Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Bahas PUG di Dialog Publik TVRI, KPKNL Pontianak Fokus Wujudkan Kesetaraan Gender dan Inklusif
Ferawati Anggraeni
Kamis, 21 Juli 2022   |   143 kali

Pontianak – Setara Gender dan inklusi menjadi hal yang yang penting dan menarik untuk dibahas pada lingkup pelayanan publik. Sebagaimana telah diamanatkan oleh Undang-undang Dasar 1945Pasal 27 (1), segala warga negara bersamaan kedudukannya di dalam hukum dan pemerintahan, dan wajib menjunjung hukum dan pemerintahan itu dengan tidak ada kecualinya. Selain itu, terdapat Instruksi Presiden Nomor 9 Tahun 2000 tentang Pengarusutamaan Gender (PUG) dalam pembangunan nasional.


Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Pontianak merupakan salah satu kantor yang turut memberikan pelayanan yang berfokus mambangun strategi dalam upaya mewujudkan kesetaraan gender.

Staf Ahli Hukum, Politik dan Pemerintahan Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat Dra. Nathalia Karyawati, M.E, Kepala Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Kekayaan Negara Kalimantan Barat Edward U.P Nainggolan dan Kepala KPKNL Pontianak Mokhamad Arif Setyawantika hadir sebagai narasumber dalam Dialog Publik TVRI Kalimantan Barat. Dialog yang berlangsung selama satu jam tersebut dipandu oleh Husnul dan fokus membahas PUG, Kesetaraan dalam Berkontribusi untuk Negeri.


Membuka Dialog Publik, Edward U.P Nainggolan menjelaskan pengertian PUG. “Pengarusutamaan gender merupakan strategi untuk mencapai keadilan dan kesetaraan gender melalui kebijakan, program, dan kegiatan yang memperhatikan pengalaman, aspirasi, kebutuhan serta permasalahan laki-laki dan perempuan dalam proses pemantauan dan evaluasi dari seluruh aspek kehidupan dan pembangunan,” jelasnya.


Kepala KPKNL Pontianak Mokhamad Arif Setyawantika memaparkan contoh strategi yang dilakukan KPKNL Pontianak dalam mewujudkan setara gender diantaranya inovasi memperbaiki percepatan norma waktu pelayanan guna meningkatkan kepuasan pengguna jasa, menyediakan fasilitas yang dapat mendukung setara gender dan inklusi, serta menyesuaikan penganggaran yang responsif gender.


“Laki-laki dan perempuan memiliki hak yang sama untuk berkembang dalam berkontribusi membangun negeri Contohnya seperti yang dilakukan di DJKN Kalimantan Barat ini, yaitu membantu dalam pengembangan UMKM (Usaha Mikro Kecil dan Menengah-red),” ujarnya.

Kantor Wilayah DJKN dan KPKNL Pontianak bersinergi dengan PT. Permodalan Nasional Madani dalam memperkenalkan produk kepada masyarakat luas. UMKM tersebut hampir 100% dikelola oleh perempuan.


Dengan adanya keterlibatan perempuan dalam memajukan perekonomian menunjukkan bahwa laki-laki dan perempuan itu mempunyai hak berkontribusi yang sama terhadap pembangunan negeri ini. Bersama-sama bisa berkontribusi dalam memajukan perekonomian bangsa dengan cara dan kemampuan yang berbeda-beda.

 

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | FAQ | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini