Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
EVALUASI KINERJA BMN PADA KPPN PUTUSSIBAU
Siska Nadia
Jum'at, 21 Mei 2021   |   227 kali

Putussibau - Barang Milik Negara (BMN) perlu dikelola dan diukur kinerjanya dengan baik dan optimal. Oleh sebab itu, Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Pontianak melakukan evaluasi kinerja BMN untuk mengukur performa yang dapat ditindaklanjuti dengan langkah-langkah strategis dalam rangka efisiensi, efektifitas dan optimalisasi pengelolaan BMN.

Jumat (21/5), KPKNL Pontianak menyambangi Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) Putussibau untuk melakukan evaluasi kinerja BMN pada Instansi di lingkungan Kementerian Keuangan. Tujuannya adalah untuk mendapatkan informasi dengan pendekatan berbasis kinerja. Harapannya, hasilnya dapat meningkatkan akuntabilitas dalam proses pengambilan keputusan dan proses tata kelola pengelolaan BMN melalui penggunaan data kinerja BMN.

Menyambut kedatangan Tim Evaluasi dengan sangat ramah, Kelapa Subbagian Umum, Sri Noro Panjang menyampaikan informasi terkait aset operasional serta aset tambahan yang penguasaannya berada pada KPPN Putussibau. Sedangkan pendampingan survei/peninjauan lapangan didampingi oleh Muhammad Shalahuddin, Pelaksana pada Subbagian Umum yang secara langsung mengurus BMN yang pada KPPN Putussibau.

Evaluasi kinerja BMN yang dilakukan oleh Tim Evaluasi KPKNL Pontianak meliputi pengecekan dan pengukuran fisik BMN berupa tanah dan bangunan Kantor dan Rumah Dinas pada KPPN Putussibau. Berdasarkan hasil pada setiap aset yang disurvei/dievaluasi: Bangunan Kantor, Aula, Gudang Arsip dan 7 (tujuh) rumah dinas yang berada pada satu hamparan tanah yang sama, terletak di Jalan WR Supratman Nomor 50, Kelurahan Putussibau Kota, Kecamatan Putussibau Utara, Kabupaten Kapuas Hulu ini dalam kondisi baik. Hal ini terlihat dari tanah yang dipergunakan/dimanfaatkan sesuai dengan peruntukannya serta bangunan yang utuh dan tidak memerlukan perbaikan yang berarti kecuali pemeliharaan rutin. Data BMN pada KPPN Putussibaupun sudah sesuai dengan data pada Sistem Informasi Manajemen Aset Negara (SIMAN). KPPN Putussibau menjaga kemutakhiran data dan kesesuaiannya dengan perkembangan yang ada.

Pengukuran pada setiap aset secara langsung oleh KPKNL Pontianak dapat memperoleh kualitas informasi yang valid, handal, akurat, tepat waktu dan terkini/up to date/mutakhir karena informasi kinerja aset yang demikian, bisa memastikan kesimpulan yang diambil dari analisis informasi kinerja dapat diandalkan. Selain itu, kinerja BMN juga mengalami perubahan selama siklus hidupnya sehingga evaluasi kinerja BMN dan hasil analisisnya perlu dikelola dengan baik dan berkelanjutan.

(Tim HI KPKNL Pontianak)

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini