Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Purwakarta Kunjungi Situs Batujaya dalam rangka Percepatan Sertipikasi BMN 2019
Sumedi
Jum'at, 22 Februari 2019   |   367 kali

Karawang- Kepala KPKNL Purwakarta, Tatang Maulana didampingi Kepala Seksi Pengelolaan Kekayaan Negara, Susanto, bersama-sama dengan  Kepala Seksi Pengadaan Tanah Kantor Pertanahan Kab. Karawang, Muhardani, dan  pejabat pada Satker Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Banten selaku Kuasa Pengguna Barang melaksanakan rapat koordinasi sekaligus peninjauan ke lokasi di situs Batujaya, Karawang (20/02/2019). 

Kegiatan ini merupakan tindaklanjut dari rapat koordinasi dan verifikasi dengan mengundang pihak Kantor Pertanahan Kab. Karawang dan satuan kerja BPCB Banten, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, di mana yang menjadi target percepatan sertipikasi BMN adalah berupa 10 bidang tanah pada BPCB Banten yang terletak di Kabupaten Karawang yang berada dalam kawasan situs Batujaya, peninggalan abad ke 4 sampai 5 M pada masa Kerajaan Tarumanegara.

Dalam sambutannya Kepala KPKNL Purwakarta, Tatang Maulana memaparkan bahwa hal ini adalah sebagai bentuk kepedulian generasi kita untuk menyelamatkan situs-situs peninggalan warisan generasi pendahulu kita. Kegiatan ini dilaksanakan untuk memberikan pemahaman tentang pentingnya sertipikasi tanah situs cagar budaya sebagai tindak lanjut dari pengelolaan Barang Milik Negara yang lebih tertib dan akuntabel. Selain itu kegiatan program sertipikasi BMN yang berupa tanah situs cagar budaya ini merupakan yang pertama kali, mengingat sampai saat ini,  sesuai informasi dari Satker BPCB Banten, status hak atas tanah Candi Borobudur masih belum bersertipikat.

Selanjutnya kegiatan dilanjutkan dengan peninjauan ke lokasi situs. Bahwa pada awalnya berdasarkan laporan warga terdapat penemuan benda-benda purbakala di sekitar gundukan-gundukan tanah di tengah-tengah sawah. Gundukan-gundukan ini oleh penduduk setempat disebut sebagai onur atau unur dan dikeramatkan oleh warga sekitar. Semenjak awal penelitian, telah ditemukan tapak situs sisa-sisa bangunan. Penamaan tapak-tapak itu mengikuti nama desa tempat suatu tapak berlokasi, seperti Segaran 1, Segaran 2, Telagajaya 1, dan seterusnya.

Saat ini  candi –candi di Situs Batujaya seperti Candi Jiwa, Candi Blandongan, Candi Serut dan Candi Telagajaya telah dipugar.

Kegiatan tersebut diakhiri dengan kesepakatan bahwa Satker BPCB Banten akan segera melengkapi persyaratan aspek legalitas yang diperlukan ke Kantor Pertanahan Kab. Karawang sesuai jadwal /timeline yang telah disepakati bersama. ( Naskah dan Foto : Sumedi dan Seksi HI KPKNL Purwakarta).

 


Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini