Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 500-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Pontianak > Berita
Asset Talk 2023: DJKN Melayani Lebih Baik
Jesica Deviana
Jum'at, 10 November 2023   |   42 kali

Pontianak – Dalam rangka Hari Kekayaan Negara (HKN) ke-17 dan guna mengenalkan tugas dan fungsi Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (DJKN) kepada stakeholder maupun masyarakat luas, Kantor Wilayah DJKN Kalimantan Barat bersama Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang Pontianak (KPKNL Pontianak) dan KPKNL Singkawang mengadakan rangkaian Asset Talk 2023 yang diselenggarakan secara daring mulai dari 07 November sampai dengan 09 November 2023.

Seluruh rangkaian Asset Talk dibuka secara resmi oleh Direktur Jenderal Kekayaan Negara. Melalui opening speechnya, Rionald Silaban menyampaikan bahwa DJKN ingin berinteraksi lebih dekat melalui penyelenggaraan Asset Talk serentak di tujuh belas kantor wilayah DJKN. Harapannya melalui Asset Talk, stakeholder dan masyarakat yang hadir dapat memahami lebih dalam mengenai peran DJKN dalam pengelolaan kekayaan Negara dan fungsi-fungsi lainnya, serta memberikan wadah pelayanan maupun informasi yang lebih relevan di masing-masing daerah.

Sejalan dengan Direktur Jenderal Kekayaan Negara, Kepala Kanwil DJKN Kalimantan Barat juga menyambut hangat peserta Asset Talk yang hadir, “Kami berharap melalui rangkaian Asset Talk ini, kami dapat berdiskusi langsung dengan bapak dan ibu untuk bisa menyampaikan informasi secara lebih nyata terkait isu dan tugas fungsi DJKN sehingga kami dapat memberikan pelayanan terbaik di masa yang akan datang.” ujar Tetik Fajar Ruwandari dalam sambutannya.

Rangkaian Asset Talk 2023 dimulai pada tanggal 07 November 2023 dengan dua sesi menarik yang mengangkat tema ‘DJKN Sang Asset Manager’ dan ‘Layanan Penilaian Lebih Baik’.

Dalam sesi pertama, Yohanna T Sinambela sebagai moderator memimpin diskusi mengenai pengelolaan kekayaan Negara dengan baik. Seluruh narasumber menyampaikan pengetahuannya kepada peserta yang hadir, mulai dari M Pramodya W mengenai Utilisasi dan Optimalisasi Aset Negara, Gunawan Sulistyo mengenai Pemindahtanganan BMN, hingga Suharyanto mengenai Asuransi BMN.

Selanjutnya pada siang hari, sesi kedua dipimpin oleh Dhyan V Suhendra selaku moderator. Melalui sesi ini peserta yang hadir diberikan pemahaman mengenai proses bisnis layanan penilaian oleh Ali Fahmi dan peningkatan kompetensi penilai pemerintah untuk layanan penilaian yang lebih baik oleh Ferdha Hermanto.

Hari kedua rangkaian Asset Talk 2023 juga dibagi menjadi dua sesi yang mengangkat tema ‘Pengelolaan dan Pengurusan Piutang Negara/Daerah’ dan ‘Pemanfaatan Teknologi Dalam Proses Pengelolaan BMN’.

Diskusi dalam sesi pengurusan piutang negara/daerah dipimpin oleh moderator Siti Maghfirotun. Ada dua ketentuan peraturan perundang-undangan yang dibahas dalam sesi ini yaitu PMK Nomor 163/PMK.06/2020 yang disampaikan oleh Papang Eko Nugroho dan PMK Nomor 137/PMK.06/2022 yang disampaikan oleh Ahmad Afan Hakim. Antusiasme peserta yang hadir terlihat jelas saat sesi tanya jawab dibuka.

Tak kalah dengan sesi pertama, sesi kedua mengenai pemanfaatan teknologi dalam proses pengelolaan BMN juga berjalan menarik dengan dipimpin oleh moderator Pandaraman Lumbantoruan. Para narasumber berbagi informasi mengenai aplikasi-aplikasi yang digunakan dalam proses pengelolaan BMN, mulai dari aplikasi SIMAN V2 yang disampaikan oleh Annisa’ Muflikhatun Farikhah dan Adit Ichsan Prasetyo hingga aplikasi Lelang Indonesia dalam peningkatan PNBP yang dipaparkan oleh Imam Ahmadi.

Hari terakhir rangkaian Asset Talk 2023 kembali dibagi menjadi dua sesi yang mengangkat tema ‘Lelang DJKN: Inovasi Layanan Publik untuk Meningkatkan Kepuasan Stakeholder/Masyarakat’ dan ‘Penangan Perkara’.

Pada sesi pertama, sebagai moderator, Firman Yogantara memimpin diskusi mengenai pelayanan lelang. Narasumber yang hadir yaitu Andri Dwinanto dan Imam Ahmadi menyampaikan banyak hal kepada peserta yang hadir, mulai dari pelayanan lelang, prosedur, permasalahan, hingga solusi atas permasalahan tersebut.

Selanjutnya sesi terakhir yang menutup rangkaian Asset Talk 2023 dilaksanakan hanya untuk pegawai internal wilayah Kanwil DJKN Kalimantan Barat. Retno Nur Indah selaku moderator menggali dengan baik informasi seputar penangan perkara dari dua narasumber yang hadir yaitu Sumarno dan Jesica Deviana. 

Foto Terkait Berita
Kontak
Jl. Letjen Sutoyo No. 19 Pontianak - 78116
(0561) 735269
(0561) 741891
kpknlpontianak@kemenkeu.go.id
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini