Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Sinergi KPKNL Pontianak dan Kejaksaan Negeri (Kejari) Kota Pontianak: Dari Persiapan Pelaksanaan Lelang Sampai Dukungan WBK
Siska Nadia
Selasa, 26 Januari 2021   |   351 kali

Pontianak – Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Pontianak melaksanakan koordinasi dengan Kejaksaan Negeri Kota Pontianak terkait Lelang Barang Rampasan dan Lelang Barang Milik Negara berupa Bongkaran pada Selasa (26/01). Koordinasi dilaksanakan oleh Indra Safri (Kepala KPKNL Pontianak), Ferry Hidayat (Kepala Seksi Pelayanan Lelang KPKNL Pontianak) dengan Basuki Sukardjono (Kepala Kejaksanaan Negeri Kota Pontianak) dan Jumriadi (Kepala Seksi Barang Bukti dan Barang Rampasan). Koordinasi  membahas seputar dokumen persyaratan lelang eksekusi barang rampasan, prosedur penilaian atau harga taksiran untuk barang yang akan dilelang dan juga teknik pemasaran agar lelang dapat laku terjual.

Pelaksanaan lelang hasil rampasan Kejaksaan oleh KPKNL Pontianak bukan yang pertama kali dilaksanakan. Namun dalam koordinasi kali ini dibicarakan khusus tentang barang sitaan/temuan/rampasan berupa kendaraan roda dua yang menumpuk dalam catatan Kejari Pontianak dan belum laku terjual. Juga tentang barang rampasan berupa tanah dan bangunan yang sulit sekali terjual. “Saat ini banyak sekali motor, bahkan beberapa kapal yang sudah terbengkalai, inginkami lelang dan berharap laku terjual supaya bisa menghasilkan PNBP nantinya” ujar Basuki Sukardjono, Kepala Kejari Kota Pontianak.

Menanggapi harapan Kepala Kejari Kota Pontianak, Ferry Hidayat selaku Kepala Seksi Pelayanan Lelang menyampaikan bahwa lelang barang rampasan di Pontianak memang khas. Khusus untuk barang bergerak (tabung gas, motor, mobil) mudah terjual, namun untuk property sulit, mengingat lelang masih menjadi pilihan kedua dari masyarkat untuk membeli property, baik untuk tujuan pemakaian sendiri maupun investasi.

Selain koordinasi terkait pelaksanaan lelang, mendengar KPKNL Pontianak sedang ikut serta dalam pembangunan Zona Integritas (ZI) menuju Wilayah bebas dari Korupsi (WBK), Kepala Kejari Pontianak menyampaikan dukungannya dan memberikan beberapa masukan supaya KPKNL Pontianak berhasil mendapatkan predikat WBK. “Bukan hal yang mudah mengubah mindset dan budaya kerja. Namun ini untuk kebaikan bersama. Saya yakin dan percaya, berdasarkan pengalaman kita bekerja bersama, layanan KPKNL Pontianak sudah sangat baik. Kami berkoordinasi terkait pemanfaatan aset, sampai sudah selesai semuanya. WBK tidak melulu aplikasi. Tidak melulu kantor yang fantastis. Terpenting adalah pelayanan terbaik kepada stakeholder” tambah Basuki Sukardjono.

Menutup kegiatan koordinasi, Indra Safri mengapresiasi dukungan yang diberikan oleh Kepala Kejari Kota Pontianak. “Kami mengucapkan terima kasih atas dukungan yang diberikan. Semoga sinergi yang  sudah terjalin baik dapat tetap terjaga dan komitmen kami untuk perbaikan mutu layanan agar semakin baiksemoga dapat terwujud”.

(Tim HI KPKNL Pontianak)

 

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini