Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
E-Auction, Cara Lelang Masa Depan
Eko Priyanto
Rabu, 15 November 2017   |   10653 kali

Samarinda - Sosialisasi Lelang Elektronik atau lebih dikenal dengan e-Auction digelar di Ruang Pertemuan Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Samarinda selama 2 hari, Senin dan Selasa, 13 dan 14 Nopember 2017. Acara ini mengundang para pengguna jasa lelang baik dari kalangan Perbankan maupun Satuan Kerja.

Kepala KPKNL Samarinda, Nikodemus Sigit Rahardjo yang membuka acara sosialisasi ini menyampaikan bahwa untuk Barang Milik Negara (BMN) sejak dari proses perencanaan hingga penghapusan termasuk penjualan akan melibatkan KPKNL. Dalam hal penjualan BMN ada  keharusan dilakukan melalui proses lelang. “Lelang yang dimasa lalu dilakukan secara konvensional yakni dengan kehadiran peserta pada saat lelang, saat ini sudah tersedia cara dengan lelang elektronik atau e-Auction,” ungkap Niko. “Namun demikian karena berbagai hal masih ada lelang yang diadakan secara mengkombinasikan cara lelang konvensional dan e-Auction dikenal dengan e-Konvensional yaitu penyetoran uang jaminan secara elektronik dengan Virtual Account tapi pelaksanaan lelangnya dengan cara konvensional, “ ujarnya lebih lanjut.

Pada masa mendatang akan dimaksimalkan cara lelang dengan e-Auction ini, sehingga dirasa perlu menyosialisasikannya kepada para pengguna jasa lelang, sehingga pengguna jasa lelang akan lebih mengetahui kelebihan e-Auction. Lelang dengan cara e-Auction memungkinkan barang yang dijual bisa dilihat masyarakat diseluruh wilayah Indonesia tidak terbatas diwilayah dimana barang tersebut berada atau terbatas wilayah KPKNL tempat barang dijual. Sehingga peluang untuk suatu barang terjual akan lebih besar dan pembeli tidak perlu hadir secara langsung ketika pelaksanaan lelang.

Acara kemudian dilanjutkan dengan penjelasan tentang tata cara e-Auction oleh Pejabat Lelang KPKNL Samarinda, dalam sesi ini disampaikan secara teknis dan detil pelaksanaan e-Auction. Untuk pelaksanaan lelang ini memang diperlukan akses internet agar dapat mengakses barang-barang yang dijual dan kemudian melakukan penawaran. Semua hal teknis dan tata cara pelaksanaan lelang elektronik dijelaskan secara gamblang oleh Supang Prijana, Pejabat Lelang KPKNL Samarinda.

Di hari kedua, selain sosialisasi e-Auction juga dilakukan evaluasi pelaksanaan lelang yang selama ini telah dilakukan. Kali ini peserta sosialisasi berasal dari kalangan perbankan.  Materi sosialisasi disampaikan oleh Supang Prijana dan Dhastine Evelina, dua orang pejabat lelang KPKNL Samarinda.

Acara ini ditutup oleh Kepala Seksi Lelang KPKNL Samarinda, Eny Widiyanti, yang menyampaikan harapan agar dimasa mendatang kerja sama yang telah terjalin selama ini antara KPKNL dan pengguna jasa khususnya perbankan dapat berjalan lebih baik lagi dan dengan e-Auction barang yang dilelang laku terjual. (HI KPKNL Samarinda)

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini