Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Menuju Suksesnya Revaluasi BMN 2018
Eko Priyanto
Rabu, 13 Desember 2017   |   170 kali

SAMARINDA - Untuk memperlancar pelaksanaan Revaluasi BMN Tahun 2018, KPKNL Samarinda mengadakan kegiatan Bimbingan Teknik (Bimtek)  bagi Satuan Kerja  yang menjadi target Revaluasi BMN pada tahun 2018 mendatang. Bimtek dilaksanakan selama dua hari yakni pada 11-12 Desember 2017, bertempat di Ruang Rapat KPKNL Samarinda.

Pelaksanaan Bimtek di buka Kepala KPKNL Samarinda, Nikodemus Sigit Rahardjo. Pada sambutannya, Kepala KPKNL menyampaikan latar belakang dan kebijakan pelaksanaan Program Revaluasi BMN yang menjadi program Nasional sejak tahun 2017 hingga akhir 2018. Pria yang akrab disapa dengan Niko tersebut menyampaikan harapan agar pelaksanaan Revaluasi BMN ditahun 2018 berjalan lebih baik dibanding tahun 2017 ini. Sehingga target yang telah ditetapkan dapat dicapai dengan lancar dan tepat waktu.

Selain itu, Niko juga menyampaikan harapan agar seluruh Satuan Kerja yang menjadi target Revaluasi BMN di tahun 2018 dapat bekerja sama dengan baik bersama Tim Pelaksana yang berasal dari DJKN, pada saat pelaksanaannya nanti. Karena revaluasi BMN ini bukan hanya menjadi kepentingan DJKN selaku pengelola BMN tapi juga Kementerian/Lembaga selaku Pengguna akan merasakan manfaat dengan adanya program ini. Oleh karena itu kerjasama yang baik antara Satuan Kerja sebagai perwakilan dari Kementerian/Lembaga dengan Tim Pelaksana Revaluasi BMN sangat diperlukan.

Pada sesi selanjutnya disampaikan evaluasi pelaksanaan Revaluasi BMN tahun 2017 yang sedang berjalan Kepala Seksi Pengelolaan Kekayaan Negara, Sandiyan. Dalam paparannya, pria yang akrab disapa dengan Sandi  ini mengemukakan kendala-kendala yang ditemui selama pelaksanaan Revaluasi BMN yang tengah berlangsung saat ini.  Dengan telah diinventarisasinya beberapa kendala pada saat ini, diharapkan di tahun 2018 kendala tersebut dapat teratasi sehingga tidak menghambat pelaksanaan Revaluasi BMN. Pada kesempatan itu juga dijaring masukan dari satuan kerja terhadap kendala yang ada dan juga mendeteksi kemungkinan kendala yang akan ditemui serta menyiapkan mitigasi resikonya.

Acara selanjutnya adalah bimbingan kepada satker terkait teknis pelaksanaan revaluasi BMN yang disampaikan oleh Kepala Seksi Penilaian, Awaludin. Dalam bimbingan teknis ini disampaikan tata cara persiapan, pelaksanaan, dan tindak lanjut hingga pelaksanaan rekonsiliasi setelah selesai pelaksanaan revaluasi BMN. Dalam tahap-tahap ini diharapkan Satuan Kerja dapat berpartisipasi secara aktif dalam revaluasi BMN. Berbagai hal yang diperlukan sebagai data awal revaluasi BMN sudah harus dapat disiapkan oleh Satker sebelum Tim Pelaksana melakukan pemeriksaan lapangan.

Dengan adanya Bimtek ini diharapkan kerja sama antara satker dengan KPKNL dapat berjalan lebih baik lagi sehingga program Revaluasi BMN di tahun 2018 dapat terlaksana dengan lancar, tepat waktu, dan sesuai dengan target yang telah ditetapkan. (Kopri)

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini