian diterbangkan ditengah lapangan upacara, sebagai simbol agar para siswa memiliki keinginan untuk meraih cita-citanya setinggi langit, sebagaimana Kementerian Keuangan yang selalu bercita-cita mengelola keuangan negara secara profesional untuk kemakmuran bangsa dan negara Indonesia tercinta. Dirgahayu Hari Oeang RI ke 72, “Kementerian Keuangan Mengajar, Dari Kami Untuk Negeri.”


Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini