Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Persiapan Pembangunan ZI WBK, BPS Kabupaten Kutai Kartanegara Studi Tiru ke KPKNL Samarinda
Linta Atina Rahmah
Jum'at, 04 Maret 2022   |   146 kali

Samarinda (4/03/2022), KPKNL Samarinda menerima kunjungan dari Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Kutai Kartanegara, Srie Sis Sugianto, beserta jajarannya di Ruang Rapat Lantai 1. Kunjungan ini dalam rangka persiapan pembangunan Zona Integritas Wilayah Bebas dari Korupsi pada BPS Kabupaten Kutai Kartanegara. Kegiatan sharing session ini dipimpin langsung oleh Kepala KPKNL Samarinda, Bimo Aryo, didampingi oleh Kepala Kepatuhan Internal, Putu Tuafani Kusumayani, Kepala Seksi Piutang Negara, Siti Badriyah, Pelaksana Seksi Kepatuhan Internal, Ahmad Firmansyah, dan Pelaksana Seksi Hukum dan Informasi, Linta Atina Rahmah.

Studi tiru ini dilakukan guna menambah wawasan dan pengetahuan terkait terobosan dan inovasi yang telah diterapkan KPKNL Samarinda sehingga dapat meraih predikat Kantor ZI WBK pada tahun 2020 lalu. Beberapa critical point dalam pembangunan ZI WBK meliputi pimpinan harus menjadi role model, publikasi dan public campaign, pembahasan terkait Nilai Kinerja Organisasi (NKO), inovasi pelayanan, penguatan pengawasan, dan intimasi pengguna layanan.

Inovasi pada KPKNL Samarinda meliputi Inovasi Unggulan, Internal, Eksternal, dan Inovasi dalam Pengawasan. Dalam penguatan pengawasan pegawai di lingkungan KPKNL Samarinda, salah satu tools yang digunakan adalah membuat peta risiko fraud pegawai.

“Kami tidak menjadikan pembangunan ZI WBK ini sebagai  beban yang berat, namun justru memanfaatkan momen ini sebagai upaya dalam memperbaiki kinerja KPKNL Samarinda, karena di enam sistem pengungkit ini semua berorientasi pada pelayanan dan perbaikan internal”, sebut Kepala KPKNL Samarinda.

“Kami yakin, sebenarnya kegiatan yang dituangkan dalam beberapa daerah pengungkit telah dilaksanakan di BPS Kab. Kutai Kartanegaran tetapi mungkin dokumentasinya saja yang belum dilaksanakan sepenuhnya”, sebut Bimo Aryo dalam paparannya.

Bimo Aryo juga menegaskan bahwa pembangunan ZI WBK tidak hanya tugas perwakilan kantor melainkan tugas bersama seluruh jajaran. Ia juga menegaskan bahwa, “KPKNL Samarinda bersedia bersinergi dan berkolaborasi dengan BPS Kutai Kartanegara maupun stakeholder manapun dalam proses mewujudkan perbaikan layanan ataupun dalam hal pembangunan ZI WBK/ WBBM”.

 “Terima kasih yang telah menerima kami dalam hal studi tiru pembangunan ZI WBK di BPS Kutai Kartanegara. Inovasi yang dimiliki KPKNL Samarinda membuka wawasan kami dalam hal penerapan inovasi di kantor kami. Kedepannya mugkin ada beberapa inovasi KPKNL yang dapat kami modifikasi ataupun replikasi”, tutur Kepala BPS Kab. Kutai Kartanegara. (HI/LAR)

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini