Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Sinergi dengan Rumah BUMN BRI Jepara, KPKNL Semarang Gelar Sosialisasi Lelang Kepada Pelaku UMKM di Jepara
Dwito Joko Priyono
Kamis, 29 Februari 2024   |   43 kali

Jepara – Sinergi dalam mendukung usaha pelaku UMKM, Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Semarang bersama Rumah BUMN BRI Jepara menggelar sosialisai lelang produk UMKM di wilayah Jepara Kamis (28/2). Selain untuk mengenalkan dan memasyarakatkan marketplace plat merah milik pemerintah yaitu portal.lelang.go.id, kegiatan ini juga bertujuan untuk memperluas pasar penjualan produk UMKM.

Hadir langsung sebagai keynote speech Fajar Baskoro selaku Pimpinan Cabang BRI (Persero) Cabang Jepara membuka kegiatan sosialisasi yang berlangsung di Rumah BUMN BRI Jepara. Pada sambutannya, Fajar menyampaikan apresiasi kepada seluruh peserta yang hadir dan berharap kegiatan sosialiasi lelang ini dapat membuka peluang para pelaku UMKM untuk memasarkan produknya lebih luas lagi melalui portal.lelang.go.id. “Terima kasih atas sinergi dan kerjasama selama ini yang terjalin dengan baik dengan KPKNL Semarang, khususnya dalam permohonan pelayanan lelang dari BRI Cabang Jepara”, ucap Fajar. “Komitmen kami mendukung pelaku UMKM di wilayah Jepara dengan mengadakan event-event seperti sosialiasi lelang diharapkan menjadi peluang baru bagi para pelaku UMKM untuk memperluas pemasaran produknya ke masyarakat luas, semisal lewat lelang yang diselenggarakan oleh Kementerian Keuangan”, ungkap Fajar.

Memasuki acara inti, Muhammad Fais Mardian selaku Pejabat Fungsional Pelelang Ahli Madya KPKNL Semarang memberikan materi sosialisasi terkait tugas pokok dan fungsi layanan yang diberikan oleh KPKNL Semarang, diantaranya layanan lelang. Fais menggambarkan secara umum serba-serbi pelaksanaan lelang. “Lelang ini peluang besar bagi pelaku UMKM karena market yang sangat luas di seluruh penjuru negeri. Dan pemerintah saat ini hadir melalui portal.lelang.go.id yang diselenggarakan oleh Kementerian Keuangan, berkomitmen mendukung pelaku UMKM untuk menjual produk unggulannya”, jelas Fais.

Selanjutnya guna memberikan gambaran bagaimana  pelaksanaan lelang, Arik Istoto selaku Pejabat Fungsional Pelelang Ahli Pertama KPKNL Semarang menyampaikan simulasi pelaksanaan lelang produk UMKM yang berasal dari pelaku UMKM di wilayah Jepara melalui portal.lelang.go.id. Selain sebagai edukasi, simulasi lelang dimaksud untuk menggaet para peserta sosialiasi yang keseluruhannya merupaka pelaku UMKM, untuk menjual produk-produknya melalui lelang.go.id. Arik menjelaskan langkah-langkah serta keunggulan dan manfaat yang diperoleh dengan memasarkan produknya melalui portal.lelang.go.id.

Ajakan para narasumber berbuah manis. Pada sesi diskusi dan tanya jawab peserta sosialisasi sangat antusias menunjukan ketertarikan mereka untuk menjual produk-produk UMKM melalui portal.lelang.go.id. Harapan para pelaku UMKM tersebut untuk menjangkau pasar yang lebih luas dan mengenalkan produk-produk khas dari daerah untuk bisa dijual ke seluruh penjuru negeri.

Kegiatan sosialisasi lelang tersebut, selain sebagai sarana memasyarakatkan lelang kepada pelaku UMKM maupun masyarakat secara luas, juga merupakan salah satu bagian dari rangkaian event dalam rangka memeriahkan 116 Tahun Lelang Indonesia.

“116 Tahun Lelang Indonesia, Kolaborasi Insan Lelang Indonesia Menuju Pasar Lelang Dunia”

(Seksi Hukum dan Informasi)

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini