Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 500-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Pontianak > Berita
Lelang Barang Sita Eksekusi Laku 28 M
Lunda Nine Aleva
Jum'at, 19 Januari 2024   |   155 kali

Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Pontianak melaksanakan lelang barang sita eksekusi pada Kejaksaan Negeri Pontianak. Lelang yang dilaksanakan di Kejaksaan Negeri Pontianak pada Jumat (19/01), pada pukul 09.00 WIB tersebut di pimpin oleh Pejabat Fungsional Pelelang Ahli Muda, Imam Ahmadi dan dihadiri oleh  penjual/pemohon lelang dan saksi dari Kejaksaan Negeri Pontianak. Lelang tersebut juga dihadiri oleh pihak Kreditur MayBank mengingat objek Lelang Barang Sita Eksekusi tersebut juga merupakan jaminan Hak Tanggungan debitur MayBank yang pemilik jaminan/debiturnya juga mempunyai tunggakan pajak pada KPP Pratama Pontianak Timur serta denda perkara kasus pidana perpajakan yang ditangani oleh Kejaksaan Negeri Pontianak.     

Lelang Barang Sita Eksekusi tersebut sebagai tindak lanjut tunggakan denda perkara pada Kejaksaan Negeri Pontianak atas terpidana kasus perpajakan yang mempunyai hutang tunggakan pajak pada KPP Pratama Pontianak Timur. Dengan demikian hasil lelang atas objek tersebut nantinya akan digunakan untuk melunasi tunggakan denda perkara pada Kejaksaan Negeri Pontianak, tunggakan pajak pada KPP Pratama Pontianak Timur, dan pelunasan kredit macet/hutang debitur pada Maybank.

Lelang dilaksanakan dengan cara penawaran secara close bidding melalui portal lelang.go.id. Dalam lelang tersebut terdiri dari dua lot lelang berupa tanah dan bangunan yang berhasil terjual sama dengan nilai limit lelang yaitu dengan harga total Rp28.384.004.000,00 (dua puluh delapan miliar tiga ratus delapan puluh empat juta empat ribu rupiah) dan batas waktu pelunasan sampai dengan tanggal 26 Januari 2024. Adapun uang jaminan lelang (UJL) atas 2 objek lelang tersebut sebesar 20% dari nilai limit (Rp28.384.004.000,00) sehingga kecil kemungkinan pembeli lelang akan wanprestasi.

Pencapaian ini merupakan langkah awal yang baik untuk mendongkrak semangat di tahun 2024. Diharapkan dengan pelaksanaan lelang ini dapat memberikan kontribusi terhadap negara, baik penerimaan perpajakan maupun Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP). 

Foto Terkait Berita
Kontak
Jl. Letjen Sutoyo No. 19 Pontianak - 78116
(0561) 735269
(0561) 741891
kpknlpontianak@kemenkeu.go.id
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini