Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Bincang Santai Lelang UMKM di Popcorn Balai Diklat Keuangan Pontianak
Siska Nadia
Selasa, 24 Mei 2022   |   230 kali

Kubu Raya - Pejabat Fungsional Pelelang Ahli Muda Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Pontianak, Ferry Hidayat dan Budi Satrio menjadi Narasumber pada Pontianak Podcast Corner (Popcorn) Balai Pendidikan dan Pelatihan Keuangan (BDK) Pontianak pada Selasa (23/5). Topik yang diusung adalah Lelang Produk Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). Harapannya, melalui Popcorn, masyarakat dapat menerima informasi dan pemahaman terkait Lelang UMKM dengan mudah karena obrolannya dikemas dengan lebih santai. 

Segmen pertama dibuka oleh Rahmanata Utama, Moderator kegiatan Popcorn dengan membahas pengertian Lelang. Ferry menjelaskan pengertian Lelang sesuai Peraturan Menteri Keuangan Nomor PMK 213/PMK.06/2020 tentang Petunjuk Pelaksanaan Lelang. “Lelang adalah penjualan barang yang terbuka untuk umum dengan penawaran harga secara tertulis dan/ atau lisan yang semakin meningkat atau menurun untuk mencapai harga tertinggi, yang didahului dengan Pengumuman Lelang” jelas Ferry.

Saat ini, pelaksanaan Lelang hanya dilakukan melalui flatform lelang.go.id. Pelaksanaannya menjadi sangat praktis dan aman bagi para peserta Lelang baik Penjual maupun Pembeli. “Hanya dengan mengakses lelang.go.id dan membuat akun Lelang, siapa saja bisa memasarkan produk secara gratis”, tambah Ferry. Produk yang di Lelang tidak terbatas, bisa makanan, kendaraan, tanah dan juga bangunan. “Mengikuti lelang sangat mudah, syarat saat membuat akun untuk menjadi peserta lelang hanya memerlukan Nomor Induk Kependudukan (NIK) dan Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP) saja”, jelas Budi.

Pelaksanaan lelang yang dilakukan secara resmi oleh KPKNL Pontianak memiliki kelebihan seperti semua dokumen diteliti terlebih dahulu oleh Pejabat Lelang sehingga terjamin legalitasnya. Selain itu, melalui Lelang kita telah berkontribusi terhadap pendapatan berupa Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP).

Dalam bincang santai tersebut, Budi menjelaskan bentuk nyata dukungan Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (DJKN) terhadap UMKM yaitu adanya menu khusus untuk pelaksanaan Lelang UMKM. Adanya menu khusus tersebut akan mempermudah para Calon Pembeli dalam mencari produk UMKM yang diinginkan. Budi mengingatkan para pendengar untuk tidak melewatkan kegiatan Lelang UMKM yang akan dilaksanakan setiap bulannya hingga akhir tahun 2022. “Jangan lewatkan Lelang UMKM di KPKNL Pontianak ya, bulan ini akan ada Lelang Madu Kelulut, Keripik dan banyak produk lainnya. Pantau terus di lelang.go.id” tambahnya.

Pejabat Lelang di KPKNL Pontianak senantiasa menggali potensi UMKM di Kota Pontianak. KPKNL Pontianak juga bersinergi dengan Bank Indonesia dalam mengembangkan dan membina UMKM. Menutup kegiatan Podcast, Budi menyampaikan harapannya “Dengan adanya Lelang UMKM, semoga dapat membantu penguatan ekonomi Nasional melalui kerja sama dengan pelaku UMKM dalam memasarkan produknya” pungkasnya.

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini