Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Hadapi Dinamika Organisasi Yang Challenging, KPKNL Purwakarta Solidkan Diri di Rapat DKO Triwulan IV 2020
Irfan Fanasafa
Jum'at, 08 Januari 2021   |   167 kali

Purwakarta – Dalam rangka evaluasi capaian kinerja hingga triwulan IV 2020 dan mitigasi risiko pencapaian target kinerja di tahun 2021, KPKNL Purwakarta menyelenggarakan Dialog Kinerja Organisasi (DKO) pada hari Kamis, 07 Januari 2021 secara daring. DKO dilakukan secara berkala setiap triwulan pada satu tahun anggaran. Materi pembahasan pada DKO ini adalah capaian kinerja, kendala, rencana kerja sebagai tindak lanjut capaian kinerja, Indikator Kinerja Utama (IKU) pada sebuah kantor serta bagaimana perkembangan capaian pada triwulan IV 2020.

Membuka acara Kepala KPKNL Purwakarta Nunung Ekolaksito mengapresiasi kinerja seluruh pegawai yang telah bekerja all out di tengah himpitan pandemi Covid-19 yang sampai saat ini belum mereda, hingga tercapai Nilai Kinerja Organisasi (NKO) sebesar 104,14. “Namun nilai NKO ini jangan membuat kita terlena karena langkah-langkah mitigasi risiko harus segera disusun untuk menghadapi target-target 2021 yang pasti challenging,” ungkap Eko.

Eko menerangkan bahwa berdasarkan pengalaman di tahun-tahun sebelumnya target tidak akan pernah diturunkan meskipun target tersebut tidak tercapai karena pimpinan menginginkan target yang diberikan mampu memicu organisasi yang bergerak dinamis, berkembang dan profesional. Eko melanjutkan bahwa di sisi yang lain pelayanan kepada stakeholder harus ditingkatkan terutama di sisi kecepatan layanan dan skill serta pengetahuan atas berbagai peraturan pada setiap individu KPKNL Purwakarta. Selain itu peningkatan kompetensi juga diperlukan dalam memberikan sosialisasi dan pemahaman kepada masyarakat terkait tusi KPKNL Purwakarta.

Setelah sambutan dan pembukaan resmi dari Kepala KPKNL Purwakarta pada agenda paparan sekaligus diskusi dari seluruh kepala seksi dan sub bagian umum masing-masing mengungkapkan realisasi capaian, isu utama serta implikasinya, akar masalah, tindakan yang telah dilaksanakan dan rekomendasi rencana aksi.

Pada sesi paparan tersebut, Plt. Kepala Seksi Piutang Negara Sayidi mengutarakan keberhasilan Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) Piutang Negara (PN) dengan capaian  269% yang berasal dari angsuran dan pelunasan debitur penyerahan BPJS Ketenagakerjaan hal tersebut dicapai salah satunya dengan melaksanakan koordinasi secara intens dengan para pengguna layanan baik terkait pemanfaatan BMN, pengurusan Piutang Negara maupun layanan lelang.

Kepala Seksi Pelayanan Lelang Mujiran pada sesi lanjutan mengungkapkan meskipun target hasil lelang tidak tercapai karena berbagai kendala eksternal namun upaya-upaya maksimal telah dilaksanakan diantaranya koordinasi dengan pemohon lelang untuk memasarkan objek lelang sebelum diajukan permohonan lelang, penggalian potensi lelang terutama terhadap objek lelang yang marketable dan optimalisasi potensi lelang yang memiliki potensi lelang laku.

Di sisi pengembangan kompetensi pegawai prestasi gemilang terukir dengan bukti capaian 120 persen. Hal ini ditempuh dengan adanya kebijakan Work From Home (WFH) sehingga menuntut banyaknya kegiatan bersifat online, diantaranya pelatihan wajib maupun diklat-diklat sukarela yang diikuti para pegawai sebagaimana diungkap Kepala sub Bagian Umum Yuni Narasih Aji.

Prestasi gemilang juga diukir Seksi Pengelolaan Kekayaan Negara dan Penilaian sebagai diuraikan oleh masing-masing kepala seksinya yaitu Kepala Seksi PKN Wiwin Rianto dan Kepala Seksi Penilaian Rennie Kameswara dengan persentase nilai kekayaan negara yang diutilisasi sebesar 120 persen dan deviasi ketergunaan hasil penilaian sebesar 120 persen.

Sebagai penutup Eko memberikan wejangan agar lembaran baru 2021 disongsong dengan antusias dan semangat baru serta meningkatkan mutu layanan dengan tanggap dan profesional. (foto/narasi : Seksi HI)

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini