Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Samarinda Sosialisasikan Sipesut.com dan Gandeng Kantah Terkait Penerbitan SKPT
Detami Pradiksa
Kamis, 22 Juli 2021   |   215 kali

Hari ini (22/7) KPKNL Samarinda melaksanakan sosialisasi secara virtual kepada stakeholder. Sosialisasi yang disampaikan terkait dengan aplikasi baru KPKNL Samarinda berupa APT Online yang diberi nama sipesut.com. Selain itu, dengan menggandeng Kantor Pertanahan (Kantah) Kota Samarinda, stakeholder juga diberikan sosialisasi terkait proses penerbitan Surat Keterangan Pendaftaran Tanah (SKPT) secara elektronik. Acara tersebut dihadiri oleh 44 (empat puluh empat) stakeholder yang terdiri dari pejabat/pegawai kantor pelayanan pajak (KPP) Pratama, pejabat/pegawai bank Nasional/daerah, pejabat/pegawai Pengadilan Negeri/Agama Samarinda dan Balai Lelang Kelas II yang berada di wilayah kerja KPKNL Samarinda.

Acara yang diselenggarakan oleh seksi Lelang KPKNL Samarinda tersebut, dilaksanakan dalam rangka meningkatkan pemahaman pegawai dan stakeholder KPKNL Samarinda terkait penerapan penerbitan SKPT secara elektronik sesuai dengan Peraturan Menteri Agraria dan Tata Ruang/ Kepala Badan Pertanahan Nasional RI Nomor 5 Tahun 2017 tentang Layanan Informasi Pertanahan Secara Elektronik. SKPT merupakan salah satu dokumen yang wajib dilampirkan dalam pengajuan permohonan lelang untuk memastikan bahwa tanah dan/atau bangunan yang akan di lelang tidak bermasalah. Di mulai sejak pukul 14.00 WITA, acara di buka oleh kepala KPKNL Samarinda Bimo Aryo dilanjutkan dengan pemaparan dari Fauzan Ramon selaku Kepala Seksi Penetapan Hak dan Pendaftaran Kantor Pertanahan Kota Samarinda. Untuk materi proses penerbitan SKPT secara elektronik disampaikan oleh Alifia selaku pegawai di Kantor BPN Kota Samarinda. Hal ini dilakukan karena pihak BPN merupakan lembaga yang memiliki wewenang untuk mengeluarkan produk tersebut sehingga peserta undangan yang hadir dapat bertanya dan diskusi secara langsung jika memiliki kendala dalam pengajuan penerbitan SKPT untuk keperluan lelang.

Setelah acara tanya jawab terkait penerbitan SKPT selesai, acara dilanjutkan dengan sosialisasi sipesut.com oleh Rafi Taufiqurohman selaku PIC aplikasi sipesut.com KPKNL Samarinda. Dalam pemaparannya Rafi sekaligus mempraktekkan cara mengajukan permohonan konsultasi melalui web sipesut.com. Aplikasi ini nantinya yang akan digunakan untuk memberikan pelayanan selain menggunakan layanan via whatsapp.

 

Deta/HI KPKNL Smd

 

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini