Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Integritas Bukan Hanya diatas Kertas Namun Dilaksanakan di Setiap Aktivitas
Panji Iskandar Panca Sakti
Jum'at, 07 Februari 2020   |   315 kali

Jum'at (07/02), KPKNL Samarinda melaksanakan Pencanangan Pembangunan Zona Integritas Menuju Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) pada Rabu (05/02) di Aula Lt 2 Kantor Wilayah DJKN Kalimantan Timur dan Utara. Acara ini diikuti oleh beberapa tamu undangan yang dijadikan sebagai saksi diantaranya Kepala Perwakilan Ombudsman Kalimantan Timur, Kepala Kejaksaan Negeri Samarinda dan Kepala Pengadilan Negeri Samarinda serta Beberapa Satuan Kerja di Wilayah Kerja KPKNL Samarinda.

“KPKNL Samarinda sudah melakukan berbagai upaya perbaikan oleh karena Itu dibutuhkan dukungan dari Pengguna Jasa KPKNL Samarinda sangat diperlukan untuk Pengelolaan Aset negara yang makin baik” ujar Bimo Aryo, Kepala KPKNL Samarinda saat menyampaikan Sambutan pada kegiatan tersebut.

Dari perkataan beliau tersebut, dapat disimpulkan bahwa sekarang ini KPKNL Samarinda terus menerus melakukan perbaikan dalam segala lini, diantaranya melakukan beberapa percepatan dalam Pelayanan Pengelolaan Kekayaan Negara. Kerjasama yang baik antara KPKNL Samarinda dan seluruh pemangku kepentingan serta pengguna jasa KPKNL Samarinda sangat diperlukan untuk menciptakan suasana kerja yang optimal sehingga seluruh tugas dan fungsi KPKNL Samarinda dalam melayani setiap Stakeholder dapat terlaksana dengan baik dan maksimal.

“Mohon jangan memberikan suatu apapun kepada kami maupun staff kami apabila anda semua mendapatkan pelayanan yang memuaskan. Tolong bantu kami dalam menegakkan integritas.” Imbuh beliau dalam menutup sambutan dan tak lupa beliau meminta doa dan dukungan dari seluruh pihak agar KPKNL Samarinda pada tahun 2020 dapat memperoleh Predikat Kantor yang Bebas dari Korupsi dan menjadi Kantor dengan Birokrasi Bersih Melayani.

Sementara itu Kepala Kanwil DJKN Kalimantan Timur dan Utara, Bapak Surya Hadi dalam sambutannya beliau  mengutip perkataan Menteri Keuangan Republik Indonesia, Ibu Sri Mulyani Indrawati bahwa Berani melakukan perubahan dan melawan Korupsi adalah sesuatu yang membuat kita lebih dihargai, beliau juga menambahkan suatu cerita dikala Ibu Menteri Keuangan ditanya oleh wartawan “Ibu menteri ibu lebih memilih pegawai yang punya kinerja yang bagus, Professional kerja, Produktif tapi integritasnya yang nol atau Ibu lebih senang pegawai berintegritas tinggi tapi intelejensinya kurang, dan beliau mengatakan kami lebih menyukai pegawai yang berintegritas”. Lebih jauh, Pak Surya biasa beliau dipanggil mengatakan bahwa “Kalo di TNI, NKRI harga mati, jadi integritas itu harga mati bagi kami.”

Dikesempatan Lain, Bapak Kurharyanto selaku Kepala Perwakilan Ombudsman Provinsi Kalimantan Timur dalam sambutannya beliau mengharapkan dengan Pencanangan KPKNL Samarinda dalam Pembanguna Zona Integritas Menuju Wilayah Bebas dari Korupsi ini, dapat mempertegas Integritas yang sudah kita lakukan selama ini menjadi lebih kuat lagi. Menutup sambutannya beliau berpesan kepada seluruh hadirin yang datang bahwa “Integritas itu bukan hanya diatas kertas namun dijalankan dalam setiap Aktivitas”.

Sebagai komitmen bersama, Kepala KPKNL Samarinda mewakili seluruh pegawai membacakan Deklarasi Pencanangan dan dilanjutkan Penandatanganan Piagam Pencanangan Pembangunan Zona Integritas menuju Wilayah Bebas dari Korupsi oleh beberapa saksi diantaranya Perwakilan Kapolresta Samarinda, Perwakilan Danrem 091/Aji Suryanata Kesuma, Kepala Perwakilan BPK RI Provinsi Kalimantan timur dan Beberapa pemangku kepentingan lainnya.

Dalam Deklarasi yang dibacakan, KPKNL Samarinda berkomitmen dalam

(1) Membangun Zona Integritas Menuju Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih Melayani ( WBBM )

(2) Mewujudkan Tata Kelola Pemerintahan yang Bebas dari Korupsi, Kolusi dan Nepotisme dalam pelaksanaan Tugas dan Fungsi KPKNL Samarinda

(3) Memberikan Pelayanan yang Optimal dan Perbaikan yang Berkelanjutan

Acara dilanjutkan dengan Pemberian Apresiasi kepada Stakeholder dengan Kinerja Terbaik pada Tahun 2019 yang dibagi dalam beberapa Kategori diantaranya :

-          Satuan Kerja dengan Persentase Nilai Utilisasi Tertinggi yang diraih oleh Balai Penelitian dan Pengembangan Teknologi Konservasi Sumber Daya Alam (BP2TKSDA)

-          Satuan Kerja dengan Optimalisasi Barang Milik Negara Terbaik diraih oleh Distrik Navigasi Kelas I Samarinda

-          Satuan Kerja dengan Penyelesaian Piutang Negara Tertinggi tahun 2019 diraih Oleh BPJS Ketenagakerjaan cabang Samarinda

Acara ditutup dengan Penandatanganan Spanduk dukungan dari seluruh Peserta kepada KPKNL Samarinda dalam Pembangunan Zona Integritas dan Meraih Kantor dengan Predikat Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM) serta ditutup dengan Foto Bersama. (hi_pips)

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini