Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Samarinda > Artikel
Wujudkan Pengelolaan Arsip yang Lebih Baik dengan Aplikasi SIAP Arsip KPKNL Samarinda
Meylida Widyaningrum
Sabtu, 21 Oktober 2023   |   91 kali

Arsip merupakan salah satu faktor penting yang menunjang kelancaran pelaksanaan kegiatan di suatu instansi, oleh karena itu perlunya dilakukan pengelolaan arsip dan penataan arsip yang tepat dan efisien sehingga dapat menjamin ketersediaan informasi secara cepat, tepat, dan pasti.

Meski demikian, nyatanya masih saja terdapat pegawai yang kurang aware mengenai pentingnya pengelolaan arsip seperti terdapat berkas/dokumen numpuk, arsip yang terselip/tercecer sehingga sulit ditemukan.

Aplikasi Sistem Arsip (SIAP) KPKNL Samarinda hadir sebagai tools untuk membantu dan mempermudah proses pengelolaan arsip di KPKNL Samarinda. Dikembangkan oleh Wirta selaku Kepala Seksi Kepatuhan Internal, Aplikasi SIAP Arsip KPKNL Samarinda mengakomodir database arsip yang memuat daftar arsip aktif dan inaktif, arsip usul pindah dan musnah, daftar peminjaman arsip dan materi tentang kearsipan.

Di era digital ini, hadirnya Aplikasi SIAP Arsip KPKNL Samarinda mampu mempermudah proses pengelolaan arsip menjadi lebih fleksibel. Aplikasi ini dirancang berbasis web dan smartphone sehingga dapat diakses di mana saja dan kapan saja selama tersedia jaringan internet. Di samping itu, Aplikasi SIAP Arsip KPKNL Samarinda juga memuat database arsip secara lengkap dan detail.

Aplikasi SIAP Arsip KPKNL Samarinda dikembangkan dengan banyak fitur yang memudahkan pengguna untuk melakukan penginputan maupun pencarian berkas/arsip. Salah satunya adalah fitur search yang dapat mencari kata yang telah diinput pada database berkas dan isi berkas, sehingga dengan sangat memudahkan bagi pengguna untuk mencari di mana arsip tersebut disimpan hanya dengan memasukkan kata kunci atau keyword-nya.

Penulis: Ahmad Firmansyah

Disclaimer
Tulisan ini adalah pendapat pribadi dan tidak mencerminkan kebijakan institusi di mana penulis bekerja.
Foto Terkait Artikel
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini