Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
SOSIALISASI PIUTANG NEGARA DI UNIVERSITAS MULAWARMAN
Eko Priyanto
Senin, 03 Desember 2018   |   274 kali

Samarinda- Pada tanggal 21 November 2018 KPKNL Samarinda menghadiri undangan Universitas Mulawarman dalam rangka Sosialisasi Piutang Negara di Ruang Rapat Rektorat.

 

KPKNL Samarinda dalam acara tersebut menghadirkan Kepala KPKNL Samarinda Nikodemus Sigit Rahardjo, Kepala Seksi Piutang Negara Siti Badriyah beserta beberapa staff. Sedangkan dari pihak Universitas Mulawarman (Unmul) di wakili oleh beberapa pejabat dan staff di Unmul.

 

Wakil Rektor III bidang Sumber Daya Manusia, Umum dan Keuangan Unmul Dr. Ir. H. Abdunnur, M.Si membuka acara sosialisasi tersebut. Dalam sambutannya, Abdunnur mengemukakan problema yang dihadapi Unmul dalam bidang Keuangan dan menjadi temuan Badan Pemeriksa Keuangan pada tahun 2017. Oleh karena itu, mereka mengundang KPKNL untuk memberikan pencerahan dalam bidang piutang negara, aset dan juga lelang.

 

Kepala KPKNL Samarinda dalam paparannya menyampaikan bahwa KPKNL merupakan salah satu instansi pemerintah yang mempunyai tugas dan fungsi yang mencakup beberapa bidang yakni piutang negara, pengelolaan aset negara  dan juga lelang.

Niko, demikian sapaan akrabnya mengemukakan bahwa di bidang piutang negara, KPKNL dalam hal ini melalui Panitia Urusan Piutang Negara (PUPN) menjadi satu-satunya lembaga yang berwenang dalam pengurusan piutang negara baik untuk melakukan penagihan ataupun rekomendasi penghapusan piutang negara. Dalam pengurusan piutang negara, ada beberapa proses yang ditempuh oleh PUPN mulai dari Penerimaan Piutang Negara, penagihan hingga menerbitkan Surat Lunas atau Penghapusan Piutang yang bersifat sementara. Piutang yang dapat diurus oleh KPKNL dalam hal ini PUPN adalah piutang yang ada dan besarnya sudah pasti.  Sehingga sebuah piutang negara harus benar-benar valid datanya agar dapat dilakukan pengurusannya. Pada akhir paparannya, Kepala KPKNL menyampaikan harapannya agar dapat terjalin kerja sama yang erat antara Unmul dan KPKNL dalam berbagai bidang yang terkait dengan tugas dan fungsi KPKNL.

 

               Acara dilanjutkan dengan diskusi dan pada penutupan acara ini, Wakil rektor III Unmul berharap dengan adanya penjelasan dari KPKNL ini membantu Unmul dalam menyelesaikan beberapa kendala yang ditemui dalam bidang keuangan dan aset negara. Abdunnur juga berharap terjalin sinergi yang baik antara pihak Unmul dan KPKNL dimasa mendatang dalam rangka mewujudkan pengelolaan keuangan negara yang lebih baik untuk kemajuan dan kemakmuran masyarakat. (HI KPKNL Samarinda)

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini