Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Pontianak Terima Penyerahan Pengurusan Piutang Daerah Kab. Landak
Heryantoro
Selasa, 13 Juni 2017   |   745 kali

Pontianak - Beberapa kotak berisi berkas tampak menghiasi Aula KPKNL Pontianak. Berkas tersebut merupakan dokumen kelengkapan penyerahan pengurusan piutang negara/daerah yang diserahkan oleh Bupati Landak, Kalimantan Barat kepada KPKNL Pontianak. 

Pada Selasa 13 Juni 2017 sekitar jam 10.00 WIB acara yang beragendakan penyerahan pengurusan Piutang Daerah Kabupaten Landak Propinsi Kalimantan Barat dimulai. 

Penyerahan dilakukan oleh Wakil Bupati Landak Heriadi kepada Kepala KPKNL Pontianak Agus Hari Widodo. Sebanyak 100 (seratus) BKPN diserahkan pengurusannya kepada KPKNL Pontianak.

Jumlah tersebut merupakan sebagian saja dari jumlah piutang daerah macet saat ini. Penyerahan pengurusan piutang daerah tersebut juga dihadiri oleh perwakilan Bank Kalbar Cabang Landak sebagai bank penyalur kredit melalui pola channelling

Pola channelling merupakan penyaluran kredit kepada debitur melalui lembaga perbankan yang dananya berasal dari pemerintah pusat maupun daerah.

Pada kesempatan tersebut Kepala KPKNL Pontianak menyatakan, "Penyelesaian piutang daerah selain sebagai upaya pengembalian keuangan negara/daerah, juga sebagai upaya untuk memperbaiki kualitas laporan keuangan pemerintah daerah (LKPD)". Sementara itu Kabid Piutang Negara Kanwil DJKN Kalimantan Barat Prastowo menyampaikan bahwa penyerahan pengurusan piutang daerah ini merupakan tindak lanjut koordinasi sebelumnya yang pernah dilakukan di Kabupaten Landak terkait sosialisasi pengurusan piutang daerah. 

Diharapkan bahwa satker pemerintah daerah semakin mengenal salah satu tugas dan fungsi KPKNL Pontianak yaitu melakukan pengurusan terhadap piutang daerah yang macet.

Pada akhir acara ditandatangani berita acara penyerahan pengurusan piutang daerah yang dilakukan oleh Wakil Bupati Landak dan Kepala KPKNL Pontianak disaksikan oleh perwakilan dari beberapa satker pemerintah daerah Kabupaten Landak dan Bank Kalbar Cabang Landak. 

BKPN yang akan diserahkan sudah dalam kondisi siap dan lengkap dikemas dalam kardus-kardus dan secara simbolis diserahkan sehingga secara resmi pengurusan piutang daerah telah beralih kepada KPKNL Pontianak.

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini