Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Bincang PUG di RRI Pontianak, KPKNL Pontianak Terapkan Kesetaraan dalam Berkontribusi untuk Negeri
Ali Fahmi
Jum'at, 08 Juli 2022   |   144 kali

Pontianak - Kepala Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Pontianak Mokhamad Arif Setyawantika hadir sebagai narasumber dalam acara Dialog Publik yang disiarkan oleh Radio Republik Indonesia (RRI) Pontianak membahas mengenai Bincang Pengarusutamaan Gender (PUG), Kesetaraan dalam Berkontribusi untuk Negeri pada Jumat (8/7). Selain melalui radio, acara ini juga disiarkan secara langsung melalui akun sosial media facebook milik RRI Pontianak.  

“PUG adalah sebuah strategi yang dibangun untuk mengintegrasikan gender menjadi satu dimensi integral dari perencanaan, penyusunan, pelaksanaan, pemantauan, dan evaluasi atas kebijakan dan program pembangunan nasional,” jelas Ariftika.


Dalam pelayanannya, KPKNL Pontianak sebagai salah satu unit vertikal DJKN turut mengimplementasikan setara gender dan inklusi. Dalam bincang santai itu, Ariftika menjelaskan beberapa implementasi dari setara gender dan inklusi yang telah dilakukan oleh KPKNL Pontianak. Adapun salah satunya adalah penyediaan fasilitas berupa sarana prasarana seperti, parkir prioritas, guiding block, meja pelayanan prioritas dan juga tempat bermain anak.


Lebih lanjut, pria asli Blora Jawa Tengah  ini juga menjelaskan mengenai kebijakan yang setara gender dan inklusi. “KPKNL Pontianak memberikan kesempatan yang sama terhadap laki-laki dan perempuan dalam melakukan pekerjaannya. Contohnya seperti bukan hanya laki-laki saja yang memiliki jabatan di KPKNL Pontianak, melainkan terdapat juga Pejabat Lelang perempuan. Selain itu pegawai perempuan juga ikut dilibatkan dalam proses penilaian aset dan juga cek fisik Barang Milik Negara,” tambahnya. 


 “Apabila kita menyadari bahwa dari sisi kehidupan kita, baik laki-laki maupun perempuan, berkebutuhan khusus maupun tidak berkebutuhan khusus, dapat kita optimalkan dengan baik maka kita akan memiliki sumber daya yang sangat luar biasa dalam menjalankan amanah apapun,” ujar Ariftika menutup perbincangan di RRI.


Sebelumnya, Host Deden Mustofa membuka segmen dengan membahas tugas dan fungsi dari KPKNL Pontianak dan Ariftika menjelaskan bahwa tugas dan fungsi dari KPKNL Pontianak terdiri dari empat bidang diantaranya pengelolaan kekayaan negara, penilaian, piutang negara dan lelang.

 

 

 

 

 

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | FAQ | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini