Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 150-991    ID | EN      Login Pegawai
KPKNL Pontianak
BERITA UTAMA
PONTIANAK –Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Pontianak menghadiri kegiatan Pemusnahan Barang Milik Negara (BMN) yang dilaksanakan oleh BP3TKI (UPT BP2MI) bertempat di Kantor BP3TKI (UPT BP2MI), pada Jumat (6/8).
Profil KPKNL Pontianak

        Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Pontianak adalah Unit Organisasi yang berada di bawah Kanwil Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (DJKN) Wilayah Kalimantan Barat, yang beralamat di Jalan Sutoyo No.19 Pontianak.

        Kantor operasional ini dulunya merupakan metamorfosa dari Kantor Pelayanan Piutang Negara dan Lelang (KP2LN) Pontianak yang berubah menjadi KPKNL pada tahun 2007, perubahan nama tersebut terjadi sebagai imbas dari dibentuknya Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (DJKN) yang sebelumnya adalah Direktorat Jenderal Piutang dan Lelang Negara (DJPLN) yang dibentuk berdasarkan Peraturan Presiden nomor 66 tahun 2006. Bangunan kantor merupakan bangunan lama yang hanya dilakukan rekondisi sehingga ukuran kantor tidak terlalu besar dengan tanah tidak terlalu luas. 


Wilayah kerja KPKNL Pontianak meliputi: Kota Pontianak, Kabupaten Mempawah, Kabupaten Landak, Kabupaten Sanggau, Kabupaten Sintang, Kabupaten Sekadau, Kabupaten Kayong Utara, Kabupaten Melawi, Kabupaten Ketapang, Kabupaten Kapuas Hulu. 

Kota Pontianak merupakan Ibukota Provinsi Kalimantan Barat, tepatnya pada posisi koordinat 0°02'24" LU – 0°01'37"LS  dan 109° 16' 25" – 109° 23' 04"BT. Dikenal sebagai Bumi Khatulistiwa karena kota ini berada tepat di garis khatulistiwa yang keadaan suhunya cukup panas dengan suhu rata-rata 29-32 derajat celcius. Penduduk Pontianak terdiri dari suku yang cukup pluralis diantaranya Tinghoa (31%), Melayu(26%), Bugis(13%), Jawa(11%), sisanya Dayak. 

Foto: Pejabat Struktural Terbaru KPKNL Pontianak


VISI KPKNL PONTIANAK

     Menjadi Pengelola Kekayaan Negara yang Profesional dan Akuntabel dalam rangka mendukung visi Kementerian Keuangan: Menjadi Pengelola Keuangan Negara untuk mewujudkan Perekonomian Indonesia yang Produktif, Kompetitif, Inklusif, dan Berkeadilan, serta untuk sebesar-besar kemakmuran rakyat’. 


MISI KPKNL PONTIANAK

Merealisasikan visi yang telah ditetapkan, KPKNL Pontianak menetapkan misi sebagai berikut:

  1. Mewujudkan optimalisasi penerimaan, efisiensi pengeluaran, dan efektivitas pengelolaan kekayaan negara di wilayah kerja KPKNL Pontianak.
  2. Mengamankan kekayaan negara secara fisik, administrasi dan hukum di wilayah kerja KPKNL Pontianak.
  3. Mewujudkan nilai kekayaan negara yang wajar dan dapat dijadikan acuan dalam berbagai keperluan di wilayah kerja KPKNL Pontianak.
  4. Melaksanakan pengurusan piutang negara yang efektif, efisien, transparan dan akuntabel di wilayah kerja KPKNL Pontianak.
  5. Mewujudkan lelang yang efisien, transparan, akuntabel, adil dan kompetitif sebagai instrumen jual beli yang mampu mengakomodasi kepentingan masyarakat di wilayah kerja KPKNL Pontianak.
  6. Menjembatani informasi mengenai kebijakan Kementerian Keuangan, Kantor Pusat DJKN dan Kanwil DJKN Kalimantan Barat yang terkait dengan kekayaan negara ke masyarakat di wilayah kerja KPKNL Pontianak.


TUGAS DAN FUNGSI

Berdasarkan Peraturan Menteri Keuangan RI Nomor: 170/PMK.01/2012 tanggal 6 November 2012 tentang Organisasi dan Tata Kerja Instansi Vertikal Direktorat Jenderal Kekayaan Negara, KPKNL mempunyai tugas melaksanakan pelayanan di bidang kekayaan negara, penilaian, piutang negara dan lelang. 

Dalam melaksanakan tugas pokok tersebut, KPKNL menyelenggarakan fungsi:

  1.  Inventarisasi, pengadministrasian, pendayagunaan, pengamanan kekayaan negara;
  2. Registrasi, verifikasi dan analisa pertimbangan permohonan pengalihan serta penghapusan kekayaan negara;
  3. Registrasi penerimaan berkas, penetapan, penagihan, pengelolaan barang jaminan, eksekusi, pemeriksaan harta kekayaan milik penanggung hutang/penjamin hutang;
  4. Penyiapan bahan pertimbangna atas permohonan keringanan jangka waktu dan/atau jumlah hutang, usul pencegahan dan penyanderaan penanggung hutang dan/atau penjamin hutang serta penyiapan data usul penghapusan piutang negara;
  5. Pelaksanaan pelayanan penilaian;
  6. Pelaksanaan pelayanan lelang;
  7. Penyajian informasi di bidang kekayaan negara, penilaian, piutang negara dan lelang;
  8. Pelaksanaan penetapan dan penagihan piutang negara serta pemeriksaan kemampuan penanggung hutang atau penjamin hutang dan eksekusi barang jaminan;
  9. Pelaksanaan pemeriksaan barang jaminan milik negara penanggung hutang atau penjamin hutang serta harta kekayaan lain;
  10. Pelaksanaan bimbingan kepada Pejabat Lelang;
  11. Inventarisasi, pengamanan, dan pendayagunaan barang jaminan;
  12. Pelaksanaan pemberian pertimbangan dan bantuan hukum pengurusan piutang negara dan lelang;
  13. Verifikasi dan pembukuan penerimaan pembayaran piutang negara dan hasil lelang; dan 
  14. Pelaksanaan administrasi KPKNL.


MOTO KPKNL PONTIANAK

Mengangkat tema Budaya, KPKNL Pontianank memilih “Betang” (Bekerja dengan Efektif, Tanggap dan Bertanggung Jawab) sebagai moto dalam rangka memberikan layanan terbaiknya. Betang sendiri merupakan rumah adat di Kalimantan yang menjadi tempat tinggal suku Dayak yang ada di seluruh Pulau Kalimantan. Dengan moto ini, seluruh pegawai KPKNL Pontianak diharapkan dapat menerapkan setiap nilai-nilai yang terkandung di dalam “Betang” yaitu dapat bekerja dengan efektif, tanggap dan juga bertanggung jawab.  


STRUKTUR ORGANISASI


                  

















Wilayah Kerja
Kota Pontianak
Kabupaten Mempawah
Kabupaten Sintang
Kabupaten Melawi
Kabupaten Ketapang
Kabupaten Kayong Utara
Kabupaten Sanggau
Kabupaten Sekadau
Kabupaten Landak
Kabupaten Kubu Raya
Kabupaten Kapuas Hulu
Peta Lokasi KPKNL Pontianak
Alamat Kantor
Jl. Letjen Sutoyo No. 19 Pontianak - 78116
(0561) 735269
(0561) 741891
kpknlpontianak@kemenkeu.go.id
Peta Situs | Email Kemenkeu | FAQ | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami |