Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Serang > Berita
Semangat Impelementasi Pengarusutamaan Gender di KPKNL Serang
Teguh Agung Amanuyoso
Senin, 07 Agustus 2017   |   694 kali

Sebagai salah satu peserta lomba Implementasi Pengarusutamaan Gender (PUG) tingkat Kementerian Keuangan RI, KPKNL Serang mendapatkan jadwal kunjungan pertama dari dewan juri pada Kamis, 03 Agustus 2017.

Para dewan juri terdiri dari Pakar dan Praktisi PUG Yulfita Raharjo dan Yurni Satria, serta Suroso, Kepala Bagian Perencanaan, Biro Perencanaan dan Keuangan, Sekretariat Jenderal Kementerian Keuangan RI.

Selain dewan juri, kegiatan tersebut juga dihadiri oleh Kepala Kanwil DJKN Banten Tedy Syandriadi dan Kabag Umum Kanwil DJKN Banten Maya Sartika, perwakilan dari Sekretariat Jenderal Kementerian Keuangan, perwakilan dari Kantor Pusat DJKN yaitu Sekretariat DJKN dan Direktorat Hukum dan Humas DJKN, serta Ariane J. Utomo Pemantau dari AIPEG Australia.

Kegiatan yang diselenggarakan di aula serba guna lantai 2 KPKNL Serang dibuka dengan sambutan  dari Kepala Kanwil DJKN Banten Tedy Syandriadi. Dalam sambutannya Kepala Kanwil berharap agar semangat  implementasi Pengarusutamaan Gender yang sudah ada di KPKNL Serang bisa ditularkan pada KPKNL lainnya yang ada di DJKN, maupun di lingkungan Kanwil DJKN Banten sendiri.

Setelah sambutan dari Kepala Kanwil DJKN Banten dan selingan lagu Indonesia Jaya yang dibawakan oleh group musik akustik KPKNL Serang, acara berlanjut dengan pemaparan dari Kepala KPKNL Serang, Evi Askaryanti.

Dalam paparannya, Kepala Kantor menjelaskan terkait implementasi PUG yang dilaksanakan di KPKNL Serang, mulai dari jumlah dan kompetensi pegawai dalam suatu pekerjaan di tiap seksi, sarana dan prasarana kantor yang bersifat responsif gender, kebijakan yang telah dibuat untuk mendukung implementasi, hingga kegiatan-kegiatan yang telah dilaksanakan oleh KPKNL Serang dalam rangka meningkatkan pemahaman para pegawai di KPKNL Serang tentang PUG, seperti sosialisasi, internalisasi maupun publikasi.

Sebagai penutup dari pemaparan Kepala Kantor, dilakukan pemutaran video testimoni diantaranya dari salah seorang pegawai KPKNL Serang yang merasakan manfaat atas disediakannya ruang laktasi untuk ibu menyusui di KPKNL Serang, testimoni dari salah seorang pegawai satuan kerja yang merasakan manfaat dari fasilitas ruang bermain untuk anak, dan testimoni dari pengguna jasa lelang atas manfaat dari lelang e-auction yang bisa diakses dimanapun oleh siapapun.

Untuk meyakinkan para dewan juri apakah pemahaman PUG di KPKNL Serang sudah sesuai yang diharapkan, sebagai puncaknya maka diadakan sesi tanya jawab antara dewan juri dengan para pegawai KPKNL Serang. Dalam sesi tanya jawab tersebut, seluruh pertanyaan yang diajukan dewan juri dapat dijawab dengan baik oleh para pegawai, dan dewan juri memberikan apresiasi terhadap seluruh jajaran KPKNL Serang.

Acara setelahnya dilanjutkan dengan dewan juri mengunjungi sarana dan prasarana yang responsif gender yang ada di KPKNL Serang. Sebagai penutup dari rangkaian kegiatan, dewan juri diperkenankan untuk menyaksikan pelaksanaan lelang e-auction sebagai salah satu layanan unggulan yang ada di KPKNL Serang, dengan menghadirkan  Maryoso sebagai Pejabat Lelang KPKNL Serang. Selain itu pula diputar video simulasi dari Seksi Pelayanan Penilaian tentang bagaimana proses penilaian yang ada di KPKNL Serang mulai dari permohonan penilaian, verifikasi permohonan, survey lapangan, hingga perhitungan nilai.

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini