Arsip merupakan salah satu faktor penting
yang menunjang kelancaran pelaksanaan kegiatan di suatu instansi, oleh karena
itu perlunya dilakukan pengelolaan arsip dan penataan arsip yang tepat dan
efisien sehingga dapat menjamin ketersediaan informasi secara cepat, tepat, dan
pasti.
Meski demikian, nyatanya masih saja
terdapat pegawai yang kurang aware mengenai pentingnya pengelolaan arsip
seperti terdapat berkas/dokumen numpuk, arsip yang terselip/tercecer sehingga
sulit ditemukan.
Aplikasi Sistem Arsip (SIAP) KPKNL
Samarinda hadir sebagai tools untuk membantu dan mempermudah
proses pengelolaan arsip di KPKNL Samarinda. Dikembangkan oleh Wirta selaku
Kepala Seksi Kepatuhan Internal, Aplikasi SIAP Arsip KPKNL Samarinda
mengakomodir database arsip yang memuat daftar arsip aktif dan
inaktif, arsip usul pindah dan musnah, daftar peminjaman arsip dan materi
tentang kearsipan.
Di era digital ini, hadirnya Aplikasi SIAP
Arsip KPKNL Samarinda mampu mempermudah proses pengelolaan arsip menjadi lebih
fleksibel. Aplikasi ini dirancang berbasis web dan smartphone sehingga
dapat diakses di mana saja dan kapan saja selama tersedia jaringan internet. Di
samping itu, Aplikasi SIAP Arsip KPKNL Samarinda juga memuat database
arsip secara lengkap dan detail.
Aplikasi SIAP Arsip KPKNL Samarinda
dikembangkan dengan banyak fitur yang memudahkan pengguna untuk melakukan
penginputan maupun pencarian berkas/arsip. Salah satunya adalah fitur search
yang dapat mencari kata yang telah diinput pada database berkas dan isi
berkas, sehingga dengan sangat memudahkan bagi pengguna untuk mencari di mana
arsip tersebut disimpan hanya dengan memasukkan kata kunci atau keyword-nya.
Penulis: Ahmad Firmansyah