KPKNL Pontianak
BERITA UTAMA
Morning call sekaligus sharing knowledge terkait dengan hasil Rakernas 2017 dan Pelatihan Leading Change Training Duta KN 20017
e-Auction DJKN
Info Lelang
Pengumuman
Kilas Peristiwa
Tidak ada konten kilas peristiwa.
Profil KPKNL Pontianak

         Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Pontianak adalah Unit Organisasi yang berada di bawah Kanwil Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (DJKN) Wilayah Kalimantan Barat, yang alamatnya berada di Jalan Sutoyo No.19 Pontianak. Kantor operasional ini dulunya merupakan metamorfosa dari Kantor Pelayanan Piutang Negara dan Lelang (KP2LN) Pontianak yang berubah menjadi KPKNL pada tahun 2007, perubahan nama tersebut terjadi sebagai imbas dari dibentuknya Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (DJKN) yang sebelumnya adalah Direktorat Jenderal Piutang dan Lelang Negara (DJPLN) yang dibentuk berdasarkan Peraturan Presiden nomor 66 tahun 2006. Bangunan gedung KPKNL Pontianak termasuk salah satu bangunan kantor yang tidak terlalu besar dibandingkan dengan KPKNL lain karena merupakan bangunan lama yang hanya dilakukan rekondisi demikian juga luas tanah yang tidak terlalu besar. 

      Untuk wilayah kerja KPKNL Pontianak meliputi : Kota Pontianak, Kabupaten Mempawah, Kabupaten Landak, Kabupaten Sanggau, Kabupaten Sintang, Kabupaten Sekadau, Kabupaten Kayong Utara, Kabupaten Melawi, Kabupaten Ketapang, Kabupaten Kapuas Hulu.  Sementara itu Kota Pontianak sendiri merupakan Ibukota Propinsi Kalimantan Barat, tepatnya pada posisi koordinat 0°02'24" LU – 0°01'37"LS  dan 109° 16' 25" – 109° 23' 04"BT. Dikenal sebagai Bumi Khatulistiwa karena kota ini berada tepat di garis khatulistiwa yang keadaan suhunya cukup panas dengan suhu rata-rata 29-32 derajat celcius. Penduduk Pontianak terdiri dari suku yang cukup pluralis diantaranya Tinghoa (31%), Melayu(26%), Bugis(13%), Jawa(11%), sisanya Dayak.[1]  Secara umum wilayah kota Pontianak terdiri dari 6 kecamatan, 29 kelurahan, 548 RW, dan 2.471 RT.[2]



[1] http://id.wikipedia.org/wiki/Kota_Pontianak

[2] Pontianak Dalam Angka 2014, hal.19


Jajaran Pejabat Struktural KPKNL Pontianak

VISI KPKNL PONTIANAK

       Dengan mempertimbangkan capaian kinerja, potensi dan permasalahan, serta memperhatikan visi yang diemban oleh Direktorat Jenderal Kekayaan Negara sebagaimana tercantum pada Renstra DJKN yang dituangkan dalam Keputusan Direktur Jenderal Kekayaan Negara Nomor KEP-147/KN/2015 tanggal 27 Mei 2015 tentang Rencana Strategis Direktorat Jenderal Kekayaan Negara Tahun 2015-2019, serta memperhatikan Renstra  Kantor Wilayah DJKN Kalimantan Barat untuk tahun 2015-2019 No.37/WKN.11/2015 tanggal 09 Juni 2015 maka visi KPKNL Pontianak adalah ‘Menjadi Pengelola Kekayaan Negara Yang Profesional Dan Akuntabel Untuk Sebesar-Besarnya Bagi Kemakmuran Rakyat’. 

MISI KPKNL PONTIANAK

Untuk merealisasikan visi yang telah ditetapkan, maka KPKNL Pontianak menetapkan Misi nya, yang terdiri dari :1.   Mewujudkan optimalisasi penerimaan, efisiensi pengeluaran, dan efektivitas pengelolaan kekayaan negara di wilayah kerja KPKNL Pontianak.  2.   Mengamankan kekayaan negara secara fisik, administrasi, dan hukum di wilayah kerja KPKNL Pontianak.  3.   Mewujudkan nilai kekayaan negara yang wajar dan dapat dijadikan acuan dalam berbagai keperluan di wilayah kerja KPKNL Pontianak.  4.   Melaksanakan pengurusan piutang negara yang efektif, efisien, transparan,dan akuntabel di wilayah kerja KPKNL Pontianak.  5.   Mewujudkan lelang yang efisien, transparan, akuntabel, adil, dan kompetitif sebagai instrumen jual beli yang mampu mengakomodasi kepentingan masyarakat di wilayah kerja KPKNL Pontianak.  6.   Menjembatani informasi mengenai kebijakan Kementerian Keuangan, Kantor Pusat DJKN, dan Kanwil DJKN Kalimantan Barat yang terkait dengan kekayaan negara ke masyarakat di wilayah kerja KPKNL Pontianak.


        Selain kerjasama dengan satker-satker K/L di wilayah kerjanya, KPKNL Pontianak dan Pemda  terus menjalin kerjasama dalam bidang pengelolaan aset daerah antara lain penilaian BMD dalam rangka penyusunan Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) untuk menyajikan nilai wajarnya. Selain kerjasama untuk lingkup tugas penilaian, KPKNL Pontianak  juga melakukan kerjasama dalam pengurusan piutang daerah dan lelang BMD.  Untuk wilayah kerja yang meliputi 11(sebelas) kabupaten dan kota merupakan potensi yang cukup besar dalam pengurusan piutang daerah, lelang aset daerah, dan penilaiaan aset daerah. Hasil koordinasi dan kerjasama dengan pemerintah daerah juga sudah memperlihatkan hasil secara nyata antara lain peningkatan penyerahan piutang daerah oleh satker yang berada di bawah pemerintah daerah dan realisasi permohonanan lelang terhadap aset daerah.

        Masing-masing unit eselon-4 memiliki perannya masing-masing, core bussines atau unit teknis dari KPKNL berada pada Seksi Pelayanan Lelang, Seksi Pengurusan Piutang Negara, dan Seksi Pengelolaan Kekayaan Negara, sementara itu untuk unit eselon-4 lain Seksi Hukum dan Informasi, Seksi Kepatuhan Internal, Subag Umum hanya sebagai pendukung (support), namun memiliki beban tugas yang hampir sama dengan unit teknis tersebut. Sinergi sangat dibutuhkan untuk terus mencapai target bersama baik itu untuk capaian lelang, piutang, pengelolaan kekayaan negara, sehingga tidak dapat berjalan secara sendiri tetapi harus tetap menjalin kerjasama.


Kebijakan untuk modernisasi lelang terus dikembangkan KPKNL Pontianak, di antaranya adalah sistem lelang dengan penawaran melalui Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) atau e-auction. Pada dasarnya langkah tersebut ditempuh  dengan maksud menghadirkan kebijakan yang dapat meningkatkan kualitas pelayanan dengan meningkatkan transparansi, akuntabilitas, dan keamanan dalam setiap pelaksanaan lelang. Pelaksanaan lelang secara online justru memberi rasa nyaman bagi para peserta lelang tanpa gangguan atau intimidasi dari peserta lain dengan itikad yang kurang baik. Harga yang terjadi dari lelang secara e-auction juga menunjukan hasil yang relatif lebih baik dibandingkan dengan lelang konvensional.




Wilayah Kerja
Kota Pontianak
Kabupaten Mempawah
Kabupaten Sintang
Kabupaten Melawi
Kabupaten Ketapang
Kabupaten Kayong Utara
Kabupaten Sanggau
Kabupaten Sekadau
Kabupaten Landak
Kabupaten Kubu Raya
Kabupaten Kapuas Hulu
Peta Lokasi KPKNL Pontianak
Alamat Kantor
Jl. Letjen Sutoyo No. 19 Pontianak - 78116
(0561) 735269
(0561) 741891
kpknl.ptk@gmail.com