Jepara – Sinergi dalam mendukung usaha pelaku UMKM,
Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Semarang bersama Rumah BUMN
BRI Jepara menggelar sosialisai lelang produk UMKM di wilayah Jepara Kamis (28/2).
Selain untuk mengenalkan dan memasyarakatkan marketplace plat
merah milik pemerintah yaitu portal.lelang.go.id, kegiatan ini juga bertujuan
untuk memperluas pasar penjualan produk UMKM.
Hadir langsung sebagai keynote speech Fajar
Baskoro selaku Pimpinan Cabang BRI (Persero) Cabang Jepara membuka kegiatan
sosialisasi yang berlangsung di Rumah BUMN BRI Jepara. Pada sambutannya, Fajar
menyampaikan apresiasi kepada seluruh peserta yang hadir dan berharap kegiatan
sosialiasi lelang ini dapat membuka peluang para pelaku UMKM untuk memasarkan
produknya lebih luas lagi melalui portal.lelang.go.id. “Terima kasih atas
sinergi dan kerjasama selama ini yang terjalin dengan baik dengan KPKNL
Semarang, khususnya dalam permohonan pelayanan lelang dari BRI Cabang Jepara”,
ucap Fajar. “Komitmen kami mendukung pelaku UMKM di wilayah Jepara dengan
mengadakan event-event seperti sosialiasi lelang diharapkan menjadi peluang
baru bagi para pelaku UMKM untuk memperluas pemasaran produknya ke masyarakat
luas, semisal lewat lelang yang diselenggarakan oleh Kementerian Keuangan”, ungkap
Fajar.
Memasuki acara inti, Muhammad Fais Mardian selaku
Pejabat Fungsional Pelelang Ahli Madya KPKNL Semarang memberikan materi
sosialisasi terkait tugas pokok dan fungsi layanan yang diberikan oleh KPKNL
Semarang, diantaranya layanan lelang. Fais menggambarkan secara umum
serba-serbi pelaksanaan lelang. “Lelang ini peluang besar bagi pelaku UMKM
karena market yang sangat luas di seluruh penjuru negeri. Dan
pemerintah saat ini hadir melalui portal.lelang.go.id yang diselenggarakan oleh
Kementerian Keuangan, berkomitmen mendukung pelaku UMKM untuk menjual produk
unggulannya”, jelas Fais.
Selanjutnya guna memberikan gambaran
bagaimana pelaksanaan lelang, Arik Istoto selaku Pejabat Fungsional
Pelelang Ahli Pertama KPKNL Semarang menyampaikan simulasi pelaksanaan lelang
produk UMKM yang berasal dari pelaku UMKM di wilayah Jepara melalui
portal.lelang.go.id. Selain sebagai edukasi, simulasi lelang dimaksud untuk
menggaet para peserta sosialiasi yang keseluruhannya merupaka pelaku UMKM,
untuk menjual produk-produknya melalui lelang.go.id. Arik menjelaskan
langkah-langkah serta keunggulan dan manfaat yang diperoleh dengan memasarkan
produknya melalui portal.lelang.go.id.
Ajakan para narasumber berbuah manis. Pada sesi
diskusi dan tanya jawab peserta sosialisasi sangat antusias menunjukan
ketertarikan mereka untuk menjual produk-produk UMKM melalui
portal.lelang.go.id. Harapan para pelaku UMKM tersebut untuk menjangkau pasar
yang lebih luas dan mengenalkan produk-produk khas dari daerah untuk bisa
dijual ke seluruh penjuru negeri.
Kegiatan sosialisasi lelang tersebut, selain
sebagai sarana memasyarakatkan lelang kepada pelaku UMKM maupun masyarakat
secara luas, juga merupakan salah satu bagian dari rangkaian event dalam rangka
memeriahkan 116 Tahun Lelang Indonesia.
“116 Tahun Lelang Indonesia, Kolaborasi Insan
Lelang Indonesia Menuju Pasar Lelang Dunia”
(Seksi Hukum dan Informasi)