Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Serang > Berita
SOSIALISASI PEMUTAKHIRAN DATA APLIKASI SIMANTAP DI KPKNL SERANG
Teguh Agung Amanuyoso
Kamis, 02 Agustus 2018   |   3176 kali


Dalam rangka kegiatan percepatan sertipikasi BMN berupa tanah satuan kerja di wilayah kerja KPKNL Serang, pada Rabu 01 Agustus 2018, KPKNL Serang yang dimotori oleh Seksi Pengelolaan Kekayaan Negara mengadakan kegiatan sosialisasi pemutakhiran data aplikasi Sistem Informasi Manajemen Pendataan Tanah Pemerintah (SIMANTAP) versi terbaru SIMANTAP Pengguna versi 5.1.2. Peserta yang hadir dalam kegiatan sosialisasi adalah 11 satker yang mengusulkan kegiatan percepatan sertipikasi BMN berupa tanah di tahun 2019 dan satker peserta di tahun berjalan (2018).


Pada kesempatan pertama dalam sambutannya, Kepala KPKNL Serang Abdul Manaf menyampaikan bahwa dalam kegiatan program sertipikasi tanah KPKNL bertindak sebagai mediator yang menjembatani antara satuan kerja dan Kantor Pertanahan, sehingga kelengkapan data awal dari satuan kerja sangat berpengaruh pada proses percepatan program sertipikasi tanah. Dengan adanya kegiatan sosialisasi pemutakhiran data aplikasi SIMANTAP Pengguna versi 5.1.2 ini,  diharapkan percepatan program sertipikasi BMN dapat berjalan dengan lancar dan pelaporan SIMANTAP menjadi lebih baik. Sedangkan Thaus Sugihilmi Arya Putra, Kepala Seksi PKN, KPKNL Serang, dalam laporan pelaksanaan kegiatannya menyampaikan bahwa kegiatan pensertipikatan BMN berupa tanah telah diatur sesuai dengan Peraturan Bersama antara Menteri Keuangan dengan peraturan No.186/PMK.06/2009 dan Kepala BPN RI dengan peraturan No.24 Tahun 2009.


Selanjutnya sebagai kegiatan utama adalah penyampaian materi pemutakhiran data aplikasi SIMANTAP Pengguna versi 5.1.2 yang dipresentasikan oleh Septia Kurniawan, Pelaksana Seksi PKN, KPKNL Serang. Dalam penyampaiannya Septia menjelaskan bahwa aplikasi SIMANTAP Pengguna versi 5.1.2 adalah merupakan versi terbaru dari versi sebelumnya di tahun 2016 yaitu SIMANTAP 4.1.1. Untuk bisa melakukan instalasi aplikasi SIMANTAP Pengguna versi terbaru hal yang dibutuhkan adalah laptop yang telah terinstal SIMANTAP versi sebelumnya, installer update versi terbaru, dan file kirim dari SIMANTAP versi sebelumnya. Para peserta nampak antusias mengikuti panduan yang telah disampaikan untuk melakukan instalasi SIMANTAP Pengguna versi 5.1.2 di laptop masing-masing. Meskipun ada beberapa peserta yang terkendala dalam melakukan penginstalan, namun permasalahannya bisa segera diatasi.


Diharapkan kegiatan sosialisasi pemutakhiran data aplikasi SIMANTAP  Pengguna versi 5.1.2 di KPKNL Serang dapat mendorong percepatan program sertipikasi BMN berupa bidang tanah pada satuan kerja di wilayah kerja KPKNL Serang, sehingga target yang telah ditetapkan dapat tercapai.  (seksi hi kpknl serang)

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini