Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Kemeriahan Perayaan HORI ke-76 di Kalimantan Barat
Siska Nadia
Senin, 24 Oktober 2022   |   73 kali

Pontianak – Keseruan dan kebahagiaan memperingati Hari Oeang Republik Indonesia (HORI) ke-76 di Kalimantan Barat tidak hanya dirasakan oleh para Pegawai Kementerian Keuangan, namun oleh seluruh lapisan mayarakat. Bertempat di Halaman Kantor Gubernur Kalimantan Barat, puncak perayaan HORI ke-76 yang diselenggarakan pada Sabtu (22/10) ini merupakan kolaborasi Kementerian Keuangan Kalimantan Barat melalui Kemenkeu-satu bersama dengan Bank Indonesia Perwakilan Provinsi Kalimantan Barat, Otoritas Jasa Keuangan Provinsi Kalimantan Barat, Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat, Perbankan, dan Lembaga Keuangan Bukan Bank (LKBB).

Perayaan HORI ke-76 diperingati dalam suasana penuh harap untuk mampu menghadapi tantangan menuju pemulihan Indonesia. Mengangkat tema ‘sigap hadapi tantangan, tangguh kawal pemulihan’, Kemenkeu-satu Kalimantan Barat mengedukasi masyarakat melalui booth pamerin seperti informasi uang baru rupiah Tahun Edaran 2022, informasi panduan ekspor, informasi terkait lelang, informasi pinjaman Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM), informasi layanan pajak, dan lainnya.

Antusias masyarakat untuk hadir dalam perayaan HORI sangatlah tinggi. Sejak pukul 06.30 WIB, masyarakat antre melakukan registrasi. Masyarakat juga dibagi kupon untuk mendapatkan hadiah yang akan diundi di akhir acara. Hadiah yang dibagikan beragam mulai dari air fryer, vacuum cleaner, TV LED, kulkas, mesin cuci, sepeda gunung, handphone, hingga motor.

Senam pagi menjadi aktivitas fisik pertama yang mengisi kegiatan perayaan HORI ke-76 ini. Cuaca yang mendukung, instruktur yang energik dan semangat telah menularkan semangatnya kepada peserta untuk bergerak aktif dari awal sampai akhir senam. Setelah pemanasan, pegawai diajak senam aerobik, senam variasi, dan selanjutnya pendinginan. Pasca senam bersama, kegiatan dilanjutkan dengan Demo Anjing Pelacak Narkotika (K-9 Unit) dari Kantor Wilayah Bea & Cukai Kalimantan Bagian Barat.

Perayaan HORI ke-76 dibuka secara resmi oleh Gubernur Provinsi Kalimantan Barat, Sutamidji didampingi Sekretaris Daerah Provinsi Kalimantan Barat dan Kepala Perwakilan Kementerian Keuangan Kalimantan Barat Imik Eko Putro dengan pemotongan pita. Kegiatan yang diselenggarakan secara gratis untuk masyarakat ini juga menyelenggarakan Bazar UMKM Perbankan dan LKBB. Beragam produk UMKM binaan Perbankan dan LKBB dapat ditemukan dan dibeli dengan mudah (transaksi cashless).

Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Pontianak mengisi kegiatan edukasi lelang. Juana, Pelelang Ahli Pertama melaksanakan simulasi lelang agar masyarakat lebih mengenal dan mengetahui mekanisme pelaksanaan lelang. Harapannya, lelang dapat menjadi sarana yang andal dan terpercaya bagi para pelaku UMKM dalam memperluas pemasaran produk.

Kegiatan lainnya adalah games fashion komunitas, hiburan band hingga pembagian hadiah yang disambut oleh masyarakat dengan bahagia. Perayaan puncak HORI ke-76 di Kalimantan Barat ini, selain untuk menanamkan cinta akan rupiah dan cara memberlakukan uang yang baik, juga menjadi ajang promosi bagi pelaku UMKM di Provinsi Kalimantan Barat. (Sn)

 

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini