Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 500-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Semarang > Berita
Optimis Peroleh Predikat ZI WBK, KPKNL Semarang Laksanakan Observasi Lapangan Bersama TPK Inspektorat Jenderal
Iwan Kurniawan
Rabu, 18 Oktober 2023   |   79 kali

Semarang, 17 Oktober 2023 – Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Semarang menerima kunjungan dari Tim Inspektorat Jenderal (Itjen) Kementerian Keuangan dalam rangka Observasi Lapangan atas evaluasi pembangunan predikat Zona Integritas Wilayah Bebas dari Korupsi (ZI-WBK) Tahun 2023. Kegiatan penilaian one on one meeting yang berlangsung secara luring oleh Tim Penilai Kementerian (TPK) dipimpin langsung oleh Ketua Tim dari Itjen Kemenkeu, Fajar Restu Wibowo dengan Pengendali Mutu Drs. Erwin Silaen, Ak., M.B.A, serta Pengendali Teknis Anne Akbari Nurfiana, Ak., M.B.A.

Sebelumnya KPKNL Semarang telah sukses melalui tahapan pemenuhan dokumen-dokumen komponen pengungkit dan juga tahapan survei kepada stakeholder serta kunjungan dari mystery shopper yang melakukan observasi lapangan ke KPKNL Semarang. KPKNL Semarang juga sebelumnya telah selesai melewati tahapan Field Evaluation pada tanggal 25 Agustus 2023 lalu, dilaksanakan one on one meeting  secara online melalui Ms Teams Meeting dengan Tim Penilai Kementerian (TPK), yaitu Inspektorat IV Itjen Kementerian Keuangan dengan agenda Wawancara dan Office Tour.

Pada kegiatan observasi lapangan kali ini, Tim dari Itjen Kemenkeu melakukan evaluasi lebih mendalam atas kegiatan field evaluation yang sebelumnya telah dilakukan. Pemaparan dari KPKNL Semarang yang dikomandoi oleh Justinus Benni Indrianto selaku Ketua Tim Pembangunan ZIWBK KPKNL Semarang Tahun 2023. Benni beserta tim memaparkan program kerja serta inovasi-inovasi yang menjadi andalan KPKNL Semarang untuk meningkatkan layanan kepada seluruh pengguna layanan, maupun untuk meningkatkan kinerja internal KPKNL Semarang. Diskusi dan tanya jawab antara Tim Penilai Itjen dengan Tim Pembangunan ZIWBK KPKNL Semarang berlangsung atas inovasi yang telah diaplikasikan serta dampak maupun manfaat yang diperoleh atas inovasi tersebut.

Observasi lapangan berlanjut dengan kegiatan Office Tour diseluruh sudut ruangan KPKNL Semarang, dari ruang layanan, ruang kerja, serta fasilitas pendukung lainnya. Pada office tour tersebut, Tim Penilai Itjen juga melakukan wawancara kepada beberapa pengguna layanan untuk memperoleh testimoni atas layanan yang diberikan kepada KPKNL Semarang. Tak luput juga wawancara dengan beberapa pegawai tentang kinerja serta tantangannya dalam memberikan layanan kepada pengguna layanan.

Pada akhir kegiatan, dilakukan evaluasi dari Tim Penilai Itjen atas observasi lapangan yang telah dilakukan. Ketua Tim Penilai Fajar Restu Wibowo menyampaikan beberapa catatan atas inovasi yang telah diaplikasikan oleh KPKNL Semarang. “Atas inovasi baik untuk eksternal maupun internal diharapkan memberikan manfaat nyata bagi pengguna layanan maupun intern KPKNL Semarang”, ungkap Fajar. Pada kesempatan yang sama Pengendali Teknis Anne Akbari Nurfiana, menyampaikan beberapa catatan untuk dioptimalkan inovasi maupun kepuasan pengguna layanan agar diperoleh manfaat sebesar-besarnya. Selanjutnya menutup kegiatan observasi lapangan tersebut, Pengendali Mutu Drs. Erwin Silaen berharap program kerja maupun inovasi yang telah dilakukan oleh KPKNL Semarang dapat memberikan dampak positif dengan menjaga nilai-nilai integritas, sehingga nantinya KPKNL Semarang bisa berhasil meraih predikat ZIWBK di tahun 2023 ini. Benni, Ketua Tim Pembangunan ZI WBK KPKNL Semarang menyampaikan terima kasih kepada seluruh Tim Penilai Itjen, dan akan segera memperbaiki beberapa kekurangan maupun meningkatkan layanan berdasarkan hasil observasi dan catatan-catatan dari Tim Penilai Itjen sebagai upaya memperoleh predikat Zona Integritas Wilayah Bebas dari Korupsi di tahun 2023 ini.

(Foto dan Narasi : Seksi HI)

Foto Terkait Berita
Kontak
Jalan Imam Bonjol No. 1D, Gedung Keuangan Negara Semarang II Lantai 4, Semarang - 50173
(024) 3542272
(024) 3520635
kpknlsemarang@kemenkeu.go.id
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini